Mengerjakan pekerjaan rumah terkadang memakan banyak waktu dan seringkali membuat kita frustasi terlebih karena adanya rasa malas, karena tidak menyukai mata pelajaran tersebut, atau juga bisa disebabkan karena kita memiliki kesibukan lain yang juga harus dikerjakan.

Pekerjaan rumah untuk anak-anak sekolah atau untuk mahasiswa sebenarnya memiliki banyak manfaat terutama untuk meningkatkan pemahaman pada suatu mata pelajaran serta untuk membantu agar siswa dan mahasiswa berperan aktif dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi bersama teman atau orang lain.

Agar bisa sukses mengerjakan PR di rumah, sebelum sampai di rumah dan saat masih berada di kelas, kamu harus banyak memperhatikan dan ajukanlah pertanyaan yang kira-kira belum kamu pahami. Ketahui secara persis apa tugas atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh gurumu sehingga kamu akan dengan mudah mengerjakan setiap langkah-langkahnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tips agar kamu sukses mengerjakan PR di rumah.

  1. Jangan malas mencatat

Pada saat guru menjelaskan mengenai pekerjaan rumah yang harus kamu selesaikan, jangan malas untuk mencatat karena seringkali kita melupakan apa yang dijelaskan oleh guru dan apa yang diminta oleh guru beberapa jam kemudian.

Dengan adanya catatan, kamu akan dengan mudah mengingat kembali apa yang diinginkan dan dimaksudkan oleh guru tersebut. Dengan begitu, pekerjaan rumah akan semakin ringan dan mudah untuk diselesaikan.

  1. Jangan menunda-nunda

Semakin cepat kamu mengerjakan PR yang diberikan oleh guru, maka semakin cepat pula kamu menyelesaikannya dan akan semakin mudah. Karena mungkin saja, penjelasan yang diberikan oleh guru masih segar diingatanmu.

Manfaat lain tidak menunda-nunda pekerjaan rumah adalah, karena mungkin saja nanti kamu akan mendapatkan kesibukan yang lain sehingga tidak memiliki kesempatan atau waktu yang cukup untuk mengerjakan PR.

Sebisa mungkin, buatlah jadwal untuk mengerjakan PR pada jam tertentu sehingga kamu lebih bisa berkonsentrasi tanpa terganggu dan memikirkan kegiatan yang lain.

Begitu juga pada saat berada di rumah, kamu harus menentukan waktu-waktu tertentu untuk mengerjakan PR misalnya sesaat setelah pulang sekolah atau setelah makan siang, atau sesaat setelah istirahat tidur siang.

Walau demikian, tidak menutup kemungkinan juga bagi kamu meluangkan waktu pada malam hari untuk mengerjakan PR. Disamping waktu tersebut adalah waktu yang sering digunakan untuk belajar, biasanya pada malam hari orang tua juga ada di rumah sehingga mereka bisa dimintai bantuan apabila kamu tidak dapat mengatasi masalah yang kamu hadapi.

  1. Belajar kelompok

Belajar kelompok adalah salah satu solusi untuk mengerjakan PR. Akan tetapi kamu harus ingat bahwa, kamu tidak boleh hanya menjadi anggota pasif yang bisanya cuma menyontek atau menyalin hasil pekerjaan orang lain.

Kelompok belajar sangat bermanfaat terutama untuk membantu menyelesaikan setiap masalah yang tidak kamu pahami. Karena biasanya teman-teman yang lain ada saja yang bisa dan mengingat apa yang diinginkan oleh gurumu untuk pekerjaan rumah tersebut.

  1. Aktif bertanya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sebelum kamu pulang ke rumah, jika masih ada beberapa pertanyaan yang ada di benakmu dan belum kamu pahami, ada baiknya kamu segera bertanya. Jangan pernah malu untuk bertanya walaupun hal tersebut terdengar sepele. Karena ini adalah salah satu kunci sukses mengerjakan PR.

  1. Kerjakan sendiri

Sebisa mungkin, kerjakan sendiri PR yang diberikan kepadamu. Jangan pernah mengandalkan orang lain, atau jangan pernah menyontek hasil pekerjaan orang lain. Kamu harus tetap percaya diri dan kerjakanlah sesuai dengan kemampuanmu. Jika kamu tidak dapat menyelesaikannya sendiri, maka barulah kamu boleh meminta bantuan orang lain seperti: teman sekelas, atau dengan meminta bantuan orang yang lebih memahami untuk memberikan penjelasan.

  1. Temukan motivasi

Mengerjakan PR di rumah terkadang membutuhkan motivasi. Terlebih jika tugas tersebut adalah tugas yang tidak kita sukai. Yakinlah bahwa apa yang diberikan oleh guru bermanfaat juga untukmu, entah itu pada saat ujian nanti atau mungkin akan bermanfaat di masa yang akan datang.

Jadi, jika kamu tidak menyukai mata pelajaran tertentu dan tidak menyukai pekerjaan rumah, ada baiknya kamu menemukan motivasi yang bisa mendorongmu untuk lebih giat dan mau untuk mempelajari sesuatu yang baru.

  1. Hindari penggunaan alat bantu

Agar otakmu bisa pintar, hindari penggunaan alat bantu seperti kalkulator, hindari menggunakan terlalu banyak informasi yang berasal dari internet, serta sebisa mungkin hindari penggunaan aplikasi-aplikasi yang bisa menyelesaikan pekerjaan rumahmu dengan instan sehingga membuatmu malas untuk belajar.

Agar bisa berkonsentrasi saat mengerjakan PR, entah itu di sore hari maupun malam hari, ada baiknya kamu menyediakan obat nyamuk yang tidak merusak konsentrasimu, misalnya HIT Obat Nyamuk elektrik atau obat nyamuk non-stop. Selain untuk menghindari berbagai penyakit yang dibawa oleh nyamuk, cara ini juga efektif membantumu mengerjakan PR lebih cepat.

0