HIT Obat Nyamuk – Sementara ini belum ditemukan vaksin atau obat untuk mengatasi virus Zika. Ini adalah virus yang berbahaya untuk bayi di rahim ibu hamil, dan mungkin bertanggung jawab terhadap ribuan anak yang cacat lahir. Cara paling efektif untuk menghindari penyakit ini adalah dengan menghindari nyamuk atau sebisa mungkin membasminya dari rumah dan lingkungan tempat tinggal.

Tips HIT Obat Nyamuk : 9 Cara Mudah Menghindari Nyamuk yang Membawa Virus Zika

Bagi kamu yang merasa khawatir dengan bahaya virus tersebut, berikut adalah beberapa cara untuk menghindari nyamuk tersebut.

  1. Pilihlah obat nyamuk yang paling tepat

Obat nyamuk adalah salah satu langkah efektif untuk mencegah agar berbagai jenis nyamuk tidak masuk ke dalam rumah dan menggigiti penghuninya.

Obat nyamuk ada banyak jenisnya, mulai dari anti nyamuk yang terbuat dari bahan alami, hingga obat nyamuk modern yang memang diformulasikan khusus untuk mengusir nyamuk dan serangga.

Menggunakan obat nyamuk dengan merek apapun, misalnya HIT Obat Nyamuk elektrik atau yang lainnya tetap harus memperhatikan cara menggunakannya. Terlebih apabila yang akan menggunakan obat nyamuk tersebut adalah seorang ibu hamil.

Pada saat menggunakan obat nyamuk, sebaiknya ventilasi (pintu maupun jendela) harus dibuka untuk memudahkan sirkulasi udara dan untuk mengeluarkan racun-racun yang berasal dari obat nyamuk.

Namun cara tersebut dipandang kurang efektif, agar ibu hamil benar-benar aman dari obat nyamuk, mereka sebaiknya menyalakan obat nyamuk di sebuah ruangan, kemudian meninggalkan ruangan tersebut dan beralih ke ruangan yang tidak ada obat nyamuknya. Setelah 1 jam obat nyamuk dimatikan, barulah ruangan tersebut bisa dimanfaatkan atau digunakan. Ini adalah cara yang direkomendasikan.

  1. Gunakan obat nyamuk yang berbahan aktif deet

The Center for Disease Control menganjurkan setiap orang untuk menggunakan produk obat nyamuk berbahan deet yang dapat menolak nyamuk namun cukup aman tanpa harus khawatir.

Beberapa ahli kesehatan berspekulasi dan khawatir dengan berbagai jenis obat nyamuk yang ada karena dapat mempengaruhi neorologis bayi yang ada di dalam kandungan. Namun setelah diteliti dalam waktu yang lama, obat nyamuk dengan bahan deet terbukti efektif tanpa efek samping.

Beberapa wanita yang pernah menggunakan produk deet untuk mencegah nyamuk, kebanyakan bayi yang mereka lahirkan tidak mengalami perbedaan dalam kinerja neourologis, berat badan, tinggi badan, kepala maupun ukuran lengan setelah 6 bulan dilahirkan.

  1. Apabila menggunakan obat nyamuk oles, oleskan dengan benar

Obat nyamuk oles harus diterapkan setelah tabir surya. Karena jika terbalik, kemungkinan besar SPF akan menutupi anti nyamuk tersebut. Dianjurkan juga untuk tidak menggunakan obat nyamuk oles pada kulit yang terlindungi pakaian karena tidak akan dapat menguap dan biasanya akan terserap oleh kain. Hindari juga mengoleskan anti nyamuk pada luka atau pada kulit yang lecet.

  1. Lindungi bagian kaki

Menurut banyak penelitian, nyamuk yang membawa virus Zika pada umumnya sangat menyukai bagian kaki sehingga sangat penting untuk dilindungi.

Sedangkan pada anak-anak, sebaiknya anda melindunginya dengan menggunakan minyak telon yang ditambahkan anti nyamuk kemudian oleskan di sekitar telinga, lengan dan kaki serta di bagian kepala, namun hindari bagian-bagian di dekat mata atau sekitar mulut.

