Pernah nggak kamu bertanya-tanya kenapa begitu banyak orang di dunia ini yang minum kopi? Menurut survei, 80% populasi dunia minum kopi setiap hari lho… Bukan jumlah yang sedikit bukan?

Apa yang menyebabkan banyak orang tertarik untuk minum kopi?

Selain bisa memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan, alasan banyak orang menyeruput kopi setiap hari, entah itu di pagi hari, siang hari, atau malam hari adalah karena kopi mengandung kafein dan memiliki aroma serta rasa yang khas.

Cara Menyeduh Kopi Hitam Agar Terasa Lebih Nikmat

Diantara beberapa alasan tersebut, citarasa adalah yang paling banyak dijadikan alasan memilih kopi. Untuk mendapatkan rasa kopi yang nikmat, kita perlu menguasai metode pembuatan dan penyajiannya. Mulai dari pemilihan kopi yang tepat, cara menyeduh yang benar, hingga cara menikmatinya.

Kalau selama ini kamu masih menyeduh kopi tanpa pernah tahu teorinya, mungkin sesekali kamu perlu mencoba rekomendasi metode cara menyeduh kopi hitam agar terasa lebih nikmat di bawah ini.

Sekilas Kopi Hitam

Kopi hitam atau yang dikenal juga dengan istilah kopi tubruk adalah kopi yang paling banyak kita temukan di rumah-rumah. Sering disajikan dengan cara: kopi dicampur dengan gula di dalam gelas lalu disiram (tubruk) menggunakan air mendidi,h kemudian diaduk dan dihidangkan.

Tapi bagi mereka yang concern dengan cita rasa, seperti misalnya di kedai-kedai kopi, kopi tubruk justru banyak yang tidak dicampur langsung dengan gula. Alasan utamanya adalah untuk menonjolkan karakter cita rasa kopi.

Disamping itu, kamu pasti sudah tahu kan kalau gula adalah salah satu penyebab berbagai masalah kesehatan. Sehingga perlu sedikit dikurangi.

Cara menyeduh kopi agar lebih nikmat

A. Memilih air yang tepat

90% atau mungkin lebih secangkir kopi terdiri atas air. Jadi wajar apabila air perlu mendapat perhatian khusus. Kunci agar kopi terasa lebih nikmat terletak pada pemilihan air yang kita gunakan untuk menyeduh kopi.

Menurut para ahli air mineral adalah yang paling bagus digunakan untuk menyeduh kopi. Karena air mineral bisa membantu mengeluarkan karakter kopi. Sebaliknya, hindari air yang berbau karena dapat merusak aroma kopi.

Air mineral tersebut direbus hingga suhunya mencapai 90 derajat Celsius. biasanya, untuk mencapai suhu tersebut kita perlu merebusnya selama kurang lebih 2 menit menggunakan kompor gas.

B. Memilih kopi terbaik

Selain air, pilihan kopi yang akan diseduh juga perlu dipertimbangkan. mungkin selama ini kamu sering minum kopi yang sudah digiling dalam waktu lama dan kemudian didiamkan atau ditempatkan di tempat yang terkena sinar atau cahaya lampu. Ternyata tidak banyak masyarakat awam yang tahu bahwa aroma dan cita rasa kopi bisa menurun seiring waktu terutama apabila terpapar cahaya.

Kalau kamu tertarik untuk merasakan nikmatnya kopi hitam kamu wajib mencoba biji kopi yang baru digiling.Dan hindari juga biji kopi yang sudah disangrai lebih dari 2 bulan.

Semakin halus hasil gilingan, maka rasa kopi akan semakin pahit dan akan semakin mudah melarutkan sari-sarinya.

C. Perbandingan jumlah air dan kopi

Jumlah atau rasio kopi dan air harus tepat agar tidak terlalu encer atau sebaliknya terlalu kental. Menurut para profesional, perbandingan air dan kopi yang paling pas adalah 1:15. 1 bagian untuk kopi dan 15 Bagian untuk air.

Jadi, kalau kamu menyediakan 20 gram kopi, maka airnya sebaiknya kurang lebih 30 ml.

D. Timing

Agar seduhan kopi bisa mengeluarkan aroma dan rasa terbaik, setelah diseduh, kopi sebaiknya diamkan selama kurang lebih 4 menit baru kemudian kemudian diseruput. Namun sebelum menyeruput kopi, terlebih dahulu menikmati aromanya dengan menghirupnya langsung dari cangkir. Hmmm….

0