Ada banyak kegiatan menyenangkan yang memiliki sisi positif untuk dilakukan setiap akhir pekan. Tidak hanya bermanfaat untuk menjaga agar kehidupan kita tetap dinamis, menjaga kesehatan kita dan memberikan kita kebahagiaan, namun kegiatan-kegiatan positif di akhir pekan akan berdampak pada produktivitas kita di tempat kerja.

Karena seperti yang kita tahu, seolah-olah ini adalah lingkaran setan di mana kita seringkali mendapatkan stres atau tekanan bertubi-tubi di tempat kerja sepanjang pekan mulai dari hari senin hingga hari jumat atau hari sabtu. Sehingga, ada baiknya kita memanfaatkan dengan baik akhir pekan yang kita miliki atau hari hari libur yang kita punya.

Kegiatan bermanfaat yang bisa kita lakukan salah satunya adalah menyemprot gudang dengan menggunakan anti serangga dengan merek apa saja, bisa HIT Obat Nyamuk atau yang lainnya. Karena gudang merupakan tempat yang sering digunakan oleh nyamuk sebagai tempat persembunyian. Karena ini adalah tempat paling aman, paling jarang disentuh, dan paling hangat.

Tidak ada salahnya untuk menyemprot gudang dengan anti nyamuk setidaknya seminggu sekali atau kamu bisa melakukannya sebulan sekali jika waktu yang kamu miliki sangat terbatas. Selain kegiatan itu, berikut adalah 7 kegiatan lainnya yang setidaknya dapat membantumu agar tetap sehat dan agar keluarga terlindungi dari berbagai macam penyakit dan penyebabnya.

  1. Berolahraga

Olahraga jenisnya ada bermacam-macam dan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Olahraga tidak harus dilakukan secara serius namun bisa dilakukan sambil bermain-main. Olahraga paling murah dan paling mudah serta paling menyenangkan untuk dilakukan adalah jogging setiap pagi atau lari pagi.

Selain itu, sebenarnya berjalan-jalan di sekitar taman atau di tempat-tempat yang segar misalnya di pinggir hutan atau di pedesaan adalah kegiatan yang mengasyikkan. Selain bisa membuatmu lebih sehat, kegiatan seperti ini mampu mengusir stres dan membuat pikiran menjadi lebih tenang.

  1. Cuci handuk

Jika saya bertanya, “berapa kali kamu mencuci handuk dalam sebulan?” Mungkin sebagian besar dari kamu akan menjawab, kamu belum tentu mencuci handukmu sebulan sekali. Padahal, pakar kesehatan selalu menganjurkan kita untuk setidaknya mencuci handuk paling jarang seminggu sekali, karena handuk yang kita gunakan tersebut seringkali dalam keadaan lembab, sangat mudah kotor, sangat mudah menyerap debu dan berbagai penyakit lainnya.

Jika handuk yang kamu gunakan selama ini jarang dicuci, tidak heran apabila kamu akan mudah terkena berbagai penyakit kulit termasuk juga jerawat dan komedi di wajah.

  1. Rendam sikat gigi dengan air hangat

Kegiatan sederhana yang berdampak cukup besar lainnya adalah merendam sikat gigi dengan air hangat setiap akhir pekan. Ini adalah kegiatan yang dianjurkan oleh setiap dokter gigi dan ahli kesehatan karena membantu membunuh kuman dan berbagai penyakit yang ada pada sikat gigi.

Selain itu, biasakan dirimu untuk mengganti sikat gigi setidaknya 3 bulan sekali.

  1. Bersihkan seluruh bagian rumah

Jika kamu tidak terlalu direpotkan dengan kegiatan bersih-bersih rumah, tidak ada salahnya untuk membersihkan seluruh bagian rumahmu setiap akhir pekan. Mulailah dengan bagian luar rumah kemudian bagian dalam rumah dan termasuk juga langit-langit.

Membersihkan rumah tidak hanya menyapu dan mengelap semua perabotan agar terlindungi dari debu, namun membersihkan rumah juga bisa berarti membereskan semua benda-benda yang membuat ruangan terlihat kacau.

  1. Pergi refreshing

Pergi berlibur di akhir pekan, atau mengunjungi sahabat, atau bisa juga mengunjungi kerabat adalah kegiatan baik yang bisa membantumu keluar dari stres.

Refreshing sangat dibutuhkan karena stres dapat mengundang berbagai macam penyakit mulai dari tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan berbagai penyakit kronis lainnya.

  1. Berikan gadget-mu desinfektan

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa gadget mereka, terutama smartphone mereka, adalah sarang bakteri dan kuman karena hampir setiap hari dipegang dengan menggunakan tangan yang kotor dan lembab.

Bahkan beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa gadget lebih kotor dan lebih jorok dibandingkan dengan toilet. Jadi, setiap akhir pekan sempatkan dirimu untuk membersihkan dan memberikan disinfectant untuk smartphone. Kamu bisa membuat desinfektan sendiri dengan bahan-bahan alami yang tidak berbahaya. Misalnya dengan menggunakan air hangat yang dicampurkan dengan cuka, atau air hangat yang dicampurkan dengan air lemon, atau kamu juga bisa menggunakan air hangat yang dicampurkan dengan sabun pencuci piring.

Namun ingat, gunakanlah kain lap (microfiber) yang bersih dan semprotkan kain lap tersebut sebelum digunakan untuk mengelap dan membersihkan gadget.

  1. Bercukur

Bercukur bisa berdampak sangat baik bagi kesehatan terutama apabila kamu secara rutin mencukur bulu ketiak dan bulu kemaluan. Ini adalah cara sehat yang perlu kamu terapkan dan sangat dianjurkan oleh pakar kesehatan.

0