  1. Tolak nyamuk dengan pakaian

Pakaian yang dapat menutupi seluruh tubuh, misalnya baju lengan panjang dan celana panjang bisa cukup efektif untuk menghindari gigitan nyamuk terutama saat kamu berada di luar ruangan.

Nyamuk aedes memiliki selera yang cukup tinggi pada kaki kita dan mereka juga suka menempel di sepatu serta di kaos kaki. Begitu juga jika selama ini kamu sering menggunakan kain spandek untuk celana, umumnya nyamuk dapat dengan mudah menggigit dengan menembus kain tersebut.

  1. Manfaatkan AC

Jika memungkinkan, kamu bisa memasang AC di rumah karena nyamuk yang membawa virus Zika cenderung tidak tahan terhadap cuaca dingin. Mereka biasanya masih mampu bertahan pada cuaca di atas 50 atau 60 derajat fahrenheit.

  1. Gunakan kelambu pada saat tidur

Selain melindungi diri dengan menggunakan obat nyamuk, kelambu adalah salah satu alternatif paling aman dan paling nyaman apabila digunakan saat tidur.

  1. Melaksanakan program 3M

Program ini sudah disosialisasikan sejak dahulu oleh pemerintah dan tentu saja memiliki efek yang sangat baik dalam mencegah penyebaran dan populasi nyamuk.

Mengubur, menguras, dan menutup tempat penampungan air mampu memberikan efek yang cukup signifikan terutama dalam menanggulangi populasi nyamuk. Karena satu nyamuk bisa memproduksi hingga 300 telur.

  1. Berolahragalah di dalam ruangan

Berolahraga di dalam ruangan yang bersih dan terlindungi akan lebih baik dibandingkan dengan berolahraga di luar ruangan yang cenderung dekat dengan semakbelukar, karena nyamuk sangat mudah tertarik oleh karbon dioksida (nafas) dan panas tubuh yang kita keluarkan pada saat olahraga.

Hal lain yang harus kamu ingat untuk menghindari nyamuk yang membawa virus Zika adalah, pada saat bepergian atau pada saat berlibur, selalu bekali dirimu dengan anti nyamuk. Selain itu, gunakanlah pakaian-pakaian yang tertutup dan berwarna cerah.

Tips agar Lebih Berkonsentrasi saat Belajar

Banyak siswa dan mahasiswa yang mengeluh karena mereka tidak bisa berkonsentrasi pada saat belajar, yang imbasnya akan membuat nilai mereka terjun bebas. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan konsentrasi belajar seseorang terganggu, mulai dari makanan yang ia konsumsi, faktor pisikologi, suasana tempat belajar, lingkungan, serta masih banyak yang lainnya.

Pada saat kita berkonsentrasi membaca buku-buku fiksi seperti novel atau pada saat kita membaca buku komik kita sangat mudah hanyut dan berkonsentrasi. Jadi, jika kamu ingin memiliki konsentrasi dan imajinasi yang kurang lebih sama seperti saat kamu membaca komik atau novel pada saat sedang belajar, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

  1. Pilihlah tempat belajar yang paling tenang

Memilih tempat belajar yang paling tenang adalah cara pertama untuk berkonsentrasi agar telinga dan otakmu tidak akan terganggu akibat hal-hal lain seperti kebisingan, suara televisi, radio atau musik, bahkan suara orang yang sedang ngobrol juga dapat memecah konsentrasi.

  1. Singkirkan semua yang bisa membuat konsentrasimu terpecah

Saat ini, rasanya hampir semua siswa maupun mahasiswa memiliki gadget terutama smartphone atau tablet. Saat kamu belajar, sebaiknya smartphone atau tablet dinonaktifkan terlebih dahulu atau bisa dengan mengaktifkan mode silent, namun jangan lupa untuk menelungkupkannya.

Kemudian apabila kamu belajar di ruang tamu atau di ruang keluarga, pastikan televisi yang ada pada ruangan tersebut tidak menyala. Apabila kamu tidak bisa berkonsentrasi apabila mendengarkan musik, kamu juga sebaiknya mematikan musik. Namun apabila kamu suka mendengarkan musik, cobalah untuk mencari musik-musik yang tidak merusak konsentrasi seperti musik ber-genre instrumental tanpa lirik.

