Setiap ibu rumah tangga pasti tahu bahwa untuk bisa belanja setiap bulan mereka harus mengirit dan memilih barang-barang yang paling tepat untuk dibeli. Namun selain memilih barang yang paling tepat, memilih tempat belanja dan memilih barang-barang apa saja yang paling dibutuhkan dengan mengesampingkan barang-barang sekunder akan membuat pengeluaran mereka bisa lebih sedikit

Sebenarnya ada beberapa cara agar belanja bulanan tidak menyebabkan kita kebobolan. Dan berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

  1. Cek diskon di toko-toko online

Kalau kamu tidak ingin menghabiskan banyak waktu di pasar dengan berkeliling mencari barang-barang murah yang kamu butuhkan, tidak ada salahnya untuk mengecek diskon yang ditawarkan oleh toko-toko online.

Karena ada banyak toko online yang menawarkan harga barang dengan biaya murah namun berkualitas. Dan beberapa diantaranya memberikan pelayanan maksimal sehingga kita tidak harus mengeluarkan biaya sepeserpun untuk ongkos kirim.

Seperti saya di rumah, ketika membutuhkan sesuatu, saya pun agak rajin mengecek beberapa toko online yang menawarkan diskon. Selain itu, saya juga tetap mengecek apakah minimarket yang lokasinya tidak jauh dari rumah menawarkan harga promo.

Dengan cara tersebut, saya bisa menghemat banyak sekali biaya untuk belanja bulanan tidak hanya itu, selain bisa digunakan atau dimanfaatkan untuk yang lainnya, kalau bisa belanja dengan harga murah, hati pun biasanya lebih senang dan gembira.

  1. Cari toko online dengan free ongkir

Saat belanja online, kamu juga harus tetap waspada. Beberapa toko online biasanya menawarkan harga murah namun biaya pengirimannya juga tidak sedikit. Agar bisa berhemat saat berburu diskon, kamu juga harus mencari toko online yang menawarkan ongkos kirim gratis.

Biasanya untuk ongkos kirim gratis, hanya menjangkau kota-kota besar. Bagi kamu yang tinggal di kota-kota kecil mungkin akan kesulitan untuk menemukan toko online yang menawarkan free ongkir. Walau tidak banyak, namun tetap saja ada beberapa toko online ternama yang menawarkan free ongkir hingga ke kota-kota kecil jadi tidak perlu berkecil hati.

  1. Buatlah list kebutuhan primer

Sebelum kamu berbelanja, sebisa mungkin buatlah list untuk kebutuhan satu bulan dan tempatkan kebutuhan primer di paling atas. Selalu ingat, sebelum semua kebutuhan primer tersebut terpenuhi, jangan pernah membeli kebutuhan sekunder.

Cara ini juga terbukti sangat efektif untuk menekan biaya belanja bulanan yang seringkali membuat kita kebobolan. Karena barang barang sekunder atau barang-barang yang tidak terlalu kita butuhkan tersebut terkadang membuat pengeluaran untuk satu bulan membengkak.

  1. Belanja grosiran agar dapat murah

Beberapa barang kebutuhan rumah tangga untuk satu bulan penuh biasanya ada yang harus dibeli dalam jumlah banyak sehingga harganya bisa ditekan. Tidak hanya itu, berbelanja sayuran seminggu sekali juga dapat membantu menekan biaya pengeluaran. Dengan mengandalkan kulkas, kamu bisa menyimpan banyak makanan termasuk sayuran agar awet sehingga tidak harus berbelanja sedikit-sedikit setiap hari.

  1. Beli barang murah dan berkualitas

Seiring dengan berjalannya waktu, kita tentu memiliki banyak pengalaman dengan benda-benda yang kita beli untuk kebutuhan setiap bulan. Agar pengeluaran tidak terlalu besar, cobalah memilih benda-benda yang mampu bertahan lama dan memiliki kualitas baik namun berharga murah.

Benda-benda tersebut biasanya dapat membantu kita menghemat. Contoh kecil, kamu bisa membeli lampu hemat energi dengan jenis LED yang tahan lama namun berharga murah. Tidak hanya itu, lampu jenis ini juga biasanya dapat membantu kita menekan biaya tagihan listrik setiap bulan.

  1. Pilih barang yang tahan lama

Dibandingkan dengan memilih barang yang berkualitas rendah dan tidak tahan lama namun berharga murah, alangkah baiknya apabila kamu memilih barang berkualitas yang dapat bertahan lama walaupun harganya bisa dua kali lipat dibandingkan dengan barang berkualitas rendah yang tidak tahan lama. Tapi ada juga beberapa barang yang berkualitas serta berharga murah, contohnya : HIT Obat Nyamuk bakar yang harganya sangat murah namun kualitasnya bisa diadu dengan obat nyamuk merk lainnya.

  1. Beli barang multifungsi

Agar setiap bulan kamu tidak mengeluarkan biaya untuk membeli sesuatu yang dibutuhkan, ada baiknya kamu memilih barang-barang yang fungsinya tidak hanya dapat menyelesaikan satu jenis pekerjaan, namun dapat dimanfaatkan untuk yang lainnya. Misalnya seperti gelas takar khusus, wadah multifungsi untuk memasak dan membuat kue, atau yang lain.

0