Cara Agar Menginap di Pantai Bisa Seru. Menginap di bibir pantai dengan membuat tenda dan tidur beralaskan pasir bisa jadi sangat menyenangkan, terlebih dengan adanya debur ombak serta angin yang sedikit bertiup kencang akan membuat suasana menjadi tidak biasa dan sangat menarik.

Bagi kamu yang belum pernah menginap di pinggir pantai, cobalah sesekali untuk meluangkan waktu pada akhir pekan, atau pada liburan-liburan tertentu, entah itu sendirian, bersama pasangan atau bersama anggota keluarga.

Cara Agar Menginap di Pantai Bisa Seru

Menginap di pantai sudah pasti seru. Akan tetapi, kamu juga perlu menyiapkan beberapa hal. Dan berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti jika berencana untuk menginap.

  1. Pilih pantai tujuan wisata

Pertama, kamu perlu memiliki pantai tujuan wisata yang paling tepat dan paling menyenangkan serta pastikan panti tersebut juga sering digunakan untuk menginap sehingga relatif aman.

Pantai-pantai yang lokasinya tidak jauh dari pemukiman penduduk atau pantai yang memang banyak selalu ramai, baik siang maupun malam, merupakan tempat-tempat yang cocok dijadikan sebagai tempat menginap.

Beberapa pantai yang sering dijadikan sebagai tempat menginap dengan membawa tenda diantaranya adalah, Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul Yogyakarta, Pantai Indrayanti juga di Gunungkidul Yogyakarta, Pantai Gatra yang ada di Malang, Jawa Timur, pantai ini memang menyediakan camping ground atau area berkemah, dan pantai-pantai lainnya.

  1. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai pantai yang akan kamu gunakan untuk camping

Informasi yang paling penting adalah, apakah air apabila pasang akan sampai ke tempat kamu menggelar tenda atau tidak? Apakah di sana aman untuk camping? Dan, bagaimana dengan logistik serta fasilitasnya. Apakah tersedia air bersih, warung-warung, serta keamanan?

  1. Memilih waktu yang paling tepat

Jika ingin pergi camping, waktu memang sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah. Namun memilih musim panas adalah salah satu option dimana suasana di malam hari kemungkinan besar akan cerah sehingga kamu akan dengan leluasa menatap bintang.

Selain itu, jika kamu tidak terbentur dengan jadwal, kamu juga bisa memilih waktu-waktu dimana bulan bersinar penuh atau pada saat bulan purnama, karena sudah pasti, selain sunset, melihat bulan muncul di ufuk timur menjelang malam adalah sesuatu yang langka.

  1. Membawa tenda dan kantung tidur

Tenda sebaiknya tahan air, terutama apabila musim hujan sehingga kamu tidak akan kebasahan. Selain itu, bahwa juga kantung tidur karena udara di pantai cenderung lebih dingin karena anginnya yang bertiup kencang.

Kamu juga bisa melengkapi dirimu dengan jaket, bantal, dan bed cover. Selain ringan dan ringkas, bantal dan bedcover akan membantu mun tidur lebih nyenyak dan lebih rileks sehingga bebas dari rasa tegang.

  1. Kegiatan menarik di pantai

Ada beberapa kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di pantai misalnya memancing, membuat api unggun, menatap bintang dan rembulan sambil rebahan di atas pasir merupakan kegiatan-kegiatan yang asik untuk dilakukan.

Selain kegiatan outdoor, kegiatan indoor juga tidak kalah menariknya. Apabila kamu menginap di pantai bersama pasangan atau bersama anak-anak, kamu bisa membawa kartu untuk bermain poker, membawa ular tangga, atau permainan-permainan lainnya yang seru dan menarik.

  1. Yang perlu kamu antisipasi

Menginap di pantai pasti seru dan asyik. Namun kamu juga harus mengantisipasi beberapa hal terutama:

Keamanan karena ada beberapa pantai yang cenderung sepi. Agar tetap nyaman saat menginap di pantai, pilihlah pantai-pantai yang memang sering didatangi oleh pengunjung pada malam hari atau pantai yang lokasinya tidak jauh dari perhotelan dan rumah penduduk.

Selain itu, kamu juga wajib mengantisipasi nyamuk. Karena berada di lokasi terbuka serta tidak jauh dari semak belukar, biasanya pantai juga banyak nyamuknya. Untuk mencegah agar tidak digigit nyamuk, kamu bisa berbekal anti nyamuk oles seperti Autan, minyak telon anti nyamuk, atau yang lainnya. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan obat nyamuk bakar dengan merek apapun, baik itu HIT Obat Nyamuk atau yang lainnya.

  1. Jangan lupakan powerbank

Berlibur ke pantai sudah pasti akan membuatmu kebingungan untuk mencari sumber tenaga listrik. Oleh sebab itu, pastikan kamu menyediakan power bank agar kamu tetap bisa menggunakan smartphonemu untuk mengambil momen-momen seru atau untuk menjaga baterainya agar kamu bisa bermain game dan membaca e-book favoritmu.

  1. Jangan lupa peralatan memasak

Jika kamu berencana untuk dinner di pinggir pantai dengan masak sendiri, maka kamu juga setidaknya harus membawa kompor yang menggunakan gas kecil atau kamu juga bisa membuat api unggun dengan mencari kayu di sekitar pantai, namun ingat, jangan lupa untuk membersihkan bekasnya esok pagi.

Selain itu, kamu juga harus membawa korek api dan peralatan memasak lain berupa panci dan ketel. Untuk piring dan gelas, manfaatkan saja piring dan gelas berbahan besi. Untuk lauknya, kamu sebenarnya bisa memancing di pantai. Namun tentu saja tidak ada jaminan kamu akan mendapatkan ikan.

Tertarik untuk berlibur ke pantai? Jangan lupa membaca beberapa tips dan trik mempersiapkan camping agar kamu tidak membuat kesalahan sehingga liburanmu tetap seru dan sempurna.

Baca juga :

  1. Asiknya Tinggal di Bali, Everyday is Holiday
  2. Cara Mencegah Gigitan Nyamuk di Luar Rumah
  3. Macam-Macam Nyamuk dan Penyakit yang Dibawanya
  4. Tips HIT Obat Nyamuk : 9 Cara Mudah Menghindari Nyamuk yang Membawa Virus Zika
  5. Review Nissan X-Trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik 2016
0