Tidur siang memang bukanlah agenda wajib untuk kebanyakan orang. Kendati demikian, tidur di waktu siang merupakan hal yang paling menyenangkan. Karena selain berguna untuk mengistirahatkan badan, tidur di siang hati juga beguna untuk membuat badan lebih rileks dan santai.

Hanya saja, sebagian orang kini dipusingkan dengan isu demam berdarah dan virus zika. Jelas saja mereka risau. Pasalnya, penularan kedua virus ini melalu nyamuk yang notabene bisa kapan saja hinggap dan menuluarkan penyakit ini kepada mereka.

Memang, pencegahan bisa dilakukan dengan menggunakan obat nyamuk bakar atau pun semprot. Namun karena satu dan lain hal, kebanyakan orang lebih memilih meninggalkan tidur siang daripada menggunakan kedua produk tersebut.

Menurut mereka, kedua produk ini memiliki satu kesamaan yang sama. Yaitu sama-sama merugikan mereka, dan membuat acara tidur siang mereka tidak lagi menarik sebab terganggu oleh asap dan bau yang menyengat.

Lalu, bagaimana cara agar tidur siang bisa kita nikmati tanpa gangguan obat nyamuk dan bahaya DBD serta Zika?

Tips Tidur Siang yang Nyaman dan Aman

Untuk kamu yang ingin tidur siang yang nyaman tanpa gangguan nyamuk, berikut ini adalah tips yang harus diterapkan:

  • Gunakan obat nyamuk

HIT Obat Nyamuk elektrik merupakan produk yang paling diunggulkan untuk masalah ini. Selain ampuh untuk mengusir nyamuk, harga yang murah dan kualitasnya yang unggul membuat kamu berpikir dua kali untuk menolak produk yang satu ini.

Kemudahan dalam menggunakan produk ini juga perlu kamu jadikan pertimbangan. Karena cukup dengan mencolok kabel, lalu memencet tombol, nyamuk-nyamuk akan segera pergi dan hilang dari rumah kamu.

Masih ragu dengan produk ini? kalau ragu, segera buktikan degan membelinya di toko-toko terdekat di kota kamu.

  • Rutin membersihkan kamar

Walaupun aktivitas nyamuk bisa dicegah dengan obat nyamuk elektrik, namun menjaga kebersihan kamar itu penting.

Alasannya, ya tentu saja. Nyamuk adalah hewan yang suka dengan tempat kotor. Meskipun Ia bersarang dan bertelur di air yang bersih, nyamuk cenderung lebih menyukai tempat kotor untuk melakukan beragam aktivitasnya, termasuk makan dan menghisap darah manusia.

Kembali lagi pada diri kamu sendiri. Kalau kamu rela darahmu dihisap dan dikonsumsi nyamuk, tidak usah bersihkan kamar. Tapi kalau kamu tidak mau digigit nyamuk lantaran takut terjangkit DBD dan Virus Zika, segeralah bersihkan kamar kamu sebelum koloni nyamuk menyerang.

  • Buka jendela saat sedang tidur siang

Selain menggunakan obat nyamuk elektrik dan membesihkan kamar, membuka jendela saat siang hari juga berguna untuk mengurangi aktivitas nyamuk di dalam rumah.

Dengan cara ini, rumah akan jadi lebih terbuka, sejuk, dan sirkulasi udaranya terjaga. Intinya, kalau sirkulasi udara dalam rumah terjaga, rumah akan jauh dari kesan lembab atau pun pengap, sehingga rumah kamu pun akan bebas dari gangguan nyamuk.

  • Gunakan lotion anti nyamuk

Menggunakan lotion anti nyamuk merupakan cara terbaik untuk mencegah gigitan nyamuk. Dengan aroma lotion saja nyamuk akan pergi dan tidak ingin dekat dengan kita. Dengan kata lain, resiko penularan DBD akan lebih kecil karena pengaruh dari lotion itu sendiri.

Namun obat nyamuk semprot atau elektrik juga perlu digunakan. Ingat, yang namanya lotion itu tidak tahan dengan air, termasuk keringat. Dan keringat itu sendiri bisa kapan saja muncul, termasuk saat kita tidur.

Jadi, untuk berjaga-jaga agar tidak ada penularan DBD akibat sengatan nyamuk, tetap gunakan pembasmi nyamuk berbentuk spray dan elektrik.

  • Mandi sebelum tidur siang

Tips in sebenarnya opsinal. Saat sudah menggunakan obat nyamuk, membersihkan kamar, dan tips lainnya sudah kamu kerjakan, dan kamu masih tetap diganggu nyamuk, maka yang jadi pertanyaan adalah, kamu sudah mandi atau belum?

Ingat, bau badan manusia itu adalah aroma paling sedap di mata nyamuk. Semakin kamu bau, semakin banyak nyamuk yang akan mendekati kamu. Meskipun kamu sudah menggunakan obat nyamuk elektrik atau semacamnya, tapi kalau kamu belum mandi, tetap saja ada beberapa ekor nyamuk yang akan bertahan dan tetap mendekati kamu.

Perlu dicatat. Nyamuk adalah satu dari beberapa serangga pengganggu yang suka dengan tempat yang kotor dana bau. Jadi, kalau kamu ingin tidur siang yang nyaman tanpa ada gangguan dari nyamuk, pastikan kedua hal tersebut tidak kamu miliki. Kalau pun masih diganggu juga, gunakan obat nyamuk elektrik atau pembasmi nyamuk lainnya supaya nyamuk pergi dari hidup kamu.

0