HIT Obat Nyamuk, 8 Tips Agar Rumah Selalu Bersih. Menjaga kebersihan rumah bisa dilakukan dengan banyak cara mulai dari melepaskan alas kaki di luar rumah, menggunakan gorden untuk jendela yang terbuka, tidak memanfaatkan karpet, meletakkan benda-benda yang tidak digunakan di dalam kotak atau kardus, serta masih banyak cara-cara lainnya yang akan membantumu menjaga rumah selalu tampak rapi dan bersih.

Bagi kamu yang selama ini kerepotan menjaga rumah agar tetap bersih, berikut adalah beberapa tips yang sebaiknya kamu ikuti.

  1. Mulailah dengan merapikan tempat tidur

Sebagai ibu rumah tangga, kamu harus tahu bahwa kamar adalah bagian dari rumahmu yang paling sering ditempati. Sebelum mulai membersihkan tempat-tempat lain, mulailah dari kamar tidur.

Merapikan tempat tidur kemudian melanjutkan dengan membersihkan perabotan serta benda-benda yang ada di atas meja termasuk juga meja.

Setelah itu, bersihkan jendela saat masih pagi karena apabila matahari sudah bersinar dengan cerah, tidak dianjurkan membersihkan jendela, terlebih apabila jendela tersebut terkena sinar matahari langsung karena dapat menyebabkan kaca mudah tergores saat menggunakan squeengee.

  1. Lanjutkan dengan mencuci piring dan perabotan

Setelah membereskan dan membersihkan kamar, kamu bisa melanjutkan dengan mencuci piring dan perabotan dapur. Cucilah piring sebelum kamu membersihkan tempat-tempat lain seperti meja, kompor dan menyapu lantai.

Setelah semua perabotan bersih, barulah kamu mulai untuk mengelap dan membersihkan meja termasuk juga kompor. Namun ingat, cobalah untuk memulai dari tempat yang bersih terlebih dahulu kemudian akhiri di tempat yang paling kotor agar kamu tidak menyebarkan kotoran dan bekerja dua tiga kali.

Gunakan aturan mencuci peralatan makan sesaat setelah digunakan kepada setiap anggota keluarga agar tugasmu lebih ringan.

  1. Tempatkan semua benda dimana seharusnya ia berada

Pada malam hari biasanya anak-anak juga suka bermain. Selain itu, anggota keluarga yang lain mungkin suka membaca. Kebanyakan diantara mereka sangat suka menghabiskan waktunya di ruang keluarga terutama di depan TV.

Jadi, benda-benda yang ditinggalkan di sana, mulai dari buku, koran, majalah, mainan dan lain sebagainya sebaiknya dibereskan.

Saat membereskan benda-benda tersebut, bawalah satu kotak yang akan kamu gunakan untuk menempatkan semua benda sebelum dikembalikan ke tempat asalnya. Kotak adalah cara efektif untuk mengurangi waktu dan tenaga untuk bolak-balik sehingga tugas bersih-bersih akan lebih cepat selesai.

  1. Lap meja setiap hari

Meja adalah salah satu bagian di rumah yang jarang mendapatkan perhatian namun paling sering digunakan. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengelap meja setiap hari agar tampak lebih bersih dan sehat.

  1. Pel lantai setelah menyapu

Apabila lantai kotor, seluruh rumah akan tampak kotor. Jadi, setelah kamu menyapu, cobalah melanjutkannya dengan mengepel lantai.

Saat mengepel setidaknya kamu harus memiliki dua buah pel, yaitu pel basah dan pel kering. Sesaat setelah kamu selesai mengepel dengan menggunakan per basah, lanjutkan dengan menggunakan kering agar lantai cepat kering sehingga debu tidak akan mudah menempel.

  1. Segera bereskan sampah

Namun jika kamu tidak ingin sering-sering menyapu dan membereskan segala sesuatu, kamu bisa menerapkan cara ini, yaitu dengan membereskan apapun yang berserakan di lantai sesegera mungkin. Jika ada kotoran atau noda kamu bisa langsung mengepelnya tanpa harus menunggu saat ada jadwal bersih-bersih.

  1. Simpan benda-benda yang tidak digunakan di dalam kotak

Saat anak-anak bermain, sebisa mungkin pilihlah mainan-mainan yang paling mereka sukai. Simpanlah sisanya di tempat yang tidak mudah terlihat sehingga mereka tidak terpancing untuk mengeluarkannya.

Selain itu, cara ini juga sangat efektif untuk menjaga agar rumah tampak lebih bersih, lebih rapi dan tidak merepotkan saat bersih-bersih.

Benda-benda yang sudah tidak digunakan sebaiknya disimpan di dalam kotak selalu ditempatkan di dalam gudang.

  1. Hindari menempatkan benda-benda di ruang tamu

Kebiasaan orang-orang zaman dahulu, mereka sering menempatkan lemari dengan pintu kaca transparan di ruang tamu dan meletakkan benda-benda seperti piring antik, gelas antik dan lain-lain. Walaupun gaya tersebut dapat memberikan kepuasan bagi pemiliknya, namun cara ini sudah dianggap kuno dan tampaknya dapat membuat sebuah tempat terlihat tidak rapi dan sampit.

Alih-alih menempatkan sebuah lemari yang penuh dengan barang-barang antik, cobalah ide-ide kreatif dengan membuat tempat-tempat unik yang menempel di dinding dan tidak makan banyak tempat.

Selain itu, kamu juga sebaiknya menempatkan keset di teras agar kotoran dan tanah, termasuk debu tidak ikut terbawa ke dalam rumah. Dengan begitu, rumah akan tampak selalu bersih bahkan apabila belum disapu sekalipun.

Baca :

0