Beberapa orang memiliki pekerjaan yang menuntut mereka untuk selalu memiliki imajinasi dan sumber inspirasi agar bisa tetap eksis dan bersaing. Namun sayangnya, inspirasi layaknya burung yang terbang. Terkadang bisa datang namun juga mudah pergi dan menghilang. Repotnya lagi, inspirasi harus dicari dan setelah didapat harus diikat.

Bagi kamu yang selama ini kesulitan untuk menemukan inspirasi untuk menciptakan karya-karya yang unik atau ide segar untuk pekerjaanmu, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba.

  1. Berjalan-jalan

Inspirasi tidak hanya berasal dari khayalan. Walaupun khayalan adalah salah satu kekuatan yang tidak boleh kita lupakan, namun, terkadang, inspirasi juga bisa datang dari berbagai sudut.

Berjalan-jalan di alam terbuka bisa membantumu mencari inspirasi. Terlebih jika kamu berjalan-jalan di tempat-tempat yang tenang atau sebaliknya, di tempat yang ramai. Beberapa orang memilih menggunakan bus kota untuk berkeliling. Mereka hanya duduk di dalam bus kota memandang keluar jendela dan mencoba mencari inspirasi yang mereka butuhkan disudut-sudut kota.

  1. Melihat langsung kegiatan yang berkaitan dengan pekerjaan

Ada banyak ide yang seringkali terlewatkan pada saat kita bekerja di dalam ruangan. Untuk bisa menggali lebih dalam ide-ide yang segar dan baru, ada baiknya kamu langsung terjun ke lapangan untuk melihat secara dekat serta memahami mekanisme dan cara kerja dari apa yang sedang kamu lakukan.

Contoh lain, memandang anak-anak bermain di taman bisa membuat kita mendapatkan inspirasi tertentu mengenai ide membuat game, ide untuk membuat mainan anak-anak, atau inspirasi inspirasi yang lainnya.

  1. Tenteng kemara kemanapun kamu pergi

Jika kamu punya kamera sekelas DSLR, tidak ada salahnya menenteng kamera tersebut ke mana pun kamu pergi. Ambillah gambar-gambar yang sekiranya menarik buatmu dan bisa menjadi sumber inspirasi. Namun jika kamu tidak memiliki kamera yang bagus seperti itu, kamu pun tidak perlu berkecil hati karena, kamera di smartphone yang memiliki resolusi misalnya 8 MP atau 13 MP rata-rata sudah cukup untuk men-capture berbagai kejadian yang akan melahirkan ide ide brilian.

Dari berbagai foto yang kamu dapatkan, kamu bisa melihat-lihatnya kembali pada saat saat santai, atau pada saat-saat tenang misalnya ketika akan tidur.

Jika kamu merasa tidak memiliki space yang cukup luas di smartphone-mu, kamu bisa memanfaatkan teknologi cloud yang akan memudahkanmu untuk menyimpan gambar dan mengakses gambar atau file dari mana pun dan dimanapun selama kamu memiliki akses internet.

  1. Meditasi dan berkonsentrasi

Telah diungkapkan sebelumnya bahwa salah satu kekuatan yang kita miliki adalah kemampuan kita untuk berkhayal. Orang yang selalu bermimpi dan tetap mempertahankan mimpinya bahkan apabila ia telah terbangun adalah calon orang-orang sukses. Karena berawal dari mimpilah segala sesuatu bisa diciptakan.

Salah satu cara untuk mendapatkan inspirasi yang bisa kamu coba dan cukup sederhana adalah dengan bermeditasi dan berkonsentrasi. Cobalah untuk mencari tempat-tempat yang tenang. Biarkan hayalmu mengembara mencari ide-ide brilian yang selama ini tidak pernah terpikirkan.

  1. Google bisa membantumu

Ada ribuan bahkan jutaan gambar yang bisa kamu akses dengan mudah dari Google Search. Perkaya vocabolary yang kamu miliki untuk menciptakan peluang yang lebih besar mendapatkan ide-ide terbaik dari Google. Karena kata kunci biasanya memegang peranan penting terhadap pencarian yang kamu inginkan.

Selain berbentuk teks, biasanya berbagai gambar inspiratif yang diciptakan oleh orang-orang di seluruh dunia bisa kita temukan dengan mudah.

  1. Baca blog yang memberikan solusi

Ada banyak orang seperti kita yang selalu kesulitan untuk mendapatkan inspirasi dan selalu kesulitan untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi. Ada beberapa blog dan tulisan yang biasanya ditulis oleh orang-orang yang telah mengatasi kesulitan mereka. Biasanya tulisan-tulisan tersebut adalah sumber inspirasi yang tidak ternilai harganya. Jadi, jangan malas untuk mulai ngeblog dan mencari blog-blog yang bisa membantumu mendapatkan inspirasi kreatif.

  1. Menonton video

Jika kamu tidak memiliki waktu untuk pergi berkeliling kota, tidak ada salahnya untuk mengeksplor seluruh dunia dari meja kerjamu. Dengan berbekal internet kamu bisa menyaksikan berbagai ragam video yang inspiratif dan menggugah. Tentu saja, salah satu tempatnya adalah di Youtube.

  1. Menghayal sambil menatap bintang

Malam hari ketika suasana sangat tenang dan ketika orang-orang mulai tidur, ini adalah saat yang tepat untuk mencari inspirasi. Kamu bisa mencari tempat-tempat tertentu seperti di taman atau di lapangan untuk terlentang menatap bintang.

Kalo kamu merasa terganggu dengan kehadiran ntamuk, tidak ada salahnya untuk membawa HIT Obat Nyamuk bakar yang akan menemanimu mencari inspirasi sekaligus untuk menghalau pengganggu seperti nyamuk dan serangga yang lainnya.

0