Tips Berhemat untuk Anak Kost

Tips Berhemat untuk Anak Kost. Anak kost sangat identik dengan mahasiswa. Baik anak kost maupun mahasiswa, kedua-duanya identik dengan kere. Yang pernah mengalami jadi mahasiswa pasti tahu ketika menjadi anak kost, mereka harus pandai-pandai mengatur pengeluaran jika tidak ingin bokek dan kelaparan di akhir bulan.

Bagi kamu yang selama ini selalu kehabisan uang sebelum kiriman datang, ada baiknya kamu menyimak beberapa tips berikut ini agar bisa mengatur pengeluaran dan menghemat lebih banyak.

  1. Makan di warung prasmanan saja

Di kota-kota besar yang ramai dengan mahasiswa seperti Malang, Yogyakarta, Bandung dan Surabaya, ada banyak warung prasmanan yang memungkinkan kita untuk mengambil sendiri makanan yang kita inginkan.

Keuntungan melayani diri sendiri adalah, kamu bisa mengambil nasi dan sayur dalam jumlah yang lebih banyak. Namun tentu saja, kamu harus pasang muka tembok saat membayar.

Namun cara ini akan membuatmu tidak kelaparan, terlebih jika kamu selama ini sering makan dua kali sehari.

Jika kamu sudah menemukan warung prasmanan yang kamu sukai, sebisa mungkin kamu juga harus menegur pemilik warung supaya bisa akrab, dengan begitu mereka akan menganggap biasa kamu yang makan dengan Gunung Krakatau di piring.

  1. Beli makeup second (preloved makeup)

Bagi para cewek, menjadi anak kost biasanya sangat berat, mengingat mereka memiliki banyak sekali kebutuhan mulai dari make-up, pembalut, dan masih banyak yang lainnya.

Tidak seperti laki-laki yang cenderung lebih irit kecuali mereka merokok, perempuan harus pandai-pandai menghemat dan memutar otak agar uang bulanan tidak cepat habis.

Salah satu yang membuat cewek sangat boros karena harga makeup tidak ada yang murah. Namun sekarang, kamu sudah bisa menemukan banyak sekali penjual makeup second. Harganya 60% lebih murah dan tentu saja akan membuatmu hemat sehemat-hematnya.

  1. Masak sendiri

Selain dengan tips sebelumnya, yaitu mencari prasmanan, kamu juga bisa lebih hemat lagi apabila masak sendiri. Terlebih jika kamu adalah mahasiswa yang tempat tinggalmu, atau kostmu tidak jauh dari pasar.

Membeli kompor gas dengan 1 mata bisa menjadi pilihan tepat. Selain itu, dengan masak sendiri kamu bisa menentukan menu apa saja yang kamu inginkan setiap hari. Dan tentu saja, sesekali kamu juga bisa membeli makanan yang kamu idam-idamkan di luar sana.

Dengan cara ini akan membuatmu tidak perlu lagi takut kelaparan, bahkan saat uang bulananmu habis sebelum waktunya.

  1. Beli barang berkualitas

Setiap kamu membeli sesuatu yang kira-kira akan dipakai setiap hari, pastikan kamu memilih yang paling berkualitas walaupun sedikit berharga mahal, namun dengan cara ini, masa pakai benda yang kamu beli akan lebih lama atau lebih awet.

Karena, terkadang saat kita membeli barang berkualitas rendah, masa pakainya sangat singkat sehingga memaksa kita untuk membeli kembali barang tersebut yang ujung-ujungnya akan membuat kita menjadi lebih boros.

  1. Manfaatkan baju lama

Kamu juga tidak harus membeli pakaian setiap bulan. Sebenarnya pakaian-pakaianmu yang lama yang sudah jarang terpakai bisa kamu pindahkan ke bagian atas dari tumpukan pakaianmu untuk digunakan kembali.

Dengan tidak belanja pakaian selama beberapa bulan akan membantumu menghemat banyak sekali uang.

  1. Jaga kesehatan

Bagi anak kos, menjaga kesehatan adalah salah satu prioritas karena tinggal di negeri orang, terutama apabila kamu merantau, sakit adalah kondisi yang paling menyulitkan dan harus kamu hindari.

Bangunlah lebih pagi untuk berolahraga dan jangan lupa sarapan, ini adalah kunci menjaga kesehatan. Selain itu, pada malam hari tidurlah lebih awal dan lindungi dirimu dari penyakit-penyakit kecil yang terkadang bisa sangat membahayakan.

Anak kos biasanya sangat mudah terkena sakit maag karena jarang makan, mereka juga sering terkena gatal-gatal karena males nyuci. Selain itu, anak kos juga terkadang kena DBD karena sering menggantung pakaian selama berminggu-minggu dan tidak dicuci-cuci sehingga jadi sarang nyamuk. Agar kamu tidak terkena berbagai penyakit, sebaiknya rajin-rajin mencuci dan amankan kamarmu dari nyamuk dengan obat nyamuk merk apa saja, entah itu HIT obat nyamuk dengan jenis bakar, semprot, atau yang lainnya.

  1. Jangan begadang

Sudah kebiasaan mahasiswa sering begadang dan keluar malam karena mereka sibuk kuliah di siang hari. Menghabiskan malam di tempat-tempat yang mengasyikkan untuk nongkrong terkadang membuat mereka lupa waktu. Untuk menghemat uang, hindarilah begadang karena biasanya akan membuatmu mudah lapar sehingga harus memesan makanan. Selain itu, mengurangi keluar malam juga akan membantumu menghemat.

artikel ini didukung oleh promescent spray

0