Kebiasaan-kebiasaan kecil yang kita lakukan di rumah atau aktivitas-aktivitas sederhana yang kita lakukan setiap hari pada kenyataannya bisa membantu kita keluar dari stress, bisa membantu kita bebas dari berbagai macam penyakit dan bisa melindungi keluarga kita agar tidak mudah jatuh sakit.

Kegiatan-kegiatan sederhana seperti berolahraga setiap pagi, atau selalu sarapan sebelum berangkat ke sekolah dan berangkat bekerja akan memberikan kita banyak keuntungan terutama untuk menjaga kesehatan, untuk membantu kita agar anak bisa beraktivitas dan berkonsentrasi dengan baik sepanjang hari, serta ada banyak manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan.

Kalau selama ini kamu merasa dirimu dan keluargamu sangat mudah atau rentan terserang berbagai penyakit atau sangat mudah mengalami penurunan imunitas, mungkin kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Cuci sayuran dan buah dengan air garam

Tidak bisa dipungkiri bahwa sayuran dan berbagai jenis buah-buahan walaupun terlihat segar dan baik sebenarnya sangat berbahaya, terlebih karena banyak petani yang belum menyadari bahwa penggunaan pestisida walaupun dapat menguntungkan mereka namun sangat merugikan bagi para konsumen.

Sebagai konsumen yang cerdas, kamu harus pandai-pandai dalam membersihkan semua makanan yang sudah kamu beli di pasar sebelum diolah atau sebelum dimakan. Makanan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan wajib untuk dicuci setidaknya menggunakan air mengalir atau gunakanlah air garam agar pestisida bisa luntur.

Pestisida, dalam beberapa kasus dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulai dari, dapat menyebabkan anak lahir dalam keadaan cacat, dapat menyebabkan autisme, dapat menyebabkan penyakit kanker, dan penyakit-penyakit lainnya.

  1. Sikat gigi setelah makan dan sebelum tidur

Membiasakan sikat gigi setelah makan dan sebelum tidur adalah kebiasaan baik yang harus kamu terapkan di keluargamu sejak saat ini. Anak-anak sebaiknya diarahkan juga untuk membiasakan kebiasaan baik tersebut.

Namun menyikat gigi juga ada aturannya. Menyikat gigi setelah makan setidaknya bisa dilakukan satu jam setelahnya. Terlebih jika yang kamu makan adalah makanan-makanan yang asam atau yang kecut seperti jeruk, stroberi, dan lain-lain. Karena apabila kamu langsung menyikat gigi setelah memakan dan meminum sesuatu yang asam, hal tersebut justru merugikan karena dapat menyebabkan email gigi terkikis sehingga gigi pun akan menjadi lebih sensitif.

Begitu juga dengan membiasakan diri untuk menyikat gigi sebelum tidur akan membuat gigi tetap sehat, tidak bolong, dan tidak mudah sakit.

  1. Matikan obat nyamuk sebelum tidur

Kami di rumah menggunakan HIT Obat Nyamuk untuk mengusir berbagai jenis serangga terutama nyamuk. Obat nyamuk tersebut hampir setiap malam dinyalakan karena pada malam hari merupakan waktu dimana nyamuk sangat aktif.

Namun untuk kebaikan, kami selalu mematikan obat nyamuk sebelum ruangan digunakan atau sebelum tidur. Dengan begitu, berbagi residu dari racun racun yang asal dari obat nyamuk bisa diminimalisir.

  1. Biasakan diri makan di rumah

Membeli makanan di restoran, di kaki lima, atau di penjaja makanan yang lainnya, sebenarnya sah-sah saja. Akan tetapi, para ahli mengatakan bahwa makan di rumah akan membuat hidup kita lebih bahagia dan umur kita bisa lebih panjang. Hal tersebut tentu saja tidak berlebihan mengingat makanan-makanan yang dijual di pinggir jalan atau di restoran-restoran seringkali kebersihannya kurang terjaga. Entah itu dari cara memasak, penggunaan MSG yang terlalu banyak, atau karena piring dan peralatan makan yang tidak dicuci dengan air bersih.

  1. Kurangi makanan dan minuman instan

Saat ini kita semakin dimanjakan dengan berbagai makanan dan minuman instan. Namun sayangnya, minuman dan makanan tersebut kebanyakan mengandung pengawet dan mengandung penyedap yang justru merugikan kesehatan.

Walaupun terasa sangat enak, namun makanan dan minuman instan tersebut perlu untuk dikurangi mengingat beberapa diantaranya dapat menyebabkan penyakit seperti obesitas, kanker, dan beberapa penyakit berbahaya lainnya.

  1. Cuci tangan sebelum makan

Kebiasaan lain yang harus kamu terapkan di keluargamu adalah, cuci tangan sebelum makan. Walaupun kamu akan makan menggunakan sendok, namun kebiasaan mencuci tangan dengan menggunakan air mengalir serta menggunakan sabun adalah kebiasaan baik yang akan membantumu agar tetap sehat dan terlindungi dari berbagai jenis kuman dan penyakit.

  1. Pergi tidur lebih awal

Manusia selalu membutuhkan istirahat (tidur) setidaknya 8 jam sehari untuk orang dewasa atau sesuai dengan kebutuhan. Agar tidurmu cukup, sebaiknya kamu tidur lebih awal misalnya pada pukul 21.00 atau 22.00 paling terlambat. Dengan membiasakan diri tidur lebih awal, kamu akan bangun lebih segar di keesokan harinya, bisa berkonsentrasi lebih baik di sekolah dan di tempat pekerja, serta bisa lebih produktif. Samping itu, tidur yang cukup juga bisa membantu mengurangi stress, bisa membantu kita menjaga imun tubuh agar tetap prima serta masih banyak manfaat yang lainnya.

0