Tau Enggak Sih Perbedaan Antara Juice dan Smoothie?

Bagi yang awam biasanya mereka menganggap sama antara juice (jus) dan smoothie. Sebagian besar mereka menyebut semua yang di-blender, mulai dari buah hingga sayuran dengan sebutan jus. Padahal, ada perbedaan mendasar antara jus dan smoothie baik dari cara pembuatannya, bentuk, dan manfaatnya.

Tau Enggak Sih Perbedaan Antara Juice dan Smoothie?

Nah, bagi kamu yang pengen upgrade info mengenai perbedaan antara smoothie dan jus, Kamu bisa baca artikel di bawah ini :

Perbedaan pertama

Hal paling mendasar yang membedakan antara jus dan smoothie adalah proses pembuatannya. Walaupun sama-sama memanfaatkan blender dalam proses pembuatannya, namun yang dinamakan jus umumnya adalah sari dari buah atau sayuran.

Air perasan lemon=jus lemon

Biasanya, untuk membuat jus kita membutuhkan juicer. Yang bisa menyaring ampas-ampas dari buah atau sayuran.

Sedangkan smoothie, walaupun juga dibuat dengan menggunakan blender, umumnya yang diambil adalah keseluruhan dari hasil blenderan tersebut, baik air maupun ampasnya. Selain itu, smoothie juga umumnya sering ditambahkan bahan-bahan pelengkap agar rasanya jadi lebih nikmat. Seperti susu, santan, atau spirulina yang bermanfaat untuk meningkatkan kekentalan.

Perbedaan kedua

Selain proses pembuatannya, perbedaan mendasar dari smoothie dan jus adalah kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Jus dianggap lebih kaya vitamin dibandingkan dengan smoothie karena yang diambil adalah sari-sarinya saja. Untuk membuat segelas jus dibutuhkan lebih banyak buah dibandingkan dengan smoothie.

Segelas smoothie umumnya terdiri atas sari-sari buah berikut ampasnya, sehingga kandungan vitaminnya dianggap lebih sedikit. Namun smoothie memiliki kelebihan lain yaitu, banyak mengandung serat. Itulah sebabnya mengapa smoothie sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pada saat sarapan.

Perbedaan ketiga

Karena adanya perbedaan kandungan di dalamnya, maka energi yang dihasilkan pun berbeda. Jus buah misalnya, dianggap lebih banyak mengandung gula alami karena terdiri atas sari buah. Sangat cocok dijadikan sebagai energy booster atau untuk meningkatkan energi saat berolahraga. Minuman jenis ini cocok dikonsumsi sesaat sebelum berolahraga, atau ketika berolahraga dan segera setelah berolahraga.

Sebaliknya, smoothie lebih dianjurkan untuk dikonsumsi pada saat sarapan karena bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Alasan mengapa smoothie bisa memberikan rasa kenyang lebih lama adalah karena mengandung serat yang lebih banyak.

Itulah beberapa perbedaan antara jus dan smoothie. Walaupun kamu sudah tahu perbedaan antara smoothie dan jus, tapi kamu nggak harus berdebat dengan penjual jus hanya karena mereka menyebut “smoothie” dengan sebutan “jus” hehehe…

artikel ini didukung oleh promescent spray

0