Menggunakan obat nyamuk untuk mengusir nyamuk tidak boleh sembarangan, terlebih karena rata-rata obat nyamuk dibuat dari racun. Apabila terhirup setiap hari, lebih-lebih jika diletakkan langsung di dekat manusia, hal tersebut bisa sangat berbahaya.

Namun obat nyamuk tidak hanya berbentuk obat nyamuk bakar maupun obat nyamuk semprot, melainkan ada juga obat nyamuk yang dioleskan ke permukaan kulit untuk menghindari gigitan nyamuk terutama apabila kamu sedang mau bayar atau sering berada di luar ruangan entah itu pada saat pergi ke kebun, atau ke tempat yang lainnya.

Agar kamu dan keluarga tetap aman menggunakan obat nyamuk, perhatikanlah beberapa tips berikut ini.

  1. Letakkan obat nyamuk bakar di tempat yang paling aman

Obat nyamuk bakar, sesuai dengan namanya terlebih dahulu harus dibakar dan obat nyamuk ini akan mengeluarkan asap dalam jumlah yang tidak sedikit serta ada bara api yang terus menyala hingga obat nyamuk tersebut habis.

Yang perlu diwaspadai adalah kebakaran. Kamu harus meletakkannya di tempat yang tidak mudah terbakar seperti di wadah yang terbuat dari metal atau besi.

Jangan pernah meletakkan obat nyamuk bakar diatas permukaan kayu yang mudah terbakar atau di dekat kasur atau di bawah kasur. Karena seringkali pada saat tidur kita tidak sadar sehingga selimut, pakaian, atau bantal bisa saja jatuh dan menimpa obat nyamuk bakar tersebut sehingga akan menimbulkan bahaya.

Hindari menggunakan obat nyamuk bakar di ruangan yang tertutup. Karena asap dari obat nyamuk tersebut tentu saja mengandung racun yang bisa berbahaya untuk penghuninya.

Bagi kamu yang memiliki bayi atau balita, disarankan tidak menggunakan obat nyamuk bakar, melainkan memilih obat nyamuk yang lebih aman seperti obat nyamuk elektrik atau yang lainnya.

  1. Cara aman menggunakan obat nyamuk semprot

Berbeda dengan obat nyamuk bakar, obat nyamuk semprot sebaiknya digunakan 2 jam sebelum kamu dan anak-anak menggunakan ruangan tersebut, entah itu ruang tidur atau ruang tamu.

Obat nyamuk semprot kebanyakan berbau menyengat dan dapat menyebabkan seseorang yang menciumnya merasa pusing. Namun saat ini sudah ada beberapa inovasi yang dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan tertentu untuk menghasilkan obat nyamuk yang memiliki bau yang enak serta tidak membuat pusing. Salah satu contohnya adalahHIT obat nyamuk.

Pada saat menyemprot, pastikan makanan atau minuman yang ada pada ruangan tersebut ditutup rapat. Sedangkan untuk tempat tidur, sebisa mungkin berikan pelindung agar sisa-sisa air semprotan tidak menempel di bantal dan kemudian terhirup.

Hindari menyemprot obat nyamuk pada saat terdapat anak-anak atau orang pada ruangan tersebut.

  1. Obat nyamuk elektrik

Obat nyamuk elektrik juga sebaiknya tidak digunakan sepanjang malam. Akan sangat bijak apabila kamu menghidupkan obat nyamuk tersebut beberapa jam sebelum anak-anak berangkat ke tempat tidur. Cara ini akan mengurangi efek dari racun yang bersumber dari obat nyamuk tersebut karena mengandung beberapa bahan aktif.

  1. Tips aman menggunakan obat nyamuk oles

Obat nyamuk oles biasanya mampu bertahan antara 4 hingga 8 jam pemakaian. Cara memanfaatkannya cukup sederhana hanya dengan mengoleskan di permukaan kulit yang kira-kira terbuka untuk mencegah agar nyamuk tidak mendekat.

Namun, sebisa mungkin jangan sering menggunakan obat nyamuk oles karena dapat menembus kulit dan terbawa oleh aliran darah. Sangat tidak dianjurkan menggunakan obat nyamuk oles pada anak dibawah usia 4 tahun.

  1. Tips agar kamu terhindar dari gigitan nyamuk

Jika kamu ingin terhindar dari gigitan nyamuk terutama pada malam hari, kamu bisa memanfaatkan pakaianmu. Sebaiknya kamu gunakan pakaian yang dapat menutup seluruh tubuhmu karena pada malam hari udara cenderung lebih dingin dibandingkan dengan sayang hari sehingga kamu pun akan tetap merasa nyaman.

Jika kamu tidak ingin menggunakan pakaian yang ribet untuk menutupi seluruh tubuh, kamu juga bisa tidur dengan menggunakan selimut atau kamu juga bisa memanfaatkan kelambu untuk menutupi seluruh ranjang.

Hindari menumpuk pakaian terutama yang digantung di belakang pintu atau di samping lemari karena pakaian pakaian kotor yang digantung dan lembab biasanya menjadi sarang nyamuk.

Bersihkan semua yang berpotensi menjadi sumber berkembang biaknya nyamuk.

Selokan di sekitar rumah dan berbagai benda yang dapat menampung air sebaiknya segera dibersihkan dan dikubur. Selain itu, penampung air seperti ember dan tempayan atau tong sebaiknya ditutup.

0