Pengganggu lain seperti saudara juga bisa kamu hindari dengan membuat poster unik dengan tulisan “Sedang belajar” yang bisa kamu tempatkan di depan pintu.

Pada saat belajar tentu kita membutuhkan konsentrasi tinggi dan satu hal yang sering kita abaikan dan menjadi momok selama ini adalah nyamuk.

Nyamuk bisa menjadi makhluk paling menyebalkan terutama karena sering merusak konsentrasi belajar kita. Tidak perlu repot untuk membasmi nyamuk dan mengusirnya, kamu bisa memanfaatkan obat nyamuk. Namun obat nyamuk yang kamu pilih pun harus obat nyamuk yang tidak mengganggu, misalnya obat nyamuk elektrik yang tidak mengeluarkan asap. Ada banyak merek obat nyamuk di luar sana yang berkualitas dan aman. Contoh saja HIT Obat Nyamuk atau merek yang lainnya.

  1. Pilihlah waktu yang paling tepat

Semua orang memiliki waktu yang berbeda-beda untuk bisa berkonsentrasi dan memiliki mood yang bagus saat belajar. Ada orang yang memiliki konsentrasi sangat tinggi dan mood sangat bagus untuk belajar pada pagi hari, misalnya setelah subuh. Ada orang yang dapat berkonsentrasi dengan sangat baik menjelang siang, atau bahkan ada juga yang dapat berkonsentrasi dengan baik ketika mereka belajar pada malam hari.

Jangan heran apabila sebagian orang, juga ada yang hanya bisa berkonsentrasi penuh pada saat mereka belajar di tengah malam.

Kamu bisa menemukan sendiri waktu-waktu paling tepat yang dapat membuatmu berkonsentrasi penuh. Dengan begitu, kualitas jam belajar yang kamu miliki akan meningkat beberapa kali lipat.

  1. Jangan membiasakan ngemil sambil belajar

Kebiasaan buruk ngemil sambil belajar akan menjadi bumerang bagimu. Selain membuat tubuhmu mengalami obesitas, ngemil sambil belajar juga seringkali mengganggu konsentrasi.

Rasa cemilan, cemilan yang habis, atau tidak dapat menemukan cemilan yang disukai juga dapat membuat konsentrasi terganggu. Jadi, sebisa mungkin cobalah mengisi perut sebelum belajar. Namun ingat! jangan terlalu kenyang karena justru akan membuatmu mengantuk dan malas.

  1. Katakan “tidak” dan cepatlah untuk sadar

Pada saat kita membaca atau pada saat kita belajar, seringkali secara tidak sadar pikiran mulai mengembara. Menghayal adalah kebiasaan manusia yang memang sulit untuk dikendalikan. Namun sebisa mungkin cepatlah untuk sadar dan katakan “tidak” untuk menghayal kemudian kembalilah fokus pada pelajaran yang sedang kamu tekuni.

  1. Otak juga membutuhkan waktu untuk beristirahat

Penelitian menunjukkan bahwa waktu belajar yang singkat ternyata bisa lebih membuat orang lebih berkonsentrasi, sehingga pelajaran lebih mudah untuk masuk dibandingkan dengan belajar dalam waktu yang lama namun seringkali membuat seseorang melupakan pelajarannya dengan mudah.

Waktu belajar yang paling tepat dan paling baik menurut beberapa penelitian adalah, satu jam atau setengah jam sebelum pelajaran dimulai dan setengah jam setelah pelajaran selesai, kemudian beristirahatlah.

Istirahat sangat dibutuhkan untuk mengembalikan tenaga dan kemampuan otak dalam berkonsentrasi.

HIT Obat Nyamuk adalah produk anti nyamuk atau obat nyamuk yang diproduksi oleh PT. Megasari Makmur. Perusahaan ini berada di Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat. Selain anti nyamuk, mereka juga memproduksi beberapa keperluan rumah tangga lainnya. Produk ini dibuat dari bahan insektisida yang cukup ampuh untuk mengatasi berbagai serangga khususnya nyamuk.

