Cara Mudah Agar Rumah Bebas Nyamuk

Ada banyak faktor yang menyebabkan mengapa nyamuk sangat suka tinggal di dalam rumah dan menggigiti setiap penghuninya. Tidak hanya bentol-bentol yang kita dapatkan akibat gigitan nyamuk, beberapa jenis nyamuk ternyata juga membawa penyakit seperti nyamuk aedes aegypti yang dapat menyebabkan demam berdarah atau nyamuk culex yang dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit kaki gajah.

Rumah dan lingkungan di sekitar kita berpotensi menjadi sarang nyamuk karena kebersihan dan kehangatannya kurang terjaga.

Agar keluarga tetap sehat, dan agar rumah bebas dari nyamuk, kamu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Membasmi nyamuk

Cara terbaik agar rumah bebas nyamuk adalah dengan membasmi sumber berkembangbiaknya nyamuk itu sendiri. Mulai dari, membersihkan selokan.

Sebelum musim hujan, ada baiknya kita mengantisipasi dengan memperhatikan selokan di sekitar rumah kita atau di lingkungan kita. Jangan sampai selokan tersebut tersumbat atau mampet akibat kotoran sehingga menimbulkan genangan yang akan menjadi sarang nyamuk dikemudian hari.

Kemudian, pastikan juga lingkungan rumahmu bebas dari wadah-wadah yang dapat menjadi tempat air tergenang karena tempat tersebut sangat disukai oleh nyamuk untuk berkembang biak.

Tidak hanya di luar ruangan, kamu juga harus memperhatikan di bagian dalam rumahmu, terutama di kamar mandi dan di tempat mencuci piring.

Sebisa mungkin tutup bak mandi dan ember yang digunakan untuk menampung air dan jangan lupa untuk membersihkannya secara rutin, entah itu seminggu sekali atau dua kali dalam seminggu.

Kamu juga bisa memanfaatkan obat abate untuk menjaga agar air bebas dari jentik-jentik nyamuk.

  1. Kurangi menggantung pakaian

Di dalam rumah kita, nyamuk juga sangat suka bersembunyi dan bersarang di tempat-tempat yang gelap terutama di pakaian-pakaian yang sudah dipakai dan digantung begitu saja di belakang pintu, di samping lemari, atau di tempat-tempat tertentu.

Dengan mengurangi pakaian bekas yang digantung, maka potensi nyamuk bersembunyi di sana juga akan berkurang. Sehingga, rumah pun akan lebih nyaman untuk ditinggali.

  1. Manfaatkan obat nyamuk

Alternatif terakhir, kamu bisa memanfaatkan berbagai jenis obat nyamuk untuk menolak serangga khususnya nyamuk.

Obat nyamuk ada banyak merknya dan juga macamnya. Salah satu yang cukup terkenal adalah HIT obat nyamuk. Produk ini hadir dengan beberapa pilihan diantaranya adalah, obat nyamuk bakar, obat nyamuk semprot, dan obat nyamuk elektrik.

Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Obat nyamuk bakar sangat cocok bagi kamu yang menginginkan produk obat nyamuk murah namun ampuh pengusir nyamuk.

Sedangkan jenis elektrik cocok diletakkan di dalam kamar tertutup agar nyamuk segera keluar.

Sedangkan obat nyamuk semprot sangat cocok untuk langsung membunuh nyamuk terutama dengan menyemprotkannya di tempat-tempat yang sering menjadi sarang nyamuk.

  1. Pertimbangkan juga bahan alami

Obat nyamuk yang dijual di pasaran sudah pasti sangat ampuh untuk membasmi nyamuk. Namun jika kamu memiliki banyak waktu untuk membuat sendiri obat nyamuk alami, kamu bisa memanfaatkan beberapa minyak yang berasal dari tumbuhan alami seperti citronella, tea tree oilatau minyak pohon teh, dan beberapa tumbuhan lainnya seperti daun serai, bunga geranium, dan tapak dara serta tanaman lainnya, termasuk bunga lavender, bunga rosemary, dan kecombrang.

  1. Tips menghindarkan diri dari gigitan nyamuk

Selain dengan memanfaatkan beberapa cara di atas, kamu juga bisa menghindarkan diri dari gigitan nyamuk dengan memanfaatkan kelambu pada saat tidur. Kelambu adalah cara paling efektif untuk melindungi diri dari nyamuk pada saat kita tidur terlelap.

  1. Memanfaatkan pakaian yang lebar

Pada malam hari cuaca cenderung lebih dingin sehingga tidak menghalangi kita untuk menggunakan pakaian pakaian yang tertutup dan sedikit lebih lebar. Dengan begitu, nyamuk tidak akan bisa langsung menggigit kulit.

  1. Tutup ventilasi udara dengan jaring kecil

Ada beberapa jaring kecil yang dijual di pasaran dan bisa kita manfaatkan untuk menutup lubang-lubang yang berpotensi menjadi jalan masuknya nyamuk. Ventilasi, terutama apabila terlalu lebar, bisa ditutup dengan menggunakan jaring-jaring tersebut sehingga nyamuk tidak akan masuk ke dalam ruangan atau rumah.

  1. Gunakan kelambu untuk bayi

Bagi kamu yang memiliki bayi di rumah, di pasar ada banyak produk sejenis kelambu kecil yang sudah dirancang untuk melindungi bayi dari nyamuk. Cara ini akan lebih aman dan cocok untuk menjaga agar bayi bebas dari berbagai jenis bahan kimia yang dapat membahayakannya.

artikel ini didukung oleh promescent spray

0