Musibah kebakaran banyak melanda rumah-rumah karena berbagai alasan dan berbagai penyebab. Diantara beberapa penyebab tersebut dikarenakan hubungan arus pendek listrik, ini adalah yang paling sering menimbulkan kebakaran. Kemudian bisa juga karena kelalaian manusia, misalnya disebabkan karena lupa mematikan kompor, karena obat nyamuk bakar, dan bisa juga disebabkan karena kompor yang meledak.

Terlepas dari apapun penyebabnya, salah satu yang perlu diwaspadai adalah penggunaan obat nyamuk bakar. Obat nyamuk bakar sebaiknya tidak diletakkan di tempat-tempat yang beresiko menyebabkan musibah kebakaran seperti, di dekat kasur, di atas meja tanpa diberikan alas, atau di tempat-tempat yang kemungkinan besar mudah tertabrak oleh binatang seperti kucing, tikus, atau yang lainnya.

Agar rumahmu semakin aman dan bebas dari resiko kebakaran, cobalah memperhatikan beberapa tips berikut ini.

  1. Matikan lilin sebelum tidur

Beberapa daerah masih seringkali mengalami mati lampu pada malam hari. Dan lilin adalah salah satu alternatif untuk menerangi ruangan. Namun, seringkali lilin yang kita gunakan untuk menerangi ruangan tidak berdiri dan merekat dengan kuat sehingga bisa saja terjatuh dan menyebabkan kebakaran. Oleh sebab itu, jika lampu listrik belum menyala, dan sebelum tidur, pastikan kamu mematikan lilin terlebih dahulu.

  1. Periksa dapur setelah cuci tangan dan kaki

Sebelum tidur, biasakan untuk menyikat gigi, mencuci tangan dan kaki agar hidup tetap sehat. Setelah dari kamar mandi, sempatkan dirimu untuk memeriksa dapur. Karena biasanya beberapa orang sering lupa mematikan kompor. Kompor, selain hubungan arus pendek listrik merupakan penyabab terbanyak kasus kebakaran. Agar musibah tersebut bisa dihindari, selalu sempatkan dirimu meliat kondisi dapur sebelum beristirahat dimalam hari.

  1. Pilihlah anti serangga selain obat nyamuk bakar

Untuk mengurangi resiko kebakaran, ada baiknya kamu tidak memilih obat nyamuk bakar. Beberapa pilihan obat nyamuk yang bisa kamu gunakan diantaranya adalah obat nyamuk elektrik, obat nyamuk semprot, dan lain-lain. Soal merk, itu tergantung dari pilihanmu. Sekedar saran, salah satu merek yang cukup terkenal dan bisa diandalkan serta memiliki kualitas yang baik adalah HIT Obat Nyamuk.

  1. Matikan elektronik yang terhubung ke listrik sebelum tidur

Jangan biarkan peralatan elektronik yang terhubung ke listrik hidup begitu saja tanpa dimatikan. Karena beberapa peralatan elektronik bisa menimbulkan panas berlebihan yang ujung-ujungnya dapat menyebabkan kebakaran. Untuk mengantisipasi musibah kebakaran, ada baiknya kamu mematikan peralatan elektronik sebelum tidur. Selain dapat mencegah kebakaran, cara ini juga efektif untuk mengurangi biaya tagihan listrik.

  1. Sebelum tidur jangan meninggalkan hape dalam keadaan di charger

Kebiasaan kita, kita sering meninggalkan hape di charger pada malam hari atau pada saat kita hendak tidur. Padahal, cara ini sangat berbahaya karena smartphone yang terus-menerus di charger bisa menjadi sangat panas dan dapat meledak sehingga menimbulkan beberapa resiko, termasuk kebakaran.

Selalu ingat untuk HP yang di charger sebelum tidur agar rumahmu lebih aman.

  1. Jangan membakar sampah pada malam hari

Membakar sampah pada malam hari jika tidak terlalu banyak dan bisa ditunggu, maka tidak mengapa. Akan tetapi bila sampah tersebut sangat banyak dan kemungkinan besar tidak akan padam setelah kamu beranjak tidur, ada baiknya kamu tidak membakar sampah pada malam hari. Karena dikhawatirkan, angin akan meniup sampah tersebut keluar dari tempatnya sehingga mungkin saja menimbulkan musibah kebakaran.

Atau, alternatifnya, kamu bisa saja membakar sampah di dalam tong atau drum sehingga tidak akan mungkin angin menerbangkannya keluar.

  1. Tengok dapurmu sebelum keluar rumah

Jika pada point sebelumnya kamu dianjurkan untuk melihat kondisi dapur dan kompor sebelum berangkat tidur, pada point terakhir ini, kamu dianjurkan untuk menengok dapur sebelum keluar rumah.

Jika kamu berencana untuk keluar rumah dalam waktu lama, entah untuk bekerja atau untuk keperluan yang lainnya, jangan lupa memastikan tidak ada kompor yang menyala di dapur. Karena meninggalkan kompor dalam keadaan menyala atau pada saat memasak bisa sangat berbahaya terlebih jika kita melupakannya dan meninggalkannya dalam waktu yang sangat lama.

0