  1. Pengalaman menggunakan HIT

    Saya tinggal di salah satu kota di Kalimantan, dimana sungai masih banyak mengalir begitu juga dengan semak belukar dan hutan-hutan yang cukup mendominasi, terutama di pinggir-pinggir kota. Walaupun kota di Kalimantan saat ini sudah cukup modern dan tertata rapi serta bersih, namun tetap saja seperti kota-kota lainnya, seringkali ada banyak genangan di selokan yang menyebabkan nyamuk berkembang biak dengan sangat cepat.

    Blogger competition say it to HITDibandingkan dengan pulau Jawa, rasanya pulau-pulau seperti di Kalimantan maupun di Sumatera dan Sulawesi memiliki nyamuk yang lebih ganas dan gigitannya juga terasa lebih sakit. Saya sendiri pernah pergi ke beberapa daerah seperti Pulau Jawa, Bali, Lombok dan beberapa daerah lainnya serta tinggal di sana untuk beberapa lama antara 1 tahun hingga 3 tahun.

    Tidak seperti di pulau-pulau lain, khususnya saat saya tinggal di Kalimantan, nyamuk adalah salah satu momok yang paling menyebalkan sehingga, jangan heran kalau penduduk di Kalimantan masih sering menggunakan kelambu untuk tidur, bahkan mereka juga sangat mengandalkan obat nyamuk.

    Berbicara mengenai obat nyamuk, keluarga kami mengandalkan obat nyamuk bakar karena terkesan efisien, tahan lama dan ampuh mengatasi nyamuk sepanjang malam.

    Satu tahun belakangan ini, saya kembali ke Pulau Jawa dan tinggal di salah satu kota yang kebetulan dekat dengan rumah mertua.

    Disini kami menyewa rumah yang cukup sederhana namun layak huni dan tergolong bersih. Namun pada musim hujan seperti ini, tampaknya nyamuk mulai merajalela walaupun sudah di fogging beberapa waktu sebelumnya.

    Karena saya juga seorang blogger, nggak heran kalau saya sering melek setiap malam. Dan sayangnya, nyamuk juga suka keliaran di malam hari. Jadi, ya… Mau nggak mau saya harus mengeluarkan jurus terakhir dengan mengandalkan obat nyamuk.

    Karena ruang kerja yang saya gunakan adalah kamar sendiri, ukurannya kecil serta jendelanya sering ditutup, maka saya putuskan untuk memilih obat nyamuk HIT Non-Stop.

    Hasilnya? Gak perlu ditanya, saya bisa ngeblog dengan tenang tanpa terganggu nyamuk dan tanpa terganggu obat nyamuk. Bahkan, obat nyamuk ini wanginya cukup menyenangkan.

  1. Keuntungan menggunakan HIT obat nyamuk

    Produk HIT obat nyamuk sebenarnya ada banyak sekali mulai dari HIT Non-Stop, HIT Aerosol Anti Nyamuk Dan Kecoa, HIT Magic Aksi Instan dan lain-lain.

    Jadi, sebenarnya kita tidak hanya bisa memanfaatkannya untuk mengusir nyamuk melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk melawan berbagai serangga khususnya kecoa.

    HIT Obat Nyamuk Waspada Virus Zika
    Sejauh yang saya rasakan, menggunakan HIT cukup efektif, selain itu sesuai dengan moto yang sering kita dengar di iklan, walaupun berharga murah namun cukup berkualitas dan efektif.

    Khusus di musim hujan seperti sekarang ini, bagi kamu yang tidak ingin terkena malaria, demam berdarah (DBD) yang diakibatkan oleh nyamuk Aedes Aegypti, nyamuk culex penyebab penyakit kaki gajah, atau yang terbaru yaitu bahaya dari nyamuk zika.

  1. Macam-macam produk HIT

    Solusi menghindari gigitan nyamuk yang paling efektif dan ampuh adalah dengan menggunakan obat nyamuk, salah satunya dengan merek HIT. Produk ini hadir dengan beberapa pilihan diantaranya adalah:

    HIT Magic Aksi Instan

    Ini adalah jenis obat nyamuk bakar yang memanfaatkan kertas ajaib dan wanginya pun tidak seperti obat nyamuk bakar lainnya sehingga tidak mengganggu apalagi membuat kita batuk-batuk.

    HIT-MAT

    Bagi kamu yang tidak suka dengan asap, kamu bisa memilih HIT Mat, yaitu obat nyamuk elektrik yang hemat dan tahan lama dilengkapi dengan lampu indikator.

