Selain Memasang Obat Nyamuk, Ini 7 Kebiasan Baik Sebelum Tidur

Rumah kita sangat rentan dari berbagai jenis bahaya mulai dari kebakaran, pencurian, atau musibah yang lainnya. Adalah kewajiban kita untuk selalu waspada karena berbagai musibah seperti pencurian tidak hanya terjadi karena keinginan pelaku, melainkan juga karena adanya kesempatan. Tentu kata-kata tersebut tidak asing bagimu bukan?

Untuk melindungi keluargamu dari berbagai jenis serangga dan nyamuk, ada baiknya secara rutin setiap minggu kamu harus menyemprot seluruh bagian rumah dengan anti serangga. Atau setidaknya setiap malam sebelum tidur, gunakanlah HIT Obat Nyamuk agar nyamuk-nyamuk keluar atau agar nyamuk-nyamuk bisa mati.

Dengan begitu, tidurmu akan lebih nyenyak dan keluarga pun terlindungi dari berbagai bahaya akibat gigitan nyamuk.

Namun perlu diingat bahwa, penggunaan obat nyamuk tidak bisa dilakukan semalaman. Sebaiknya, matikan obat nyamuk satu jam sebelum tidur dan sebisa mungkin sempatkan membuka jendela agar udara dari luar bisa masuk dan mengganti udara di dalam ruangan yang pengap.

Disamping kebiasaan tersebut, berikut adalah beberapa kebiasaan lainnya yang juga perlu kamu terapkan setiap hari agar rumahmu aman dan tetap nyaman.

  1. Mengecek dapur

Di dapur, kadang-kadang kita lupa mematikan kompor setelah menghangatkan masakan atau pada saat memasak sesuatu. Karena terkadang ada saja kegiatan yang membuat kita terlena. Kompor yang hidup di dapur bisa sangat berbahaya apabila tidak segera dimatikan sesaat setelah penggunaannya selesai.

Sebagian besar kebakaran bisa disebabkan karena kompor yang meledak. Entah itu kompor jenis konvensional yang masih menggunakan minyak gas/minyak tanah, atau kompor-kompor yang modern seperti kompor yang menggunakan gas elpiji.

  1. Mengunci pintu dan jendela

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa, pencurian tidak hanya terjadi karena adanya niat dari pelaku itu sendiri, melainkan juga karena adanya kesempatan.

Sebisa mungkin, cek kondisi pintu dan jendela apakah sudah terkunci dengan benar atau belum sebelum tidur. Dengan begitu, rumahmu akan lebih aman dari pencurian.

Selain dengan menerapkan cara ini, kamu juga bisa menerapkan terali besi di bagian jendela untuk menyulitkan pencuri masuk kedalam rumah. Namun metode ini tentu saja tidak sepenuhnya dianjurkan mengingat jendela terkadang bisa dimanfaatkan untuk jalan keluarĀ  darurat apabila terjadi musibah kebakaran atau yang lainnya.

  1. Mematikan televisi dan gadget

Semua benda elektronik yang terhubung ke listrik sebaiknya dimatikan pada saat tidak digunakan. Benda-benda elektronik seperti televisi sebisa mungkin jangan dibiarkan menyala semalaman penuh. Karena benda-benda tersebut biasanya akan mengalami panas apabila terus-menerus terhubung ke listrik dan terus-menerus mendapatkan pasokan arus.

Begitu juga dengan berbagai gadget yang kamu miliki, sebisa mungkin jangan tinggalkan gadget tersebut dalam keadaan di charger semalaman penuh atau sebelum tidur. Dan sebisa mungkin, apabila kamu harus mencharger smartphone dan gadget yang lainnya, matikan gadget tersebut agar tidak menyebabkan komponen nya menjadi panas.

  1. Sikat gigi, cuci kaki dan tanganmu

Ini adalah kegiatan lain yang paling berpengaruh terhadap kesehatan kita dan keluarga. Rutin menyikat gigi setiap malam sebelum tidur dan setelah makan, serta mencuci kaki dan tangan akan membantu menjaga agar kuman dan berbagai penyakit tidak mudah membuat kita sakit.

Karena tentu saja, setelah seharian bekerja dan melakukan berbagai aktivitas termasuk menyentuh mainan, menyentuh boneka yang jarang dicuci, menyentuh buku-buku atau menyentuh gadget akan membuat tangan kita menjadi sarang bakteri dan kuman. Oleh karena itu, sangat penting untuk membiasakan diri mencuci tangan dan kaki sebelum beranjak ke tempat tidur.

  1. Matikan obat nyamuk

Telah disebutkan sebelumnya bahwa, membiasakan diri mematikan obat nyamuk adalah cara paling efektif untuk melindungi agar keluarga tidak terpapar racun dari obat nyamuk tersebut. Obat nyamuk wajib kamu matikan satu jam sebelum ruangan digunakan agar residu dari racun nyamuk, entah itu yang terbawa bersama angin dari asapnya atau dari uapnya bisa diminimalisir.

  1. Matikan lampu yang tidak digunakan

Untuk menghemat agar tagihan listrik mau tidak membengkak setiap bulan, ada baiknya kamu mematikan lampu-lampu yang tidak digunakan. Gunakanlah lampu tidur atau apabila kamu ingin mengikuti saran dokter, matikanlah lampu pada saat tidur agar tidurmu lebih nyenyak dan lebih berkualitas.

  1. Berdoa

Jangan lupa berdoa karena doa bisa membantu memberikan kita ketenangan, bisa mendekatkan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan bisa membantu kita untuk berpikir lebih positif sehingga stres bisa diatasi.

artikel ini didukung oleh promescent spray

0