Tips Makan Agar Terhindar dari Kanker Usus

Tanpa kita sadari, sebenarnya setiap hari tubuh kita kemasukan racun yang berasal dari polusi, makanan-makanan yang mengandung bahan pengawet, pewarna, serta penyedap, dari buah dan sayur yang mengandung pestisida, air yang terkontaminasi, dan bahkan, kosmetik yang kita oleskan di bibir dan di wajah serta tangan juga seringkali ikut tertelan tanpa kita sadari.

Namun selain itu, sebenarnya racun juga diproduksi oleh tubuh kita sendiri, yang umumnya berasal dari sisa-sisa metabolisme.

Apabila racun-racun tersebut tidak dieliminasi dari tubuh, racun akan menempel di dinding usus. Racun yang menempel tersebut akan memicu masalah sistem pencernaan. Misalnya menyebabkan BAB jadi tidak lancar atau sembelit kronis. Yang lebih parah, racun-racun yang tidak dibersihkan dari dalam tubuh dapat menyebabkan kanker.

Tips Makan Agar Terhindar dari Kanker Usus

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Fred Hutchinson Cancer Research (1988) menemukan bahwa, penderita sembelit beresiko 4 kali lebih besar mengalami kanker usus dibandingkan dengan orang-orang yang BAB-nya lancar atau normal.

Tips makan agar bebas dari kanker usus

Seiring dengan kemajuan zaman, semakin mudah kita temukan aneka rupa makanan yang menggugah selera, baik dari segi tampilan maupun rasanya. Namun sayangnya, sebagian besar makanan-makanan tersebut miskin serat dan vitamin, apalagi mineral. Itulah sebabnya mengapa semakin jarang kita mengkonsumsi sayur dan buah-buahan, terutama dalam bentuk utuh yang sarat akan serat dan nutrisi.

Menurut lembaga kesehatan dunia, rekomendasi serat harian kita berkisar antara 25-35 gr per hari. Untuk bisa memenuhinya, setidaknya kita harus:

  • Mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti sayur sereal dan buah
  • Kurangi makanan tinggi lemak
  • Hindari makanan atau minuman yang terlalu manis
  • Hentikan kebiasaan merokok

Beberapa makanan yang paling banyak mengandung serat diantaranya adalah:

  • Buah-buahan seperti pepaya, apel, jeruk, dan pisang
  • Mulai dari brokoli, lobak, kubis, dan jagung manis serta wortel
  • Kacang-kacangan seperti kacang hitam, kacang merah, kacang hijau, kacang mente, dan kacang almond
  • Dari biji-bijian, popcorn, gandum, beras merah, dan biji bunga matahari adalah yang paling banyak mengandung serat

Konsumsilah makanan-makanan di atas agar bisa mengeluarkan sisa-sisa metabolisme atau racun dari dalam tubuh. Sehingga kamu akan bebas sembelit dan kanker.

artikel ini didukung oleh promescent spray

0