Cara Menjaga Balita dari Gigitan Serangga

Balita sangat rentan terhadap berbagai penyakit dan tidak boleh terlalu sering terpapar bahan kimia berbahaya seperti yang berasal dari obat nyamuk atau yang berasal dari yang lainnya termasuk juga pestisida. Agar balita aman dan nyaman selama beraktivitas atau selama bermain-main, ada baiknya kamu melindungi mereka dengan cara-cara berikut ini.

  1. Gunakan anti nyamuk alami

Imun tubuh balita masih sangat lemah dan rentan terhadap berbagai serangan penyakit. Sehingga penyakit yang seharusnya tidak berakibat fatal bisa jadi sebaliknya, akan sangat mematikan bagi mereka.

Berbagai penyakit yang dibawa oleh nyamuk mulai dari malaria hingga demam berdarah sangat berbahaya apabila tertular pada balita. Dan salah satu cara untuk mencegah hal tersebut agar tidak terjadi adalah dengan menggunakan obat nyamuk alami.

Obat nyamuk alami yang bisa kamu temukan dan manfaatkan untuk melindungi anak dari gigitan nyamuk adalah dengan menggunakan minyak telon, minyak kayu putih, atau dengan menanam tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk. Beberapa diantara tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk adalah: serai wangi, bunga kecombrang, bunga rosemary, bunga lavender, dan bunga geranium.

Kamu bisa menanam bunga bunga tersebut di halaman atau bisa juga dijadikan sebagai tanaman indoor.

  1. Gunakan obat nyamuk yang aman untuk balita

Selain dengan memanfaatkan obat nyamuk yang terbuat dari bahan-bahan alami tersebut, kamu juga bisa memanfaatkan obat nyamuk yang memang diformulasikan khusus untuk mengusir nyamuk.

Berbagai jenis serangga berbahaya lainnya juga bisa diatasi dengan obat nyamuk. Namun, yang perlu kamu perhatikan adalah cara pemanfaatan atau penggunaannya.

Jika kamu memiliki anak kecil atau balita di dalam rumah, sebaiknya hidupkan obat nyamuk, apapun itu, entah itu obat nyamuk bakar, obat nyamuk semprot, atau obat nyamuk elektrik di ruangan yang masih kosong dan tidak digunakan.

Setelah itu matikan kurang lebih 1 jam sebelum ruangan tersebut digunakan untuk bermain-main oleh anak. Teknik ini adalah cara paling efektif untuk mengusir nyamuk dan mengusir semua serangga yang ada sekaligus untuk menghindarkan anak dari bahaya racun obat nyamuk.

Salah satu obat nyamuk paling terkenal yang aman dan terpercaya adalahHIT Obat Nyamuk.

Obat nyamuk HIT hadir dalam berbagai pilihan mulai dari obat nyamuk semprot, obat nyamuk bakar, obat nyamuk elektrik, dan non stop.

  1. Jaga kebersihan lingkungan

Lingkungan yang bersih akan membuat rumah menjadi terasa lebih nyaman, dan bebas dari nyamuk. Mulailah dengan menyiangi rumput di halaman depan dan halaman belakang, sebisa mungkin potong rumput yang terlalu tinggi atau ilalang yang sering dijadikan sebagai tempat bersembunyi oleh nyamuk.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan kondisi lingkungan di mana air sering tergenang. Pada musim hujan, biasanya beberapa sampah atau benda-benda seperti kaleng menampung air yang ujung-ujungnya akan dimanfaatkan oleh nyamuk sebagai tempat berkembangbiak. Agar lingkunganmu bebas dari nyamuk, kubur atau tanaman semua benda-benda yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

  1. Jangan sering membiarkan mainan berserakan

Di dalam rumah, kerapian dan kebersihan juga harus selalu dijaga. Sebisa mungkin, sapu dan rapi kan bagian-bagian rumah setiap hari.

Balita sangat suka bermain dan biasanya mereka tidak membereskan mainan setelah digunakan. Padahal, apabila tidak segera dibereskan, mainan-mainan tersebut akan menjadi tempat sembunyinya nyamuk.

Mainan-mainan seperti boneka, atau kardus, atau mainan-mainan yang terbuat dari plastik biasanya sangat rentan dijadikan sebagai tempat bersembunyi oleh nyamuk.

  1. Kenakan pakaian tertutup pada balita

Agar anakmu tetap sehat dan terlindungi dari berbagai bahaya gigitan nyamuk, kenakan pada mereka pakaian-pakaian yang tertutup namun tetap ringan serta tetap bisa membuat mereka bebas untuk bergerak.

Pakaian-pakaian tertutup akan mengurangi kesempatan bagi nyamuk menggigit anak-anak. Tidak hanya itu, kamu juga harus memilih pakaian yang berwarna cerah karena tidak disukai oleh nyamuk.

  1. Hindari memberikan sesuatu yang wanginya seperti bunga

Apapun itu mulai dari bedak atau minyak wangi, sebaiknya tidak diberikan pada balita terutama yang baunya seperti bunga karena hal tersebut dapat menyebabkan nyamuk tertarik untuk datang dan mendekat serta menggigit.

Begitu juga dengan ruangan tempat ia bermain, sebisa mungkin jangan gunakan pewangi ruangan yang berbau bunga. Sebaliknya, wangi ruangan yang berbau seperti lavender akan lebih bermanfaat untuk mengusir nyamuk.

artikel ini didukung oleh promescent spray

0