    Hit One Push

    Anti nyamuk yang satu ini hadir dengan wangi orange. Sesuai dengan namanya, sekali semprot suatu ruangan bisa bebas nyamuk dalam waktu yang lama.

    Hit Aerosol

    Tidak jauh berbeda dengan point sebelumnya, obat nyamuk yang satu ini juga diformulasikan untuk membasmi kecoa dan nyamuk. Obat nyamuk ini hadir dengan bentuk sprei sehingga sangat efektif untuk langsung membunuh nyamuk.

    Hit Pompa

    Kalau kamu ingin melindungi tempat-tempat seperti gudang, atau tempat-tempat yang jarang didatangi namun seringkali dijadikan sebagai sarang oleh nyamuk dan kecoak, kamu bisa membasminya dengan produk yang satu ini. Produk ini dirancang dan diformulasikan tanpa minyak tanah, hadir dengan wangi yang lembut, dan rendah iritasi.

    Hit Obat Nyamuk Non-Stop

    Jenis ini sangat cocok ditempatkan di ruang kerja dan tempat bermain anak-anak karena selain instan dan mudah digunakan, HIT Non Stop juga cukup aman.

    Hit Non Stop dilengkapi dengan refill sehingga kamu tidak perlu membeli alatnya apabila cairan anti nyamuknya sudah habis.

  1. Tips menggunakan obat nyamuk

    Obat nyamuk bakar

    • Sebisa mungkin asap obat nyamuk bakar tidak terhirup langsung.
    • Letakkan di tempat yang sedikit jauh dari tempat dudukmu misalnya 1,5 atau 2 meter.
    • Pastikan sirkulasi udara di ruangan tersebut lancar misalnya dengan membuka jendela dan pintu.
    • Jauhkan dari benda-benda yang mudah terbakar

    Obat nyamuk semprot

    Sebisa mungkin, gunakan obat nyamuk semprot 1-2 jam sebelum ruangan tersebut digunakan agar lebih aman untuk anak-anak dan agar obat nyamuk tersebut bekerja untuk membunuh nyamuk terlebih dahulu sehingga ruangan makan bebas dari nyamuk.

    Hindari menyemprot obat nyamuk pada makanan atau pada minuman yang terbuka. Sebisa mungkin, tutuplah makanan dan minuman atau lindungi sebelum menggunakan semprotan di ruangan.

  1. Cara efektif mengatasi nyamuk

    Selain dengan memanfaatkan obat nyamuk, untuk mengatasi nyamuk kita juga harus menjaga kebersihan lingkungan dengan:

    3M

    Setidaknya dengan menjalankan 3M, yaitu mengubur semua benda-benda yang berpotensi menyebabkan air tergenang sehingga nyamuk dapat berkembang biak di sana. Kemudian kuras bak mandi atau tempat-tempat penampungan air secara rutin. Kemudian jangan lupa menutup tempat-tempat penampungan air seperti tong, ember, atau yang lainnya.

    Kurangi menggantung pakaian

    Jangan lupa juga untuk tidak membiasakan menggantung baju terutama yang sudah dipakai dalam waktu yang lama karena baju yang lembab terlebih apabila diletakkan di tempat yang gelap sering dimanfaatkan oleh nyamuk sebagai tempat bersembunyi.

    Bersihkan rumah secara

    Rumah yang jorok, lembab, dan tidak bersih, sudah pasti sangat disukai oleh berbagai jenis serangga termasuk kecoa dan juga nyamuk. Oleh sebab itu, di samping mengandalkan HIT obat nyamuk kamu juga harus secara rutin membersihkan rumah setidaknya seminggu sekali.

HIT Obat Nyamuk Mengatasi Gatal Gigitan Nyamuk

8 Cara Cepat Mengatasi Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

Gigitan nyamuk memang bukan masalah medis yang serius, namun tetap saja seringkali membuat kita merasa frustasi dan jengkel. Gigitan nyamuk menyebabkan permukaan kulit kita terasa gatal, muncul warna kemerah-merahan, serta terjadi juga pembengkakan. Hal tersebut bagi sebagian orang tentu sangat mengganggu.

