Tips Menyediakan Healthy Fast Food Buatan Sendiri

Saat ini semakin banyak orang Indonesia yang menyadari bahwa kesehatan merupakan investasi yang tidak boleh dikesampingkan. Teknologi dan internet secara tidak langsung membuka banyak mata orang Indonesia terhadap pentingnya arti kesehatan dan bagaimana cara menjaga kesehatan. Salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan adalah makanan. Gaya hidup yang serba sibuk dan cepat membuat banyak orang Indonesia beralih dari makanan sehat buatan sendiri ke fast food yang cenderung kurang sehat.

Walau demikian, tidak sedikit juga ibu-ibu yang merasa bertanggung jawab dan menyadari bahwa mereka berkepentingan untuk menyediakan makanan sehat bagi keluarga. Seperti kata pepatah, “ada banyak jalan menuju Roma.” Selalu ada jalan untuk hidup sehat tanpa mengurangi nikmatnya bersantap.

Tips Menyediakan Healthy Fast Food Buatan Sendiri

Sesuai dengan kondisi kita yang hidup serba cepat dan sibuk, fast food adalah pilihan yang sulit untuk ditolak. Namun agar fast food yang banyak mengandung lemak jenuh, pengawet, kalori berlebihan, hingga berbagai nutrisi jahat lainnya tersebut tidak hanya sekedar enak dan mengenyangkan saja, ada baiknya kita membuat fast food yang banyak mengandung nutrisi.

Kalo kamu tertarik dengan makanan-makanan cepat saji yang sehat, sebaiknya simak beberapa tips menyediakan healthy fast food berikut ini.

Bikin saos sendiri

Kalau selama ini kamu masih terbiasa beli saus cabai (saus sambal) dan saus tomat yang instant, kamu perlu menggantinya dengan saos buatan sendiri. Cara membuat saus cukup mudah karena bahan-bahannya juga sudah tersedia di dapur.

Berbagai resep saus tomat dan saus sambal bisa terlihat di internet. Biasanya, setelah bahan ditumis lalu kemudian dihaluskan dengan blender, saus tomat sudah bisa dinikmati dan sisanya bisa disimpan di dalam lemari es agar bisa bertahan hingga seminggu.

Berbagai saos buatan sendiri tersebut akan jauh lebih sehat jika tidak ditambahkan MSG, pengawet, pewarna pengatur keasaman, dan lain-lain yang dapat merugikan kesehatan.

Ketika membuat saus, pilihlah tomat dan cabe yang berwarna merah atau orange karena mengandung lebih banyak likopen. Ini adalah kandungan yang menurut ahli kesehatan dapat mencegah penyakit kanker.

Cerdas mengolah makanan

Ayam dan daging bisa dimasak dan kemudian diolah menjadi hidangan siap santap yang lezat. Tapi, berbagai jenis daging umumnya banyak mengandung lemak yang tentu saja dapat berakibat buruk bagi kesehatan.

Nah, agar fast food dari daging tidak berbahaya, sebaiknya pilihlah daging yang tanpa lemak. Kalo goreng ayam, pastikan daging ayam tersebut tidak mengandung kulit–karena kulit ayam adalah tempat dimana kalori dan lemak jenuh berkumpul.

Agar ayam tetap enak untuk dinikmati, tambahkan saja kulit buatan yang terbuat dari putih telur serta tepung terigu.

Tambahkan sayuran

Agar kebutuhan gizi bisa terpenuhi, fast food perlu dipadukan dengan sayuran mentah atau matang yang bisa di cocol dengan sambal atau saos, atau salad sayuran juga bisa jadi opsi sumber nutrisi.

Hindari menggunakan bahan-bahan instan

Saat menyediakan fast food, mulai dari pengolahan hingga penyajiannya, hindari menggunakan bahan-bahan siap saji seperti saus (instant), keju olahan, bumbu, dll.

artikel ini didukung oleh promescent spray

0