Melindungi diri dari kuman dan berbagai jenis penyakit sebenarnya cukup sederhana. Yang perlu kita lakukan hanyalah berlindung dari berbagai jenis kuman. Sebenarnya, istilah kuman mengacu pada empat jenis patogen yang ada di lingkungan kita mulai dari bakteri, virus, jamur dan protozoa.

Bakteri adalah sejenis kuman yang memakan lingkungannya. Dan di dalam tubuh manusia ada banyak bakteri yang berkembang. Setidaknya ada 2 kg bakteri yang ada pada tubuh manusia dewasa. Bakteri biasanya menyukai tempat-tempat lembab seperti di usus, telinga, mulut, dan hidung.

Bakteri dapat menyebabkan infeksi seperti pneumonia, infeksi saluran kemih, infeksi tonsilitis, dan lain-lain. Akan tetapi, beberapa bakteri justru tidak berbahaya dan sebaliknya membantu kita agar tetap sehat.

Sedangkan jamur adalah memiliki struktur mirip dengan tanaman. Mereka tidak bisa membuat makanannya sendiri sehingga mereka harus mencari nutrisi dari tempat lain seperti hewan, tanah, atau manusia. Pada umumnya jamur tidak terlalu berpengaruh pada orang-orang sehat. Namun apabila kekebalan tubuh sedang menurun, biasanya jamur bisa tumbuh di luar kendali.

Sedangkan protozoa, pada dasarnya merupakan organisme bersel tunggal yang tumbuh subur pada lingkungan yang lembab. Protozoa bisa menyebarkan penyakit melalui air dan dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti, mual, diare dan sakit perut.

Jenis kuman yang terakhir adalah virus. Virus hanya bisa hidup di dalam sel hidup. Dan dari sanalah mereka bisa menyebar, melakukan reproduksi dan tumbuh serta berkembang. Tanpa adanya inang, virus akan mati. Virus biasanya mengambil alih sel, tumbuh di dalamnya, dan menggunakan struktur sel untuk menyebar keseluruh inang. Jadi virus sebenarnya tidak bisa hidup lama tanpa inang.

Salah satu jenis serangga yang sangat berbahaya dan sering membawa virus adalah nyamuk. Berbagai virus yang dibawa oleh nyamuk diantaranya adalah, virus demam berdarah, virus zika, virus malaria, dan lain-lain.

Untuk melindungi keluarga dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh kuman, ada baiknya kamu menyediakan setidaknya 7 item ini di rumahmu untuk melindungi mereka.

  1. Penyedot debu

Penyedot debu sangat kamu butuhkan terlebih jika rumahmu terdapat banyak karpet atau hambal. Selain itu, penyedot debu juga sangat bermanfaat untuk membersihkan debu jauh dari sofa.

Namun jika kamu tidak memilikinya, kamu harus secara rutin melakukan kegiatan bersih-bersih dengan menggunakan sapu, mengepel lantai, dan harus secara rutin membersihkan debu dari berbagai perabotan rumah tangga.

  1. Cuka putih

Cuka putih sangat bermanfaat untuk membersihkan berbagai hal mulai dari perabotan rumah tangga hingga berbagai jenis buah-buahan dan sayuran agar bebas dari pestisida.

  1. Anti serangga

Serangga hadir dalam berbagai bentuk mulai dari nyamuk, laba-laba, lebah, dan lain-lain. Beberapa diantaranya memiliki racun dan membawa virus yang berbahaya. Agar keluargamu bebas dari berbagai ancaman, ada baiknya kamu menyediakan anti serangga di rumah.

Anti serangga seperti HIT Obat Nyamuk bisakah memanfaatkan setiap hari untuk melindungi keluargamu. Namun ingat, selalu baca petunjuk penggunaan agar anti serangga tersebut tidak menyebabkan keluargamu dalam masalah.

  1. Sabun antibakteri

Kuman ada di mana-mana dan selalu berkembang biak serta sangat mudah berevolusi. Saat ini, kuman semakin kuat dan semakin banyak memakan korban. Agar tubuh tetap sehat, sediakan sabun antibakteri di rumahmu. Dengan mandi setidaknya dua kali sehari, tubuh akan terlindungi dari berbagai macam penyakit.

  1. Kotak P3K

Salah satu cara melindungi keluarga adalah dengan menyediakan kotak P3K yang bisa dimanfaatkan untuk menghindarkan luka dari infeksi yang dapat membahayakan nyawa. Karena apabila tidak ditangani ibu dengan benar, luka terbuka bisa menyebabkan sakit atau kematian.

  1. Payung dan jas hujan

Pada musim hujan, jas hujan serta payung wajib kamu miliki. Untuk pergi ke tempat-tempat yang tidak terlalu jauh, pada saat hujan, payung sangat dibutuhkan. Begitu juga dengan jas hujan, setidaknya kamu harus memilikinya jika ingin melakukan pekerjaan-pekerjaan di luar rumah pada saat hujan sedang turun.

Hujan tidak membawa penyakit, akan tetapi suhunya yang dingin serta polusi yang dibawa turun oleh air hujan seringkali menyebabkan imun tubuh kita terganggu sehingga penyakit mudah menyerang.

  1. Rak untuk menyimpan pembersih

Ada banyak racun yang kita gunakan serta berbagai bahan kimia yang berbahaya di sekitar rumah kita untuk bersih-bersih. Semua itu harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak. Salah satu caranya adalah dengan meletakkannya di dalam rak atau di dalam lemari yang tidak mudah dijangkau atau diambil oleh anak-anak.

0