Untuk bisa mengatasi gatal akibat gigitan nyamuk dengan mudah, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

  1. Madu mentah bisa menjadi solusi tepat

    Bagi kamu yang menyukai madu dan kebetulan memiliki stok madu di rumah, terutama madu mentah, kamu bisa memanfaatkannya untuk diolesi layaknya lotion pada bekas gigitan nyamuk.

    Madu mentah memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang sangat bermanfaat untuk menghentikan rasa gatal dan iritasi pada kulit akibat gigitan nyamuk.

    Cara menerapkannya, kamu bisa mengambil satu tetes madu kemudian oleskan langsung pada kulit yang terkena gigitan. Dalam waktu singkat, madu tersebut akan mengurangi rasa gatal dan mengurangi pembengkakan.

    Selain dapat membantu mengurangi rasa gatal dan pembekakan, sebenarnya madu juga bisa difungsikan sebagai anti nyamuk. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengolesi sebagian kulitmu dengan madu agar tidak digigit nyamuk.

  1. Memanfaatkan baking soda

    Penggunaan baking soda untuk mengatasi gigitan nyamuk mungkin masih terdengar asing di telingamu. Namun cara ini sebenarnya cukup efektif juga.

    Ketika nyamuk menggigit, mereka menyuntikkan beberapa air liur ke dalam kulit untuk membekukan darah sehingga mereka bisa menghisap darah dengan mudah. Enzim tersebut kemudian menyebabkan reaksi berupa gatal dan bentol yang tidak menyenangkan.

    Bentol dan gatal pada kulit tersebut sebenarnya disebabkan karena protein dalam air liur nyamuk yang menyebabkan reaksi imunologi dan peradangan.

    Dengan baking soda, peradangan dan reaksi imunologi tersebut bisa dinetralisir, sehingga rasa gatal maupun pembengkakan akan segera berkurang.

    Cara memanfaatkannya, sediakan baking soda, kemudian oleskan dengan lembut di permukaan kulit yang terkena gigitan. Namun jika bekas gigitan tidak terindikasi, kamu tetap bisa mengoleksinya sambil memperkirakan tempat-tempat yang gatal.

    Jangan pernah menerapkan baking soda pada kulit yang terluka atau tergores akibat menggaruk, karena baking soda dapat menyebabkan masalah lain berupa iritasi.

  1. Manfaatkan cuka sari apel

    Rasa asam yang terdapat di dalam cuka juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi rasa gatal dan menetralkan respon kulit pada antihistamin.

    Sediakan cuka sari apel kemudian sediakan juga kapas. Gunakan bola kapas yang telah dicelupkan ke dalam cuka sari apel untuk mengoleskan bekas gigitan nyamuk. Jangan buang bola kapas namun biarkan saja menempel di kulit untuk mempercepat rasa gatal hilang dan mengurangi pembengkakan.

    Namun ingat, jangan menggunakan cuka sari apel terlalu banyak karena dapat memberikan sensasi terbakar. Tidak dianjurkan menggunakan cuka sari apel untuk mengatasi gatal dan bengkak akibat gigitan nyamuk apabila berlokasi di kulit yang terluka.

  1. Beberapa buah juga bisa bermanfaat untuk mengatasi gigitan nyamuk

    Cara efektif dan efisien lainnya untuk mengurangi rasa gatal akibat gigitan nyamuk adalah dengan memanfaatkan beberapa jenis buah seperti buah pisang dan buah lemon atau limau.

    Buah-buahan tersebut memiliki sifat antibakteri yang sangat kuat untuk mengurangi efek antihistamin yang menyebabkan gatal pada kulit.

    Yang pertama, kita bisa memanfaatkan pisang. Namun yang akan kita gunakan adalah kulitnya. Bagian dalam kulit pisang bisa digunakan untuk mengurangi rasa gatal dengan cara menggosok-gosokkannya pada kulit yang digigit nyamuk.

    Kemudian buah limau dan lemon juga merupakan buah yang bisa berfungsi mengatasi gatal-gatal karena memiliki sifat antibakteri.

    Ambil saja perasan air lemon atau limau secukupnya, kemudian oleskan pada tempat yang gatal untuk mencegah infeksi dan mengurangi rasa gatal.

