Tips Menikmati Kopi Bagi Penderita Asam Lambung

Kopi adalah kuliner yang punya banyak penggemar di seluruh dunia. Tidak hanya karena rasanya yang nikmat dan aromanya yang khas, melainkan juga karena manfaat kesehatannya yang sangat banyak. Di antara beberapa manfaat minum kopi adalah, untuk mencegah batu empedu, mengurangi depresi, meningkatkan memori otak, menurunkan resiko terkena penyakit kanker, bermanfaat juga untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga cocok diminum sebelum berolahraga; banyak mengandung antioksidan yang bisa melawan radikal bebas, menurunkan resiko terkena penyakit parkinson; dan bahkan, beberapa orang ada yang memanfaatkannya untuk meningkatkan konsentrasi dan produktivitas kerja.

Tips Menikmati Kopi Bagi Penderita Asam Lambung

Sayangnya, di samping segudang manfaat yang dibawanya tersebut, kopi juga hadir dengan berbagai efek, seperti bagi mereka yang menderita penyakit tertentu seperti asam lambung misalnya. Saat menikmati kopi hangat atau panas, penderita asam lambung akan merasakan efek yang tidak nyaman. Nah, bagi kamu yang menderita asam lambung tapi tetap tidak ingin melewatkan nikmatnya rasa kopi, kamu bisa mencoba tips berikut ini.

Cara Menyajikan

Salah satu rahasia menyajikan kopi agar tidak menyebabkan gangguan asam lambung adalah dengan menyajikannya dalam keadaan dingin. Menurut dr Annisa Maloveny SpPD, kopi dingin lebih baik bagi penderita asam lambung karena zat yang menyebabkan asam lambung berkurang, bahkan bisa jadi tidak ada. Jadi nggak apa-apa, malah bagus apabila dikonsumsi dalam keadaan dingin.

Fakta menyebutkan bahwa asam yang terkandung di dalam kopi dingin jauh lebih rendah dibandingkan dengan kopi panas. Inilah yang membuat para penderita asam lambung bisa menikmati secangkir kopi yang banyak mengandung kafein tanpa perlu merasa khawatir.

Sebenarnya, ketika kita menyeduh kopi dengan menggunakan air panas, air panas akan memicu keluarnya asam dari biji kopi. Semakin panas air yang digunakan, maka asam yang keluar akan semakin pekat. Sebaliknya, es batu atau mendinginkan kopi justru bisa membantu mengencerkan konsentrat kopi sehingga lebih aman saat dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Selain mendinginkan kopi, Dr Annisa juga menyarankan penderita asam lambung untuk minum kopi setidaknya 1-2 jam setelah makan. Jadi, sebisa mungkin hindari minum kopi saat perut kosong. Minum kopi saat perut kosong bisa menyebabkan produksi asam lambung meningkat.

artikel ini didukung oleh promescent spray

0