Rahasia Pola Makan untuk Hidup Sehat

Di pagi hari, banyak orang memilih nasi sebagai menu makanan utama. Sudah tepatkah pilihan tersebut? Menurut penelitian, pagi hari adalah saat dimana sistem pembuangan tubuh kita sedang aktif, sehingga kita lebih dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna.

Sebaliknya, di siang hari adalah waktu dimana tubuh kita menjalankan proses pencernaan sehingga lebih cocok apabila diberikan makanan-makanan berat seperti nasi.

Rahasia Pola Makan untuk Hidup Sehat

Faktanya, selama ini kita seringkali mengikuti kebiasaan umum yang kadang-kadang belum tentu benar dan seringkali tidak sesuai dengan rekomendasi ahli kesehatan. Contohnya adalah, pemilihan menu sarapan, makan siang, dan makan malam.

Agar bisa memilih menu makanan yang tepat untuk sarapan, makan siang, dan makan malam, kita perlu tahu cara kerja sistem pencernaan dan tubuh.

Pukul 04.00-12.00

Ini adalah waktu dimana sistem pembuangan tubuh sedang aktif. Itulah sebabnya mengapa kita sering merasa sakit perut di pagi hari dan ingin BAB.

Pada jam tersebut, terutama pada saat sarapan, kita lebih dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna (yang bisa dijadikan sebagai sumber energi) sekaligus menghindari makanan yang sulit dicerna seperti lemak.

Pukul 12.00-20.00

Ini adalah waktu dimana tubuh melakukan proses pencernaan. Pada jam tersebut, kita cenderung lebih bebas dalam memilih makanan yang bisa kita konsumsi. Mengkonsumsi makanan-makanan berat seperti nasi atau sumber pati lainnya yang bisa di kombinasikan dengan lemak atau protein sangat dianjurkan.

Pukul 20.00 minutes 04.00

Adalah waktu di mana tubuh beristirahat. Pada saat itu, sebaiknya kamu tidak memasukkan makanan maupun minuman apapun ke dalam tubuh. Karena selain beristirahat, tubuh kita juga akan melakukan penyerapan serta asimilasi pada jam tersebut.

Menu makanan yang tepat

Sarapan

Pilihan makanan yang tepat untuk sarapan di antaranya adalah:

  • Air putih dingin (bersuhu sama dengan suhu ruangan), atau air putih hangat untuk menenangkan perut
  • Selain air putih, kamu juga bisa mengkonsumsi minuman banyak mengandung vitamin dan mineral seperti jus lemon (air jeruk) atau jus sayuran
  • Sebagai sumber energi, kamu bisa mengkonsumsi sumber karbohidrat yang mudah dicerna serta banyak mengandung air dan vitamin seperti bubur sayur yang dicampur dengan oatmeal
  • Telur dadar
  • Susu rendah lemak
  • Yogurt plain rendah lemak

Makan siang

Menu makan siang cenderung lebih bebas dibandingkan dengan menu sarapan karena pada saat itu, proses pencernaan tubuh kita sedang aktif. Makan yang direkomendasikan saat makan siang antara lain: Sumber pati (nasi, kentang, jagung, gandum), sayur, dan sumber protein seperti daging ikan atau kacang-kacangan.

Makan malam

Rekomendasi makan malam adalah sebelum pukul jam 20.00. Atau jika memungkinkan, konsumsilah makan malam sebelum 18.00 agar makanan tersebut sempat diproses dan dicerna sehingga tidak akan menumpuk menjadi lemak.

Contoh menu makanan yang direkomendasikan untuk makan malam diantaranya adalah:

  • Sayur-sayuran
  • Salad

Hindari mengkonsumsi makanan berlemak atau makanan olahan yang sulit dicerna dan banyak mengandung karbohidrat. Karena pada saat malam, kita jarang membutuhkannya mengingat di malam hari kita akan beristirahat.

artikel ini didukung oleh promescent spray

0