Cara Mencegah Gigitan Nyamuk di Luar Rumah, Nyamuk betina kebanyakan bisa hidup antara dua bulan hingga 3 bulan. Berbeda dengan nyamuk jantan yang umumnya lebih mudah mati biasanya hanya bertahan sekitar 10 hari atau lebih.

Namun ada juga beberapa nyamuk yang bisa berhibernasi sehingga bertahan hidup lebih lama antara 5 hingga 6 bulan, terutama di tempat-tempat yang bersuhu dingin seperti di daerah-daerah bersalju.

Nyamuk biasanya akan mulai muncul pada musim semi dan puncaknya adalah pada musim panas atau musim kemarau. Namun di negara-negara yang beriklim tropis serta memiliki cuaca yang cukup hangat seperti di Indonesia, nyamuk selalu ada sepanjang tahun.

Cara terbaik untuk mencegah agar berbagai penyakit yang disebabkan karena gigitan nyamuk seperti, virus chikungunya, demam berdarah, demam kuning, malaria, dan lain-lain, adalah dengan memanfaatkan anti nyamuk atau obat nyamuk.

Kamu bisa mengandalkan obat nyamuk seperti, HIT Obat Nyamuk atau merek lainnya. Kemudian ketika keluar ruangan, kamu juga bisa memanfaatkan anti nyamuk yang dioleskan.

Khusus apabila kamu keluar ruangan, kamu membutuhkan perlindungan ektra untuk menghindari gigitan nyamuk. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

  1. Gunakan pakaian untuk menutupi seluruh tubuh

Apabila kamu pergi ke tempat-tempat yang rawan dan banyak nyamuknya seperti kebun atau taman, atau ke tempat-tempat lain seperti danau, pastikan kamu melindungi tubuhmu dengan menggunakan pakaian yang tertutup.

Gunakan pakaian yang sedikit tebal jika kondisi cuaca sedang dingin karena terkadang nyamuk juga tetap bisa menggigit dari balik baju.

Gunakan pakaian atau baju lengan panjang dan celana panjang. Sebisa mungkin gunakanlah yang longgar dan bukannya yang berjenis legging dengan bahan spandex.

  1. Gunakan pakaian berwarna cerah

Menurut penelitian, pakaian-pakaian berwarna cerah sangat tidak disukai oleh nyamuk dan bisa melindungi kita agar tidak diincar oleh nyamuk.

Pakaian berwarna cerah, terutama yang berwarna kuning sangat efektif untuk menghalau nyamuk.

  1. Manfaatkan telon anti nyamuk

Minyak telon, selain bisa memberikan kehangatan, juga dapat difungsikan sebagai anti nyamuk. Cara ini sangat efektif untuk melindungimu dari gigitan nyamuk apabila kamu pergi ke daerah-daerah yang rawan nyamuk untuk berlibur atau hanya untuk sekedar menikmati suasana.

  1. Jangan lupa mandi dan pakai pewangi

Orang yang berkeringat terutama di bagian kepala cenderung lebih mudah menarik perhatian nyamuk. Itulah sebabnya mengapa kita sering mendengarkan nyamuk berterbangan di sekitar dekat telinga.

Namun apabila kamu menjaga kebersihan dengan mandi terlebih dahulu sebelum keluar ruangan dan menggunakan pewangi, kemungkinan besar kamu tidak akan didekati oleh nyamuk.

Namun ingat, nyamuk jantan dan betina sangat menyukai nektar bunga sehingga mereka cenderung tertarik apabila ada wangi-wangi bunga. Oleh karena itu, gunakanlah pewangi yang tidak berbau seperti bunga.

  1. Konsumsi jeruk dan vitamin B

Jeruk yang mengandung vitamin C serta vitamin B dapat membantu melindungi kita dari gigitan nyamuk karena nyamuk tidak suka dengan aroma dan rasanya.

Selain buah jeruk, sebenarnya kulit jeruk juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk.

Menurut beberapa penelitian, vitamin B dapat merubah rasa tubuh kita sehingga tidak disukai oleh nyamuk.

  1. Gunakan gel tanaman lidah buaya

Tidak ada salahnya menanam tanaman lidah buaya di pekarangan atau di depan rumah. Selain bisa menambah keindahan dan untuk menambah tempat-tempat hijau, tanaman lidah buaya memiliki banyak manfaat.

Tanaman lidah buaya selain bisa dikonsumsi dan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, bisa juga digunakan sebagai obat luar. Sejak zaman dahulu gel tanaman lidah buaya banyak dimanfaatkan untuk melindungi kulit dari gigitan nyamuk.

  1. Air lemon

Kalau kebetulan kamu memiliki lemon di rumah, kamu bisa memeras airnya kemudian mengoleskannya di kulit sebelum kamu keluar ruangan, terutama apabila kamu harus pergi ke tempat-tempat yang banyak nyamuknya.

Oleskan air lemon di bagian kulitmu yang tidak terlindungi oleh pakaian seperti di tangan dan lengan, di kaki, dan kemudian di tengkuk serta sebagian wajah dan kepala.

Apabila kamu pergi berwisata ke tempat-tempat tertentu, entah itu pantai atau air terjun, pastikan kamu juga melindungi diri dengan anti nyamuk oles agar lebih aman dan nyaman.

cara agar bisa bertahan di tempat bersuhu dingin, agar tidak didekato nyamuk