8 Tips Agar Tinggal di Kontrakan Tetap Nyaman –¬†Saat ini, harga tanah semakin melejit dan begitu juga harga properti yang bagi sebagian orang tidak terjangkau. Namun bukan hanya harga tanah yang menjadi alasan mengapa seseorang memilih untuk mengontrak rumah.

Ada juga sebagian orang yang mengontrak karena tuntutan pekerjaan sehingga harus berpindah pindah setiap tahun. Terlepas dari apapun alasan mengontrak rumah, agar bisa tetap nyaman dan betah saat tinggal, kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Cek terlebih dahulu kondisi rumah sebelum mengontrak

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek kondisi rumah mulai dari:

Ukuran rumah, apakah sesuai dengan kebutuhanmu atau tidak. Karena beberapa orang mungkin memiliki anggota keluarga yang sedikit lebih besar sehingga membutuhkan rumah yang juga luas serta memiliki lebih dari satu kamar.

  1. Pasokan air dan listrik

Air dan listrik merupakan dua kebutuhan primer yang tidak boleh diabaikan. Apabila air lancar, maka hal tersebut bisa menjadi salah satu indikasi bahwa anda akan betah saat tinggal, begitu juga dengan listrik apakah sering padam atau tidak? Untuk mengetahuinya, kamu bisa bertanya pada tetangga atau pada orang-orang di sekitarnya.

  1. Cek kebocoran

Memang tidak mudah mengecek apakah rumah tersebut bocor atau tidak terlebih apabila sedang tidak hujan. Namun ada satu cara yang sangat mudah untuk mengetahui apakah rumah tersebut bocor atau tidak, yaitu dengan melihat plafon atau langit-langitnya. Apabila ada bekas tetesan air atau jejak-jejaknya pada dinding maka rumah tersebut kemungkinan besar bocor. Tanyakan hal tersebut pada pemiliknya untuk mengetahui lebih lanjut.

  1. Tetangga dan lingkungan

Terkadang memang sulit untuk mengetahui tetangga seperti apa yang kita punya. Akan tetapi, apabila kita baik kepada orang, bagaimanapun tetangga yang kita miliki, biasanya mereka juga bisa terpengaruh dengan kebaikan yang kita punya. Tentu kita juga tidak berharap tetangga mau mengenal kita, setidaknya kitalah terlebih dahulu yang harus mulai memperkenalkan diri. Lingkungan juga harus menjadi perhatian serius. Sebisa mungkin pilihlah kontrakan yang lokasinya jauh dari tempat pembuangan sampah, pilihlah kontrakan yang lingkungan serta selokannya bersih dan lancar.

  1. Cari yang aksesnya mudah

Syarat selanjutnya untuk memilih kontrakan yang nyaman dan menyenangkan adalah, kamu harus memilih rumah yang lokasinya berada di tempat strategis. Jika rumahmu mudah diakses dengan kendaraan roda dua atau roda empat dengan jalanan yang baik, kemudian nilai plus jika rumahmu berlokasi dekat dengan pasar, sekolahan terutama untuk anakmu, dan dekat dengan pusat layanan kesehatan seperti klinik, apotik atau yang lainnya. Maka itu sudah lebih dari cukup.

  1. Manfaatkan rak dan kotak

Kita juga harus sadar bahwa kontrakan kebanyakan sempit dan kecil. Oleh karena itu, kita harus pandai-pandai menyimpan barang dan mengatur perabotan yang ada agar rumah tetap terkesan lapang dan nyaman.

Gunakan kotak untuk menempatkan benda-benda dan manfaatkan rak untuk menyusun kotak kotak tersebut agar lebih tertata, tidak makan tempat dan mudah dibersihkan.

  1. Perhatikan kebersihan rumah dan lingkungan

Kebersihan lingkungan adalah prioritas di samping kebersihan rumah yang harus tetap dijaga agar berbagai penyakit bisa dicegah. Karena seperti yang kita tahu bahwa orang yang mengontrak sudah pasti membutuhkan banyak uang untuk sewa sehingga untuk mengeluarkan biaya berobat dan lain sebagainya akan terasa sedikit berat.

Jadi, mulailah dengan bangun setiap pagi, kemudian beraktivitas, entah itu berolahraga atau yang lainnya terutama bersih-bersih rumah sebelum berangkat kerja.

Untuk melindungi keluarga dari nyamuk yang sering menjadi biang masalah. Kamu bisa menggunakan obat nyamuk jenis apapun. Namun pilihlah yang paling aman dan ekonomis. Ada banyak jenis obat nyamuk berkualitas yang dijual di pasar seperti HIT Obat Nyamuk atau yang lainnya.

  1. Jangan membeli barang terlalu banyak

Sebenarnya ini adalah tips yang sangat relatif dan tergantung pada setiap individu. Namun tidak membeli barang terlalu banyak, terutama kebutuhan sekunder akan membantumu menghemat banyak tempat sehingga rumah agar terkesan lebih lapang. Selain itu, jika kamu harus pindah suatu saat nanti, kamu pun tidak akan kerepotan. Demikianlah beberapa tips memilih tempat tinggal terutama kontrakan agar tetap nyaman.

Baca :

1