  1. Memanfaatkan es batu

    Es batu juga sangat ampuh apabila digunakan untuk mengurangi pembengkakan, gatal-gatal, dan warna kemerahan akibat gigitan nyamuk.

    Sesaat setelah digigit nyamuk, langsung terapkan es batu pada bagian kulit yang digigit dan tempatkan beberapa saat. Jangan lupa menggunakan kantong plastik agar air tidak menetes.

  1. Tanaman lidah buaya juga bisa membantu mengatasi gigitan nyamuk

    Tanaman lidah buaya atau aloe vera di beberapa daerah sangat populer dimanfaatkan untuk mengatasi gigitan serangga, atau untuk mengatasi iritasi kulit dan luka bakar.

    Cara menggunakannya, kamu hanya perlu mengambil sedikit gel lidah buaya kemudian oleskan pada tempat yang digigit nyamuk untuk mengurangi pembengkakan, warna kemerahan, dan rasa gatal.

  1. Manfaatkan minyak esensial

    Minyak esensial seperti minyak lavender, minyak pohon teh, dan minyak peppermint juga sangat ampuh apabila digunakan untuk mengatasi gatal akibat gigitan serangga. Cara memanfaatkannya, ambil satu tetes minyak esensial kemudian oleskan pada kulit yang digigit nyamuk. Minyak esensial tersebut akan membantu mengurangi rasa sakit, gatal, dan mencegah infeksi.

  1. Lindungi dirimu dari gigitan nyamuk

    Melindungi diri dari gigitan nyamuk dengan memanfaatkan kelambu pada saat tidur, selimut atau kain yang dapat menutupi seluruh tubuh juga cukup efektif.

    Namun selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan beberapa tanaman yang tidak disukai nyamuk untuk mencegah nyamuk agar tidak masuk ke kamarmu. Misalnya dengan memanfaatkan serai, bunga lavender, kecombrang, dan lain-lain.

    Anti nyamuk berupa obat nyamuk juga tidak boleh kamu lupakan. Obat nyamuk yang terkenal dan cukup efektif serta aman untuk mengusir nyamuk mereknya bermacam-macam di luar sana. Contoh HIT Obat Nyamuk yang hadir dengan beberapa pilihan, mulai dari obat nyamuk bakar, obat nyamuk semprot dengan aerosol atau obat nyamuk elektrik yang simple dan tanpa asap. Atau kamu juga bisa memilih merek-merek terpercaya lainnya.

HIT Obat Nyamuk Perlindungan Terinspirasi dari Ibu

Mengapa Nyamuk tidak Menyukai Tempat-Tempat Dingin

Bagi kamu yang tidak pernah tinggal di tempat dingin pasti tidak tahu bahwa nyamuk di daerah tersebut sangat jarang atau bahkan hampir tidak ada. Tempat-tempat yang berada di ketinggian dan memiliki cuaca yang dingin biasanya bebas nyamuk sehingga jangan heran kalau penduduknya tidak mengenal hit obat nyamuk.

Bahkan, saat kita pergi ke kebun yang seharusnya banyak nyamuk, di tempat-tempat dingin biasanya juga tetap jarang ada nyamuk.

Tahukah kamu mengapa nyamuk jarang ada di tempat-tempat yang dingin?

Sebenarnya, nyamuk tidak benar-benar hilang terutama pada saat memasuki musim dingin. Walaupun ada beberapa nyamuk yang mati karena perubahan cuaca, namun sebagian yang lain juga biasanya akan bersembunyi di kawasan-kawasan yang terlindungi dengan cuaca hangat.

  1. Strategi bertahan di musim dingin

Kondisi tersebut jangan sampai menipumu. Karena walaupun terkesan tidak ada nyamuk, bukan berarti ketika musim dingin nyamuk-nyamuk tersebut sepenuhnya mati. Beberapa nyamuk yang membawa parasit seperti anopheles, culex, dan culiseta memiliki strategi untuk bertahan hidup pada musim dingin biasanya mereka akan berakhir berhibernasi di tempat-tempat yang hangat seperti di gudang, di bawah kolong rumah, di bawah-bawah tumpukan sampah, di lubang tanah, atau di pohon yang berlubang.

