Tips Menggunakan Obat Nyamuk Bakar Agar Tidak Menyebabkan Sakit. Mengusir nyamuk menggunakan obat nyamuk adalah salah satu cara paling ampuh dan paling efektif. Akan tetapi, apabila tidak hati-hati, obat nyamuk bisa menjadi malapetaka bagi kesehatan dan dapat juga menyebabkan musibah seperti kebakaran.

Sama seperti asap rokok yang dapat membahayakan kesehatan, obat nyamuk bakar juga sebenarnya terbuat dari bahan-bahan beracun yang dapat merugikan kesehatan apabila tidak digunakan dengan cara yang tepat dan benar atau sesuai dengan petunjuk.

Agar kesehatanmu dan keluarga tetap terjaga saat menggunakan obat nyamuk terutama obat nyamuk bakar dengan merek apapun, misalnyaHIT obat nyamuk atau yang lainnya, kamu harus mengikuti beberapa tips berikut ini.

  1. Perhatikan tempat kamu meletakkan obat nyamuk tersebut

Obat nyamuk seringkali kita gunakan pada malam hari. Walaupun sebagian diantara kita juga ada yang menggunakannya pada siang dan sore hari karena lingkungan yang banyak nyamuknya.

Pada saat menggunakannya di malam hari, kita seringkali meletakkan obat nyamuk tidak jauh dari kita agar asapnya juga berada di sekeliling kita sehingga nyamuk tidak akan mendekat. Namun sayang sekali, cara tersebut bisa berbahaya karena asapnya akan langsung terhirup sehingga racun yang ada pada obat nyamuk tersebut menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti sesak napas, batuk-batuk, atau yang lainnya.

Idealnya, obat nyamuk bakar harus diletakkan 2 meter dari posisi kita duduk untuk menghindari agar asapnya tidak terhirup.

  1. Buka jendela dan pintu

Cara menggunakan obat nyamuk bakar, dilarang menutup jendela dan pintu sehingga asap obat nyamuk tersebut tidak bisa keluar, terlebih apabila seseorang ada di kamar tersebut.

Namun sebaliknya, apabila tidak ada orang di kamar tersebut, maka tidak mengapa untuk menutup semua pintu dan jendela agar obat nyamuk bisa bekerja lebih efektif. Namun setelah itu, pastikan kamu membuka pintu dan jendela untuk memberikan sirkulasi udara agar asap dari obat nyamuk bisa keluar dan digantikan dengan udara yang segar.

Apabila kamu berada di dalam ruangan yang ada obat nyamuknya, terutama obat nyamuk bakar, sebaiknya kamu membuka jendela atau pintu sehingga asap obat nyamuk bisa keluar ruangan.

  1. Perhatikan arah kipas angin

Jika kamu berada di ruang tamu untuk menonton TV atau berada di kamar untuk beristirahat dengan ditemani obat nyamuk bakar, pastikan kamu juga memperhatikan kipas yang kamu gunakan. Sebisa mungkin jangan arahkan kipas langsung menuju badanmu karena kipas tersebut sudah pasti akan menghisap asap dari obat nyamuk dan kemudian menghembuskannya ke tubuhmu.

Jadi, pada saat menggunakan kipas angin, usahakan kipas angin tersebut harus bergerak dari kiri ke kanan atau bergerak secara tidak teratur sehingga udara tidak akan berkonsentrasi ke satu tempat.

  1. Nyalakan sebelum malam

Untuk mengatasi nyamuk pada ruangan tertentu, sebaiknya nyaakan obat nyamuk bakar beberapa jam sebelum tempat tersebut digunakan.

Cara ini merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan agar gangguan pernapasan serta racun yang ada pada asap obat nyamuk tidak langsung terhirup.

Idealnya, matikan obat nyamuk pada ruangan tertentu 1-2 jam sebelum kamu menggunakannya.

Pada saat-saat tertentu juga kita dianjurkan untuk menggunakan anti nyamuk atau obat nyamuk yang dapat mengusir nyamuk terutama pada jam 10.00 pagi dan pada sore hari ketika nyamuk aides aigepty yang menyebabkan demam berdarah sedang berkeliaran.

  1. Pilihlah obat nyamuk paling berkualitas dan sesuai kebutuhan

Tidak semua obat nyamuk berkualitas. Sekalipun berharga mahal terkadang obat nyamuk tersebut bisa membahayakan, terutama karena kandungannya yang merugikan kesehatan.

Di negara kita, ada beberapa merek obat nyamuk yang sangat terkenal. Selain memilih obat nyamuk yang paling aman untuk kamu dan keluarga, kamu juga bisa memilih beberapa pilihan jenis obat nyamuk yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Obat nyamuk biasanya hadir dalam tiga bentuk yaitu elektrik, cair, dan bakar.

Obat nyamuk elektrik biasanya sangat aman digunakan, tidak menyebabkan sesak nafas karena asap serta bisa dimanfaatkan untuk ruang yang tertutup. Walau demikian sirkulasi udara yang baik dengan membuka jendela adalah yang paling disarankan.

Selain itu, ada juga pilihan obat nyamuk elektrik yang menggunakan cairan. Jenis ini sangat mirip dengan obat nyamuk elektrik tipe pertama, hanya saja tipe kedua memanfaatkan alat yang dapat memanaskan sumbu sehingga uap cairan bisa keluar dan tersebar untuk membunuh nyamuk.

Pilihan yang ketiga adalah dengan memilih obat nyamuk bakar. Biasanya, jika kamu ingin berhemat dan ingin mengusir nyamuk secara efektif, obat nyamuk bakar bisa menjadi pilihan.

0