HIT Obat Nyamuk, Ada 2 isu utama yang paling concern kita hadapi saat menggunakan obat nyamuk bakar, yaitu isu kesehatan dan isu keselamatan atau keamanan seperti kebakaran. Sejak dahulu obat nyamuk bakar menjadi favorit banyak orang terutama karena harganya yang murah dan awet serta mampu mengusir nyamuk dengan cukup efektif.

Namun jika tidak hati-hati, obat nyamuk juga bisa berbahaya bagi kesehatan terutama dapat menyebabkan sesak nafas, batuk-batuk dan berbagai gangguan lainnya termasuk juga pusing. Selain itu, obat nyamuk bakar juga terkenal berbahaya terlebih apabila diletakkan di tempat-tempat yang mudah terbakar.

Agar tetap aman saat menggunakan obat nyamuk bakar, cobalah mengikuti 7 tips berikut ini.

  1. Gunakan alas berbahan metal

    Saat kamu mulai membakar obat nyamuk dan menggunakannya, terutama pada malam hari cobalah terlebih dahulu mencari wadah berbentuk piring atau yang lainnya yang terbuat dari bahan metal. Entah itu besi, kuningan, atau aluminium.

    Piring metal tersebut akan memberikan rasa nyaman dan aman karena tidak bisa terbakar.

  1. Tempatkan di tempat yang terlindung

    Selain mencegah kebakaran dengan menggunakan alas berbahan metal, kamu juga setidaknya harus menempatkan obat nyamuk bakar di tempat-tempat yang terlindungi.

    Karena apabila diletakkan sembarangan, bisa saja binatang peliharaan yang ada di rumah seperti anjing maupun kucing atau anak-anak menyenggol tempat obat nyamuk tersebut sehingga dapat menyebabkan sesuatu yang tidak diinginkan.

    Menempatkannya di bawah lemari, di samping lemari, atau di dekat tembok akan membuat obat nyamuk bakar lebih aman. Hindari meletakkannya di tempat-tempat yang biasa digunakan untuk lalu-lalang terutama di dekat pintu atau di tengah ruangan.

  1. Manfaatkan penyangga obat nyamuk

    Ada dua jenis obat nyamuk bakar. Yaitu model klasik yang berbentuk spiral atau seperti lingkaran dan yang terbaru adalah obat nyamuk bakar yang terbuat dari kertas.

    Biasanya model klasik datang dengan penyangga. Sebisa mungkin manfaatkan penyangga tersebut dan jangan gunakan kertas yang dilipat-lipat secara zig-zag karena mudah terbakar dan lebih berbahaya.

  1. Jauhkan dari jangkauan anak-anak maupun posisi duduk

    Meletakkan obat nyamuk terlalu dekat dengan tempat duduk sebenarnya tidak baik karena dapat mengganggu pernapasan yang disebabkan oleh asap dari obat nyamuk tersebut. Idealnya, letakkan obat nyamuk 1,5 meter atau 2 meter dari tempatmu duduk dan sebisa mungkin dekatkan dengan jendela agar asapnya lebih mudah untuk terbawa keluar.

    Bagi kamu yang memiliki anak kecil di rumah, menjauhkan obat nyamuk dari jangkauan mereka adalah sebuah keharusan. Selain bisa berbahaya dan dapat menyebabkan luka bakar, obat nyamuk juga dapat menyebabkan mereka mengalami sesak nafas, bisa tertelan, dan lain-lain.

  1. Hindari meletakkan obat nyamuk pada media yang mudah terbakar

    Kebiasaan kita, terkadang kita meletakkan obat nyamuk di pinggir meja yang terbuat dari kayu, selain itu, beberapa orang memanfaatkan kertas yang dilipat-lipat untuk meletakkan obat nyamuk agar tidak mudah mati. Namun sayangnya, cara tersebut sangat berbahaya, terlebih apabila ada tiupan angin kencang yang dapat menerbangkan kertas tersebut.

  1. Jangan meletakkan obat nyamuk di bawah kasur

    Meletakkan obat nyamuk di bawah kasur memang efektif dan ampuh dalam membasmi nyamuk maupun mengusir nyamuk dari tempat tidur sehingga kita pun bisa tidur dengan nyenyak.

    Akan tetapi, meletakkannya di bawah kasur akan membuat bahaya obat nyamuk meningkat dua kali lipat. Baik untuk keselamatan karena rentan terhadap kebakaran serta rentan juga menyebabkan seseorang mengalami gangguan pernapasan.

  1. Jangan gunakan obat nyamuk di ruang bayi

    Apapun jenis obat nyamuk yang kamu gunakan, terutama obat nyamuk bakar, sebisa mungkin jangan digunakan pada ruang bayi karena bisa sangat berbahaya. Selain racun nyamuk yang bisa terhirup oleh bayi, obat nyamuk bakar dapat menyebabkan sesak nafas dan membahayakan bayi sehingga mereka akan mengalami kesulitan bernafas.

  1. Agar aman, pilihlah obat nyamuk sesuai dengan kebutuhan dan yang paling tepat

    Obat nyamuk di luar sana jenisnya sangat beragam, begitu juga dengan merek dan pilihan kemasannya. Ada HIT Obat Nyamuk dan merek-merek lainnya yang cukup terkenal dan terpercaya.

    Ada obat nyamuk bakar, obat nyamuk elektrik, obat nyamuk cair, dan lain-lain. Belilah obat nyamuk yang sesuai dengan kebutuhan. Apabila ruanganmu tertutup, gunakan saja obat nyamuk elektrik yang lebih aman. Sedangkan apabila kamu berada di ruangan terbuka, obat nyamuk bakar bisa menjadi alternatif.

4