Lawan Nyamuk Pembawa Penyakit

Kecil tapi berbahaya, itulah yang tepat untuk berbagai jenis nyamuk pembawa penyakit. Di dunia ini dikenal lebih dari 3500 spesies nyamuk. Beberapa diantaranya ada yang sangat berbahaya seperti nyamuk yang banyak ditemukan di bagian Asia. Diantaranya adalah, nyamuk anopeles, nyamuk pipiens culex, aides aigepty, albopictus, dan lain-lain.

Ada banyak fakta menarik mengenai nyamuk yang mungkin tidak kamu tahu seperti, berapa nyamuk biasanya aktif pada saat-saat tertentu, seperti di pagi hari dan sore hari, dan ada beberapa nyamuk yang hanya aktif dan menggigit di malam hari seperti nyamuk aides aigepty penyebab malaria.

Berbagai jenis penyakit yang dibawa oleh nyamuk tersebut perlu untuk diwaspadai. Salah satunya adalah dengan menggunakan anti serangga. Beberapa jenis obat anti serangga yang dijual di pasaran secara bebas diantaranya adalah, obat nyamuk bakar, obat nyamuk semprot, obat nyamuk elektrik, dan lain-lain. Begitu juga dengan mereknya, ada bermacam-macam merek dan salah satu yang cukup terkenal adalah HIT Obat Nyamuk.

Untuk mengantisipasi nyamuk, kamu harus mengenal secara keseluruhan mengenai serangga kecil ini.

Seperti apa nyamuk sebenarnya?

Berukuran sangat kecil sekitar 1/8 hingga 3/8 inci. Mereka memiliki 6 kaki dan mulut yang berbentuk seperti belalai panjang. Belalai tersebut warnanya macam-macam ada yang abu-abu, hitam dan beberapa diantaranya ada yang belang dengan warna hitam dan putih. Namun ada juga beberapa jenis nyamuk yang berwarna hijau dan biru. Tentu saja warna-warna tersebut jarang ditemukan. Warna mereka sangat tergantung kapan mereka terbang dan aktif. Sehingga, pada saat terbang mereka seringkali tidak terlihat.

Apakah nyamuk hanya makan darah saja?

Kamu harus tahu bahwa, hanya nyamuk betina yang menggigit dan memakan darah manusia. Namun tidak hanya darah manusia yang dimakan oleh nyamuk, darah binatang lainnya juga biasanya dimakan oleh nyamuk. Nyamuk membutuhkan darah untuk berkembang biak. Pada saat akan berkembang biak, biasanya nyamuk betina akan mencari makan kira-kira 2 hari setelah meletakkan telurnya. Namun, nyamuk jantan maupun nyamuk betina, kedua-duanya menyukai nektar biasanya didapat dari bunga bunga sebagai sumber energi utama mereka.

Apa yang membuat nyamuk tertarik?

Dalam beberapa studi ditunjukkan bahwa ada faktor tertentu yang menyebabkan nyamuk merasa tertarik kepada seseorang atau hewan lainnya. Beberapa diantaranya adalah karena pakaian yang berwarna gelap, karena parfum yang berbau seperti bunga sehingga dianggap sebagai tempat nektar, kemudian bisa juga disebabkan karena suhu tubuh serta karbondioksida yang kita keluarkan.

Jadi, pada saat keluar ruangan sebaiknya kamu menghindari menggunakan parfum yang berbau bunga, atau untuk pewangi ruangan, sebaiknya hindari penggunaan parfum berbau bunga yang dapat menarik perhatian nyamuk. Selain itu, bau badanmu juga cukup menarik perhatian, sebaiknya kamu atasi dengan rajin mandi.

Dimana nyamuk banyak ditemukan?

Nyamuk ditemukan hampir di seluruh belahan dunia dan nyamuk merupakan salah satu jenis serangga yang mampu bertahan dalam kondisi ekstrim sekalipun. Nyamuk yang ditemukan di Asia yang membawa berbagai penyakit biasanya ada yang aktif pada siang hari sedikit berbeda dengan beberapa nyamuk yang biasanya aktif pada penjahat dan malam hari.

Kebanyakan nyamuk akan bertelur di air dan pada umumnya suka cari tempat seperti rawa-rawa atau danau atau di selokan selokan yang mampet. Itulah sebabnya mengapa kamu harus memperhatikan lingkungan dan bak-bak penampungan air. Ada baiknya kamu secara rutin membersihkan selokan, membersihkan dan menutup penampungan air agar tidak dijadikan sebagai tempat berkembang biak oleh nyamuk.

Nyamuk yang berbahaya

Seperti telah disebutkan sebelumnya, nyamuk adalah pembawa berbagai jenis penyakit atau virus dan bakteri yang menyebabkan manusia bisa tertular. Beberapa diantara penyakit yang dibawa oleh nyamuk antara lain, demam berdarah, demam kuning, malaria, chikungunya, dan beberapa virus fatal dan mematikan lainnya.

Mencegah nyamuk

Selain dengan menggunakan anti serangga, dan selain dengan memperhatikan lingkungan, kamu juga harus menjaga kebersihan rumahmu, sebisa mungkin jangan gunakan cat tembok berwarna gelap, jangan sering menggantung baju yang sudah dipakai karena baunya sangat menarik bagi nyamuk.

artikel ini didukung oleh promescent spray

0