Suka Minum Air Kelapa? Tahukah kamu Apa Manfaatnya?

Kelapa adalah tanaman yang aslinya berasal dari Pesisir Samudra Hindia di Asia yang kemudian menyebar ke seluruh pantai Tropika di dunia. Kelapa dikenal sebagai salah satu buah yang cukup fleksibel karena memiliki sejumlah manfaat. Buah ini bisa dikonsumsi untuk makanan, pengobatan atau terapi, dan bahkan dimanfaatkan juga untuk menunjang kecantikan (kosmetik). Dibandingkan dengan buah-buahan lain, kelapa memiliki jumlah air yang jauh lebih banyak dibandingkan dagingnya.

Suka Minum Air Kelapa? Tahukah kamu Apa Manfaatnya?

Air kelapa cukup mudah kita temukan, dijual di pinggir-pinggir jalan dan di kedai-kedai. Dijadikan sebagai minuman pelepas dahaga yang segar dan menyehatkan. Kalau kamu suka dan sering minum air kelapa, kamu beruntung! karena ada banyak manfaat yang bisa didapatkan apabila kamu sering minum air kelapa dan makan daging buahnya. Antara lain:

Mencegah dehidrasi

Manfaat utamanya adalah untuk mencegah dehidrasi. Karena air kelapa dikenal sebagai cairan elektrolit yang mudah diserap oleh tubuh, sehingga bisa membantu menyeimbangkan cairan di dalam tubuh.

Air kelapa sangat disarankan untuk dikonsumsi terutama setelah berolahraga atau setelah beraktivitas berat. Dimana kita sering kehilangan banyak cairan melalui urine, keringat, maupun penguapan.

Meningkatkan mood

Air kelapa banyak mengandung nutrisi dan mineral. Salah satu kandungan nutrisi yang ada di dalam air kelapa adalah vitamin B kompleks. Vitamin ini dikenal bisa membantu tubuh menekan hormon stres dan mencegah perubahan suasana hati.

Terdapat juga magnesium yang berfungsi untuk menaikkan jumlah hormon serotonin. Kekurangan hormon serotonin dikait-kaitkan dengan depresi. Sehingga apabila hormon serotonin di dalam otak meningkat, maka kita pun akan menjadi lebih bahagia dan lebih ceria.

Mencerahkan dan melembutkan kulit

Ibu-ibu hamil sering dianjurkan untuk minum air kelapa selain untuk menambah jumlah air ketuban dan untuk menghindari dehidrasi.

Juga menurut kepercayaan, air kelapa bisa membantu mencerahkan warna kulit bayi karena di dalamnya terkandung antioksidan yang bisa membantu mencegah radikal bebas sekaligus bermanfaat untuk detoks (mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh).

Air kelapa yang mudah diserap oleh tubuh juga bisa membantu melembabkan kulit sehingga kulit pun akan menjadi lebih cerah dan lebih lembut.

Melawan penuaan dini

Pernahkah kamu mendengar istilah cytokinin (sitokin)? Sitokin adalah salah satu zat di dalam tanaman (fitohormon) yang manfaat untuk mencegah kanker dan penuaan dini (bermanfaat sebagai anti aging). Nah, zat ini ternyata banyak ditemukan di dalam air kelapa.

Kadar kalorinya rendah

Karena kandungan kadar kalorinya yang rendah, tidak heran apabila air kelapa sering dijadikan sebagai minuman kesehatan untuk menurunkan berat badan. Air kelapa bisa memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga kamu tidak akan mudah kelaparan.

Menurunkan tekanan darah

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2005 menunjukkan bahwa, minum air kelapa muda selama 2 minggu berturut-turut bisa membantu menurunkan tekanan darah (sistolik) hingga 71%. Jumlah tersebut jauh lebih tinggi apabila dibandingkan dengan air putih biasa yang hanya mampu menurunkan 29% saja apabila rutin dikonsumsi selama dua minggu.

artikel ini didukung oleh promescent spray

0