Jika suhu mulai meningkat, nyamuk betina akan mulai keluar untuk berburu makanan yang berupa darah untuk membantu perkembangan telurnya. Setelah nyamuk mengumpulkan cukup makanan dari korban yang tidak curiga, kemudian ia akan meletakkan telurnya di air.

Mencari tempat berlindung terutama pada musim dingin adalah salah satu cara nyamuk untuk bertahan hidup dalam waktu yang lebih lama, dan hebatnya lagi, nyamuk bisa menguasai hibernasi jongkok yang akan membantu mereka menjaga tubuh agar tetap hangat dengan menekuk kakinya sedemikian rupa sehingga tubuhnya lebih dekat ke permukaan. Nyamuk tidak bisa menghasilkan panas tubuh sendiri. Nyamuk adalah makhluk berdarah dingin.

Namun beberapa nyamuk sebenarnya bisa bertahan di suhu dingin atau ekstrim sekalipun tanpa perlu berhibernasi. Nyamuk ini umumnya hidup di daerah-daerah yang relatif dingin, mereka menggunakan kolam air untuk bertelur terutama pada musim hangat yang akan menetas dan berkembang menjadi larva dan kemudian muncul pada musim musim panas.

  1. Nyamuk akan mati setelah meletakkan telur

Kebanyakan nyamuk dengan jenis kelamin jantan akan mati pada saat cuaca berubah menjadi lebih dingin. Dan biasanya mereka akan berhenti menggigit apabila suhu udara lebih rendah dari 50 fahrenheit.

Namun sebelum mereka mati, mereka terlebih dahulu akan kawin dengan nyamuk betina yang kemudian akan meletakkan telurnya di air. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa larva nyamuk tersebut membutuhkan air dan akan menetas di musim hangat.

Itulah sebabnya mengapa kita dianjurkan untuk mengubur semua benda-benda yang kemungkinan besar bisa menampung air karena larva nyamuk mudah sekali berkembang disana.

Selain di wadah-wadah yang dapat menampung air, sebenarnya nyamuk juga menyukai tempat-tempat yang lembab.

  1. Mengantisipasi gigitan nyamuk

Untuk mengantisipasi agar nyamuk tidak berkembang biak dan agar kamu bisa bebas dari berbagai penyakit yang dibawa oleh nyamuk-nyamuk berparasit seperti nyamuk zika, nyamuk aides aigepty yang membawa demam berdarah, nyamuk chikungunya, nyamuk penyebab penyakit kaki gajah dan lain-lain, sebaiknya lakukan beberapa tips berikut ini.

  • Bersihkan selokan jangan sampai mampet

    Pada musim panas atau pada musim kemarau, biasanya air di selokan tidak mengalir karena mampet atau karena ada kubangan-kubangan kecil. Tentu saja tempat-tempat tersebut akan dimanfaatkan oleh nyamuk untuk berkembang biak dan meletakkan telurnya. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu membersihkan lingkungan dengan memancarkan selokan agar air tidak tergenang.

  • Kubur semua benda yang dapat menampung air

    Benda-benda kecil yang bisa menampung air misalnya kaleng bekas cat, atau segala sesuatu yang kemungkinan besar dapat menampung air sebaiknya di kubur atau dibakar dan dimusnahkan.

  • Kurangi semak belukar di sekitar rumah

    Semak belukar merupakan salah satu tempat yang hangat di mana nyamuk bisa bersembunyi. Oleh sebab itu, apabila dibutuhkan kamu bisa menyemprotnya untuk mematikan tanaman yang ada. Namun jika ingin lebih aman, kamu bisa memanfaatkan sabit atau arit untuk membersihkannya.

  • Kurangi menggantung baju-baju bekas pakai

    Baju-baju bekas pakai yang lembab dan digantung di belakang pintu serta menumpuk di sana akan memancing nyamuk untuk bersembunyi. Cobalah untuk menguranginya dan ini akan berdampak cukup positif.

25

This article has 1 comment

  1. Niken wija

    Saya dan keluarga dari mulai ibu sampe sy anak nya selalu sitia menggunakan HIT, gk nyengat bau nya juga nyaman di gunakan saat byk nyamuk juga serangga.
    T.ksih HIT