Dewasa ini semakin banyak orang mengalami stres karena beban berat yang mereka pikul. Mulai dari persaingan yang ketat di dunia usaha, akibat ekonomi yang melambat, hubungan yang tidak harmonis, tuntutan kerja yang berat, gaya hidup tidak sehat, dan lain-lain. Kesehatan mental perlu diperhatikan karena dapat mempengaruhi kesehatan fisik.

Seseorang yang mengalami stres secara bersamaan akan mengalami penurunan daya tahan tubuh. Sehingga tidak heran apabila orang yang sering stres lebih mudah mengalami sariawan, serangan jantung, stroke, obesitas, dan macam-macam penyakit lainnya.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard Medical School menemukan bahwa mengkonsumsi makanan tertentu bisa mengurangi depresi, sehingga kesehatan mental akan terjaga.

Setali tiga uang dengan hasil study Harvard Medical School, seorang ahli gizi bernama Melissa Brunetti juga menganjurkan kita untuk memilih makanan sebagai obat untuk melawan stres dan depresi. Karena menurutnya, nutrisi sangat dibutuhkan sebagai bahan bakar otak kita. Jika tidak dipenuhi, otak akan kesulitan mengatur gula darah hormon neuron transmitter dan zat kimia saraf.

Pilihan Menu Sarapan Terbaik untuk Mengurangi Stres dan Depresi

Beberapa jenis makanan yang baik untuk otak di antaranya adalah, makanan-makanan yang banyak mengandung omega 3, asam amino, mineral (seng dan zat besi), serta vitamin B.

Studi lain yang dilakukan oleh BMC Medicine pada tahun 2015, melibatkan 15.000 orang peserta menemukan bahwa, Diet Mediterania bisa membantu menurunkan risiko depresi. Diet Mediterania mengharuskan kita mengkonsumsi banyak sayur-sayuran yang dilengkapi dengan minyak zaitun.

Beberapa Pilihan Sarapan Sehat yang Bisa Membantu Mengurangi Depresi

  • Sarapan yang dilengkapi dengan susu rendah lemak dan blueberry
  • Smoothie pisang, kacang almond, dan biji rami sebagai sumber asam lemak omega-3
  • Yogurt tanpa lemak dengan tambahan madu dan granola. Berfungsi untuk melawan depresi dan mengurangi peradangan otak
  • Ikan tuna, minyak zaitun, serta daun bayam
  • Jeruk, buah alpukat, dan buah bit yang banyak mengandung folat, vitamin C, dan flavonoid
  • Rumput laut yang kaya akan yodium dan beras merah sebagai sumber karbohidrat kompleks untuk menstabilkan suasana hati
  • Telur rebus dan asparagus juga bisa dimanfaatkan sebagai menu sarapan untuk melawan depresi dan kecemasan. Karena telur bermanfaat menurunkan tingkat depresi. Selain itu, di dalamnya juga terkandung juga vitamin B yang bermanfaat untuk mengontrol suasana hati atau mood
  • Bagi kamu yang tidak bisa meninggalkan nasi sebagai menu makanan utama, sebaiknya pilihlah nasi coklat atau nasi merah. Kemudian dicampur dengan kacang hitam. Beras merah dikenal dapat meningkatkan suasana hati dengan cara mengatur kadar hormon serotonin.
0