Bekerja di ruangan tertutup seringkali membuat kita mudah merasa stres karena minimnya pemandangan yang bisa mengalihkan perhatian kita. Sebaliknya, bekerja di ruangan terbuka bisa memberikan kita banyakoption untuk mengurangi tingkat stres saat bekerja. Namun masing-masing ruangan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri.

Salah satu momok yang selalu diajarkan pada saat kita bekerja di ruangan terbuka adalah hewan seperti serangga, khususnya nyamuk. Lebih-lebih jika lingkungan tempat kita bekerja kurang terjaga kebersihannya.

Bagi kamu yang ingin tetap nyaman saat bekerja di ruangan terbuka, berikut adalah beberapa tips yang sebaiknya kamu ingat.

  1. Gunakan obat nyamuk

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya bahwa, nyamuk adalah musuh utama ketika kita bekerja di ruangan terbuka. Nyamuk bisa datang dari mana saja dan paling suka dengan manusia yang berkeringat atau yang bau badannya sedikit tidak enak karena belum mandi seharian.

Untuk mengantisipasi agar berbagai penyakit yang dibawa oleh nyamuk tidak mengganggu dan membuat kita sakit, ada baiknya kamu menyiapkan obat nyamuk. Di ruangan terbuka, biasanya obat nyamuk bakar cukup efektif. Namun tentu saja, kamu juga harus memperhatikan arah angin.

Menggunakan obat nyamuk elektrik biasanya kurang efektif apabila dimanfaatkan untuk mengusir serangga di ruangan terbuka. Begitu juga dengan obat nyamuk semprot.

Salah satu merek obat nyamuk terkenal dan terpercaya yang bisa kamu coba adalah HIT Obat Nyamuk. Selain aman untuk kesehatan, produk-produk dari Hit juga tergolong murah namun berkualitas.

  1. Manfaatkan tirai untuk melindungimu dari terik sinar matahari dan hujan

Resiko bekerja di ruangan yang terbuka, yang pertama adalah silau karena sinar matahari. Terlebih jika ruangan tempat kamu bekerja tersebut menghadap ke arah matahari terbit atau ke arah matahari terbenam.

Begitu juga ketika musim hujan tiba, angin yang kencang biasanya dapat menyebabkan hujan masuk dan membasahi lantai serta beberapa barang yang ada pada ruangan tersebut. Tidak hanya itu, rinai hujan juga kadang-kadang dapat menyebabkan beberapa peralatan elektronik rusak jika tidak dilindungi.

Untuk masalah ini, kamu bisa mengatasinya dengan memanfaatkan tirai yang terbuat dari bambu. Biasanya tirai jenis ini sangat murah namun efektif untuk melindungi kita dari terik sinar matahari dan air hujan. Selain itu, juga bisa diandalkan sebagai dekorasi untuk mempercantik ruangan.

  1. Gunakan pakaian yang tertutup jika bekerja malam hari

Jika kamu bekerja pada malam hari, untuk mengurangi dan menghindari gigitan nyamuk, ada baiknya kamu menggunakan pakaian yang sedikit tertutup, misalnya baju lengan panjang dan celana panjang.

Pakaian yang tertutup tidak hanya mampu melindungimu dari nyamuk, namun biasanya juga bermanfaat untuk menjaga agar tubuhmu tetap hangat. Dengan begitu, kamu tidak akan mudah sakit.

  1. Bersihkan meja dan ruangan setiap pagi dan sore hari

Resiko lain memiliki ruang bekerja yang terbuka adalah debu yang selalu ada dari waktu ke waktu, terlebih jika ruangan tersebut dekat dengan jalanan.

Debu hampir tidak mungkin untuk dihalau jika ruangan sangat terbuka. Oleh sebab itu, kamu harus rajin-rajin membersihkan ruang kerja mulai dari meja, kursi, lantai, dan barang-barang yang ada, termasuk perabotan.

Setidaknya, kegiatan bersih-bersih harus kamu lakukan setiap hari, misalnya, pagi hari sebelum bekerja dan sore hari setelah bekerja.

Dengan membersihkannya secara rutin, kamu akan lebih nyaman bekerja karena debu yang menyebabkan alergi atau gangguan pernapasan terlebih dahulu teratasi.

  1. Tutup dengan selimut benda elektronik yang tidak dipakai

Jika kamu memiliki sofa atau kursi-kursi dan berbagai peralatan elektronik yang sekiranya sangat mudah kotor dan rusak apabila terkena debu dan sulit dibersihkan, ada baiknya kamu menutupi barang-barang tersebut dengan menggunakan selimut atau kain.

Ini adalah cara paling efektif untuk mengurangi intensitas bersih-bersih sekaligus untuk melindungi benda benda tersebut dari kotoran. Karena seperti yang kita tahu bahwa, debu merupakan penghantar listrik statis yang juga bisa menyebabkan kerusakan pada beberapa peralatan elektronik.

0