Cara menjaga agar gudang bebas nyamuk, Nyamuk adalah salah satu serangga yang sangat mengganggu. Dan hampir tidak mungkin menemukan serangga lain yang tingkat gangguannya melebihi nyamuk. Nyamuk tidak hanya dianggap sebagai hama akan tetapi juga terkadang membawa beberapa penyakit. Beberapa dari penyakit tersebut sangat mematikan contoh saja, demam berdarah dan malaria.

HIT Obat Nyamuk No 1 Indonesia

Nyamuk tidak hanya mengganggu manusia namun juga semua jenis hewan termasuk hewan peliharaan di rumah dan hewan ternak. Oleh sebab itu, populasi mereka sangat perlu untuk dikendalikan atau lebih baik lagi apabila diberantas.

Apabila memberantas nyamuk terdengar mustahil, namun mengurangi populasinya dengan mengurangi tempat-tempat yang disukainya akan membuat nyamuk sedikit berkurang terutama di rumah.

Salah satu tempat yang paling sering dimanfaatkan oleh nyamuk untuk bersembunyi adalah gudang. Gudang selain hangat, gelap dan terkadang lembab, ini merupakan tempat paling ideal bagi mereka untuk bersembunyi karena jarang dibersihkan.

HIT Obat Nyamuk Perlindungan Terinspirasi dari Ibu

Bagi kamu yang tidak ingin nyamuk berkeliaran dan bersembunyi di dalam gudang, ada beberapa cara untuk menjaga agar gudang di rumahmu bebas dari nyamuk.

  1. Manfaatkan perangkap nyamuk

Kamu bisa membuat sendiri perangkap nyamuk yang sederhana dan bisa kamu temukan tutorialnya di beberapa website termasuk juga di youtube.

Perangkap nyamuk adalah cara paling efektif untuk menarik nyamuk sekaligus membasminya. Dan cara ini juga efektif karena ditinggalkan dalam waktu yang lama. Sehingga, sangat cocok apabila diletakkan di dalam gudang.

Namun, cara ini memiliki kelemahan karena bahan-bahan yang digunakan biasanya justru menarik nyamuk untuk datang dalam jumlah yang lebih banyak.

  1. Hindari menggantung pakaian-pakaian bekas

Kita menyimpan apa saja di dalam gudang mulai dari boneka anak-anak yang tidak terpakai hingga pakaian-pakaian bekas. Agar gudang tidak menjadi sarang nyamuk, cobalah untuk memasukkan semua benda-benda yang terbuat dari kain ke dalam kardus dan kemudian disegel menggunakan lakban atau isolasi.

  1. Hindari meletakkan sesuatu yang basah di dalam gudang

Nyamuk bisa berkembang biak di tempat-tempat di mana air tergenang. Begitu juga dengan hobinya yang tinggal di tempat-tempat yang lembab dan sedikit tersembunyi serta gelap.

Untuk menghindari agar nyamuk tidak bersembunyi di dalam gudang diantara kardus-kardus yang hangat, dan diantara kain lap, pel, atau benda-benda basah lainnya, ada baiknya kamu menjemur semua barang-barang yang basah sebelum dimasukkan ke dalam gudang.

  1. Perhatikan sirkulasi udara

Pintu dan jendela gudang harus dibuka setidaknya seminggu sekali untuk mengganti udara agar tidak pengap dan lembab. Cara ini, selain untuk membuat udara di dalam gudang tetap sehat, juga dimaksudkan untuk membuat nyamuk agar tidak betah.

  1. Semprot gudang dengan obat nyamuk sebulan sekali

Jika kamu tidak memiliki banyak waktu, kamu bisa menyemprot gudang dengan semprotan obat nyamuk setidaknya sebulan sekali. Di luar sana ada banyak obat nyamuk yang dijual secara bebas serta efektif untuk membasmi nyamuk dan untuk mengusir nyamuk. Salah satunya adalah HIT Obat Nyamuk.

Menggunakan semprotan untuk membasmi nyamuk dan serangga di dalam gudang sangat direkomendasikan di samping menggunakan obat nyamuk bakar.

Namun menggunakan obat nyamuk bakar di dalam gudang sangat rawan terlebih apabila akan ditinggalkan. Karena, obat nyamuk bakar bisa tersenggol atau tertiup angin sehingga dapat menyebabkan kebakaran.

  1. Bersihkan secara rutin

Gudang memang jarang kita lihat dan jarang digunakan sehingga sering didiamkan begitu saja. Setidaknya satu bulan sekali kamu juga harus membersihkan gudang dari debu dengan menyapu, mengepel dan mengelap perabotan yang ada di dalamnya.

  1. Kemas benda-benda dengan kotak

Semua benda yang ada di dalam gudang sebaiknya ditempatkan di dalam kotak. Setelah itu diberi label untuk memudahkan pencarian benda, dan kemudian disusun di atas rak.

Mengemas semua barang-barang ke dalam kotak kemudian menyegelnya akan membantu menghindari nyamuk yang bersembunyi.

  1. Lindungi ventilasi dengan jaring kecil atau kasa

Ventilasi udara adalah salah satu jalan masuk nyauk ke dalam gudang. Jika kamu tidak ingin gudangmu dijadikan sebagai sarang persembunyiannya, maka sudah waktunya kamu memasang jaring atau kain kasa pada ventilasi. Dengan begitu, gudang akan bebas nyamuk walaupun kondisinya gelap dan jarang digunakan.

Baca juga :

  1. Cara Mencegah Gigitan Nyamuk di Luar Rumah
  2. Cara Bijak Menghindarkan Bayi dari Gigitan Nyamuk
  3. Macam-Macam Nyamuk dan Penyakit yang Dibawanya
  4. 9 Tips Penting Menghadapi Musim Hujan
  5. Mengenal Virus Zika, Gejala, Penyebab, dan Cara Menghindarinya
0