Indonesia adalah negara dengan iklim tropis yang hanya punya dua musim yaitu, musim hujan dan musim kemarau. Ketika musim hujan tiba, cuaca sedikit lebih dingin dan sejuk. Apalagi jika kondisi mendung dari pagi hingga siang. Nah, pada saat cuaca lagi dingin, perut biasanya agak-agak lapar.

Cemilan-cemilan yang Enak Dinikmati saat Musim Hujan

Untuk mengganjal perut, ada banyak cemilan, kudapan, atau makanan yang bisa dipilih; yang cocok dinikmati saat cuaca dingin atau ketika sedang hujan seperti:

Soto

Soto merupakan salah satu kuliner Indonesia yang punya banyak penggemar. Kuliner ini hadir dalam berbagai jenis berdasarkan olahan dan asalnya.

Beberapa contoh kuliner soto terkenal antara lain: soto daging, soto ayam, soto dok, soto Jawa, soto Madura, soto Banjar, soto Betawi, dan lain-lain.

Soto merupakan pilihan yang enak untuk dinikmati saat musim hujan karena biasanya disajikan dalam keadaan panas atau hangat. Selain bisa membantu menghangatkan badan, isi di dalam soto yang bervariasi juga bisa dimanfaatkan untuk menambah energi sekaligus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Kopi panas

Dimanapun kita, ketika hujan turun, paling pas rasanya kalau ditemani dengan kopi panas yang sedap dan nikmat. Selain bisa membantu mengembalikan energi dan menghangatkan tubuh, kopi juga hadir dengan sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Gorengan

Sambil menyeruput hangatnya kopi, akan lebih lengkap rasanya kalau ditemani gorengan hangat. Beberapa pilihan gorengan hangat yang enak untuk teman minum kopi saat hujan di antaranya adalah: tempe goreng, tahu isi, pisang goreng, ubi goreng, dan lain-lain.

Cemilan sehat yang direbus

Kalau kamu pengen cari teman minum kopi yang lebih sehat, kamu boleh melirik cemilan-cemilan rebus macam jagung rebus, kacang rebus, ubi rebus, hingga kedelai rebus.

Teh panas atau teh anget

Selain kopi, opsi minuman lain yang cocok untuk menemani di saat hujan adalah teh panas atau teh hangat. Agar lebih nikmat dan kekinian, ada baiknya kamu belajar cara mengolah dan menyajikan teh. Sehingga, pengalaman minum teh-mu jadi lebih berkesan.

Mie instan

Makanan cepat saji ini memang dianggap kurang sehat dan sebaiknya tidak dinikmati sering-sering di konsumsi. Tapi rasanya yang nikmat dan proses pembuatannya yang mudah adalah alasan mengapa mie instan sering disajikan dalam berbagai kesempatan.

Saat hujan, mie instan juga cukup enak dinikmati karena bisa menghadirkan rasa hangat di tubuh, bikin perut kenyang, dan rasanya pun lezat. Tapi, agar mie instan bisa lebih sehat, kamu wajib menambahkan lauk dan sayur mayur seperti telur, daging, sawi, kubis, kecambah, atau yang lainnya.

0