Apakah selama ini kamu ke selalu kesulitan untuk menguasai subjek (mata pelajaran) yang bagimu sulit atau tidak kamu sukai? Mari kita jujur pada diri sendiri, tentu saja ada beberapa pembahasan yang terkadang kita rasa membosankan. Untuk itu, ada beberapa tips yang dapat membantumu meningkatkan kemampuan dalam menyerap pelajaran. Dan dengan sedikit usaha serta kerja keras, kamu akan segera merasakan peningkatan dalam kemampuan belajar. Dan berikut adalah beberapa tips yang akan membantumu.

  1. Belajarlah dengan berpasangan atau secara berkelompok

Daripada kamu tinggal di dalam kamar sendirian dan dikelilingi dengan buku-buku sepanjang hari, ada baiknya kamu mencari seorang teman di kelasmu untuk belajar bersama. Kelompok belajar biasanya dapat membantu kita untuk menyerap informasi atau pelajaran dengan lebih baik serta lebih dalam. Disamping itu, ketika kita tidak memahami sesuatu, biasanya teman kita dapat membantu. Jadi, kamu juga tidak harus mengambil sembarang orang, cobalah untuk mencari orang-orang atau teman sekelas yang benar-benar memiliki kemampuan memahami sebuah pelajaran dengan baik.

Dari sejak kita duduk di bangku sekolah dasar, guru seringkali menganjurkan kita untuk belajar secara kelompok. Sebenarnya manfaat dari belajar kelompok tidak hanya dapat membantu kita untuk menyelesaikan setiap masalah secara bersama-sama, namun belajar kelompok lebih dari itu dapat membantu kita menyerap pelajaran dengan lebih mudah dan lebih cepat.

  1. Terapkan apa yang kamu pelajari di kehidupan nyata

Kebanyakan diantara kita jarang menerapkan apa yang kita pelajari bangku sekolah ke dalam kehidupan kita sehari-hari. Padahal, apa yang kita pelajari di bangku sekolah sering kali berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Karena biasanya, untuk mengingat pelajaran pelajaran yang rumit akan sangat sulit sekali. Namun dengan menerapkannya langsung di kehidupan nyata, kita pun akan mengingatnya dengan lebih mudah. Begitu juga sebaliknya, pelajaran tersebut akan menempel dan sulit untuk dilupakan.

  1. Gunakan gambar atau tulisan yang mencolok untuk mengingat

Jika kamu berhadapan dengan rumus yang sulit, ada baiknya kamu mencoba cara ini. Menggambar atau menulis sesuatu yang sulit untuk diingat dalam bentuk besar dan berwarna cerah serta mencolok biasanya akan memudahkan kita untuk mengingatnya. Selain itu, letakkan tulisan tersebut di tempat-tempat yang sering kita pandang, misalnya di tembok dekat tempat tidur, atau kamu bisa meletakkannya di dekat gagang pintu, merupakan cara lain untuk memudahkan kita mengingat dan menghafal.

  1. Pilihlah saat-saat dimana otakmu sedang fresh

Setiap orang memiliki waktu untuk bisa berkonsentrasi yang berbeda-beda. Ada yang bisa berkonsentrasi di pagi hari ketika mereka baru bangun tidur, ada yang otaknya sangat kuat pada saat sore hari, dan tidak sedikit juga yang mampu berkonsentrasi pada saat malam hari ketika suasana sangat tenang.

Yang perlu kamu lakukan adalah, menemukan waktu yang kamu rasa paling tepat dan paling mudah bagimu untuk berkonsentrasi dan belajar.

Jika itu malam hari, maka kamu harus meluangkan waktu untuk tidur di siang hari agar pada malam hari konsentrasimu lebih baik. Biasanya, jika kamu belajar dan lebih mudah berkonsentrasi di malam hari, kamu harus pandai-pandai menyingkirkan gangguan seperti televisi, ngantuk, dan nyamuk.

Tentu tidak sulit untuk mematikan televisi terlebih jika keluargamu memahami bahwa kamu butuh untuk berkonsentrasi. Sedangkan ngantuk, bisa kamu atasi dengan tidur siang entah itu 1-2 jam setelah pulang sekolah.

Sedangkan untuk menghindari gigitan nyamuk, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa produk obat nyamuk yang cukup ampuh seperti HIT Obat Nyamuk yang bisa kamu andalkan. Pilihan obat nyamuk yang paling tepat jika kamu ingin berkonsentrasi adalah, pilihlah obat nyamuk elektrik atau obat nyamuk non-stop. Pilihan kedua jenis obat nyamuk tersebut biasanya disebabkan karena tidak mengeluarkan asap dan baunya tidak mengganggu.

  1. Praktekkan ilmu yang kamu pelajari dengan mengajarkannya kepada orang lain

Jika kamu belajar sesuatu, ada baiknya kamu segera mempraktekkan dengan mengajarkan ilmu tersebut kepada orang lain. Entah itu kepada adik, kepada teman, atau bisa juga kepada dirimu sendiri. Caranya sederhana saja, kamu bisa mengajarkan dirimu sendiri atau mempraktekkannya dengan melihat dirimu di cermin atau dengan bertingkah seolah-olah kamu adalah seorang guru.

0