Cara Bijak Menghindarkan Bayi dari Gigitan Nyamuk, Bayi memiliki struktur tubuh dan organ tubuh yang masih lemah serta rentan sehingga harus dijaga dengan baik dan dirawat dengan telaten.

Seorang ibu harus menjaga kebersihan tangan dan kamar tempat ia meletakkan bayi. Bayi yang baru lahir hanya boleh disentuh apabila tangan ibu tersebut dalam keadaan bersih yang sebelumnya harus dicuci dengan menggunakan air mengalir, jika ingin mudah dan ringkas, ibu sebaiknya menyediakan hand sanitizer.

Bayi yang baru lahir cenderung mudah sakit dan mudah terkena berbagai bakteri serta virus sehingga kebersihan lingkungannya dan kebersihan ibu dari bayi tersebut sangat penting.

Namun, nyamuk adalah salah satu masalah lain yang seringkali sulit untuk diantisipasi. Terlebih jika lingkungan tempat tinggal kita adalah lingkungan dengan selokan dan parit tergenang serta banyak semak belukarnya.

Untuk menghindari agar bayi tidak digigit nyamuk, berikut adalah beberapa tipsnya.

  1. Gunakan kelambu

Bayi yang baru lahir sebaiknya dilindungi dengan menggunakan kelambu pada saat mereka tidur. Kelambu-kelambu kecil yang dijual di pasaran juga bisa dimanfaatkan. Namun selain itu, jika ingin lebih leluasa, terutama pada malam hari ketika ibu juga tidur, beli saja kelambu untuk ranjang yang lebar dan nyaman digunakan.

kelambu tersebut akan melindungi bayi dari gigitan nyamuk 24 jam tanpa harus menggunakan obat nyamuk yang mengandung racun.

  1. Hindari menggunakan obat nyamuk bakar

Obat nyamuk bakar adalah anti nyamuk paling berbahaya dari sekian jenis obat nyamuk yang lainnya. Obat nyamuk bakar biasanya mengeluarkan asap yang bisa terhirup oleh bayi sehingga menyebabkan mereka mengalami sesak napas atau kesulitan bernafas.

Sangat tidak dianjurkan meletakkan obat nyamuk bakar di kamar bayi, apapun merek dan jenisnya baik itu HIT Obat Nyamuk atau yang lainnya. Sebaliknya, setiap ibu dianjurkan menggunakan anti nyamuk yang bebas dari racun.

  1. Gunakan telon anti nyamuk

Minyak telon, selain dapat memberikan rasa hangat pada bayi, juga ada beberapa produk ini yang diformulasikan untuk menghindari gigitan nyamuk. Sehingga sangat efektif apabila digunakan pada bayi. Selain itu, produk ini juga tergolong aman bila diterapkan pada bayi, anak-anak, maupun orang dewasa.

  1. Jangan hidupkan obat nyamuk saat bayi tidur

Apabila terpaksa harus menggunakan obat nyamuk, entah itu obat nyamuk bakar, obat nyamuk elektrik atau yang lainnya, sebisa mungkin hindari menghidupkan obat nyamuk pada saat bayi sedang tidur.

Sebaliknya, gunakanlah obat nyamuk tersebut pada saat bayi berada di luar ruangan atau pada saat bayi tidak berada ditempat tersebut. Kemudian, matikan obat nyamuk setengah jam atau 1 jam sebelum membawa bayi kembali ke dalam kamar.

Cara ini efektif untuk mengusir nyamuk tanpa harus mengorbankan kesehatan bayi. Sebisa mungkin, hindari penggunaan obat nyamuk semprot dan hindari juga menyemprot di bagian tempat tidur.

  1. Pasang kaca atau jaring-jaring kecil di ventilasi

Agar nyamuk tidak masuk pada malam hari, kamu bisa memanfaatkan kasa atau jaring-jaring kecil yang bisa kamu beli di pasar untuk mencegah agar nyamuk tidak masuk.

Selain itu, kasa tersebut juga bisa bermanfaat untuk memblok debu dan kotoran sehingga tidak menyebabkan alergi dan kamar juga tidak mudah kotor.

  1. Manfaatkan kipas angin

Kipas angin bisa membantu untuk menyingkirkan nyamuk. Dan, kipas angin tidak seperti mitos-mitos yang banyak kamu dengar, dimana banyak yang mengatakan bahwa bayi tidak boleh diberikan kipas angin karena dapat menyebabkan mereka masuk angin, para ahli kesehatan justru berkata sebaliknya.

Kipas angin dapat mengurangi sindrom kematian bayi mendadak karena dapat memberikan sirkulasi udara yang lebih baik, terlebih apabila kipas bergerak tidak searah dan jendela dibuka.

  1. Hindari menumpuk pakaian di kamar

Pakaian pakaian bekas yang biasanya lembab dan sering ditumpuk di belakang pintu sebaiknya mulai disingkirkan. Karena bagian-bagian tersebut sangat disukai oleh nyamuk sebagai tempat mereka bersembunyi dan tinggal.

Selain itu, cobalah untuk selalu membersihkan kamarnya setiap hari dari debu dan kotoran. Sebisa mungkin tata dengan rapi semua perlengkapan bayi. Mulai dari bedak dan lain-lain. Tempatkanlah di tempat-tempat khusus misalnya kotak atau wadah tertentu yang tidak mudah dibuka.

Bau keringat atau bau tubuh manusia adalah salah satu yang bisa menarik perhatian nyamuk. Oleh sebab itu, sebisa mungkin ibu dari bayi harus rajin mandi agar nyamuk tidak tertarik untuk datang dan menggigit.

0