Susah Tidur? 7 Makanan dan Minuman Ini Akan Bikin Kamu Tidur Nyenyak

Kurang tidur dan tidur yang tidak berkualitas dapat menyebabkan kita mudah marah-marah dan sulit berkonsentrasi sehingga jadi tidak produktif saat bekerja. Tahukah kamu? Kualitas tidur yang buruk ternyata juga memiliki konsekuensi besar terhadap kesehatan fisik.

Tidur tidak teratur, sering terbangun, atau jarang tidur nyenyak di malam hari bisa meningkatkan resiko terkena berbagai macam penyakit serius. Seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan bahkan menurut penelitian bisa menyebabkan umur kita jadi lebih pendek.

Susah Tidur? 7 Makanan dan Minuman Ini Akan Bikin Kamu Tidur Nyenyak

Agar bisa tidur lebih nyenyak dan cukup, selain menyingkirkan pengganggu seperti gadget dan mematikan televisi, sebenarnya makanan juga bisa dimanfaatkan untuk membantu agar tidur kita lebih nyenyak.

Berikut adalah makanan dan minuman yang dipercaya bisa meningkatkan kualitas tidur.

Pisang

Pisang mengandung vitamin B6 yang dapat meningkatkan melatonin di dalam tubuh. Kandungan tersebut dipercaya dapat mencegah insomnia. Terdapat juga kandungan magnesium, potasium, dan triptofan yang menurut dunia medis bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Telur rebus

Telur merupakan salah satu sumber nutrisi yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Selain pada saat sarapan, kita juga dianjurkan mengkonsumsi telur untuk makan malam karena telur bisa membantu meningkatkan kualitas tidur.

Ubi

Ubi merupakan sumber karbohidrat kompleks yang terkenal ampuh untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Namun disamping manfaat tersebut, ternyata ubi juga mengandung potasium layaknya pisang yang bisa membantu merilekskan otot-otot di tubuh, sehingga kita pun bisa tidur lebih nyenyak.

Anggur

Anggur juga dikenal sebagai buah yang banyak mengandung magnesium serta kalium. Mineral tersebut akan memicu produksi melatonin di tubuh.

Kedelai

Kedelai rebus yang kaya protein dan triptofan juga cocok dijadikan sebagai menu makan malam untuk membantu agar kita terhindar dari insomnia dan agar bisa tidur lebih nyenyak hinggap esok pagi.

Madu

Minum secangkir air madu hangat di malam hari juga baik untuk kesehatan serta bisa membantu kita tidur lebih nyenyak karena, madu bisa membantu menyimpan glikogen di hati.

Glikogen adalah salah satu zat yang dapat menahan hormon stres (hormon adrenalin atau kartisol) penyebab gangguan tidur.

Air kelapa

Air kelapa dikenal sebagai minuman elektrolit yang sangat mudah diserap oleh tubuh. Selain bisa membantu mengembalikan energi dan mengganti cairan yang hilang, air kelapa juga memiliki khasiat lain, yaitu membantu merilekskan tubuh dan otot karena kaya potasium dan magnesium.

artikel ini didukung oleh promescent spray

0