HIT Obat Nyamuk, 8 Hal yang Tidak Kamu Tahu Tentang Kalimantan – Indonesia sangat kaya akan ragam budaya dan suku bangsa. Indonesia juga bukan negara yang kecil, melainkan cukup luas. Selain Sumatera dan Pulau Jawa, Pulau Kalimantan merupakan salah satu pulau terluas di Indonesia.

Di sana, untuk bisa pergi dari satu kota ke kota lainnya terkadang kita harus melewati jalanan yang di kiri kanannya adalah hutan dengan pohon-pohon besar yang tinggi menjulang.

Namun bukan berarti Kalimantan hanya melulu hutan lho. Kalimantan memang luas dan memiliki banyak hutan selain tambang. Namun jangan salah, kota di Kalimantan juga tidak kalah modern dan bersih, serta tidak kalah besar dibandingkan dengan kota-kota di Jawa.

Tips HIT Obat Nyamuk 8 Hal yang Tidak Kamu Tahu Tentang Kalimantan

Seperti di sebagian daerah di Indonesia lainnya, ada saja hal-hal yang unik dan menarik untuk dibahas. Termasuk juga apa yang ada di Kalimantan. Bagi kamu yang belum pernah ke Kalimantan, berikut adalah beberapa hal yang mungkin tidak kamu tahu.

  1. Mereka menyebut angkot dengan kata taxi

Ya, jangan heran kalau kamu pergi ke Kalimantan suatu saat nanti, kamu akan mendengar orang-orang menyebut angkot dengan kata taksi.

Jadi kalau kamu punya teman di Kalimantan, saat kalian berbicara mengenai angkot kalian bisa saja roaming dan gak nyambung.

Kalau angkot saja disebut taksi, bagaimana dengan taxi?

  1. Harga makanan yang lumayan mahal

Di Indonesia ada beberapa kota dengan biaya hidup yang mahal misalnya Jakarta, Bali, dan salah satunya adalah Kalimantan.

Tanah di Kalimantan sebenarnya tidak terlalu subur layaknya tanah di Pulau Jawa, Bali atau Lombok. Kebanyakan tanah di Kalimantan terdiri atas tanah gambut dan tanah liat.

Jadi, bisa dibayangkan betapa sulitnya menanam sayur-sayuran di sana. Sehingga tidak heran apabila berbagai hal terutama sayur-mayur terasa sangat mahal, bahkan mungkin bisa jadi dua atau tiga kali lipat dibandingkan dengan harga di Jawa.

  1. Kotanya luas dan bersih

Tidak melulu hanya soal hutan dan mahalnya biaya hidup, namun Kalimantan juga memiliki kota-kota besar yang bersih dan tertata. Sebut saja kota balikpapan di Kalimantan Timur, Palangkaraya di Kalimantan Tengah, Pontianak di Kalimantan Barat, dan beberapa kota-kota lainnya.

  1. Biaya hidup sangat mahal

Jika kamu membandingkan dengan beberapa kota di Indonesia, tinggal di Kalimantan membutuhkan biaya hidup yang lebih besar. Untuk ngontrak satu rumah yang belum permanen alias masih menggunakan papan dengan 1 kamar tidur dan ruang tamu, setidaknya kamu harus merogoh kocek hingga 600 hingga 800 ribu perbulan. Sedangkan rumah yang sudah permanen dan memiliki satu atau dua kamar, biaya kontraknya tidak kurang dari 1 juta perbulan.

  1. Kalimantan selain kaya hasil tambang dan hutan, juga kaya nyamuk

Poin yang satu ini memang tidak penting-penting amat tapi, kamu juga aku tahu bahwa Kalimantan yang sebagian besarnya adalah hutan serta sungai, sehingga, entah itu di desa atau di kota, nyamuk merajalela.

Jadi, jangan heran kalau kamu berwisata ke Kalimantan, salah satu tips yang tidak mungkin terlewatkan adalah, “kamu harus membawa lotion anti nyamuk.”

Penduduk di Kalimantan masih banyak yang menggunakan kelambu untuk tidur di malam hari karena nyamuknya yang ganas. Selain itu, hampir di semua rumah tersedia obat nyamuk dengan berbagai tipe dan merek yang bermacam-macam mulai dari obat nyamuk bakar atau yang lainnya dengan merek-merek yang terkenal seperti HIT Obat Nyamuk, dll.

  1. Tempat wisatanya eksotis

Tempat-tempat wisata di Kalimantan kebanyakan masih perawan, eksotis, dan tidak biasa. Walaupun masih banyak hutan, namun Kalimantan juga memiliki beberapa wisata menarik seperti pantai dan wisata lainnya.

Beberapa tempat wisata menarik yang wajib kamu kunjungi jika pergi ke Kalimantan diantaranya adalah, pasar terapung di Kalimantan Selatan, Tugu Khatulistiwa di Kalimantan Barat, penangkaran orangutan di Kalimantan Tengah, dulang intan di martapura Kalimantan Selatan, Pulau Derawan di Kalimantan Timur, dan masih banyak yang lainnya.

  1. Nyari POM bensin di Kalimantan lumayan susah

Eh, jangan salah ya, walaupun Kalimantan adalah salah satu kota penghasil tambang batubara dan minyak bumi, terutama di Kalimantan Timur, tapi di beberapa kota atau kabupaten di Kalimantan, kamu akan kesulitan menemukan POM bensin. Bahkan jika ada, jangan heran apabila antrinya bisa sangat panjang.

Kenapa bisa begitu?

  1. Suku banjar ternyata aslinya juga adalah suku dayak

Kalau kamu membaca sejarah, sebenarnya orang Banjar atau Suku Banjar yang tinggal di Kalimantan Selatan juga asal-muasalnya adalah Suku Dayak. Mereka memiliki warna kulit yang putih, dengan mata sedikit sipit layaknya orang-orang Cina. Jadi? Sebenarnya di Kalimantan ada banyak cewek-cewek (amoy) cantik. Tertarik untuk berkunjung?

 

2