8 Tipe Orang yang Disukai Nyamuk. Nyamuk membawa beberapa penyakit berbahaya sehingga harus diwaspadai. Beberapa diantara penyakit berbahaya tersebut adalah demam berdarah, penyakit kaki gajah, chikungunya, dan penyakit demam kuning. Selain itu, tentu saja masih ada beberapa penyakit lainnya seperti malaria misalnya.

Bagi kamu yang tinggal di daerah-daerah dengan iklim panas, sudah pasti nyamuk akan ada disekitarmu baik pagi, siang, maupun malam hari. Berbeda halnya apabila kamu tinggal di daerah-daerah dingin seperti di Kota Batu Malang, atau di tempat yang lain yang juga memiliki suhu dingin terutama dipegunungan, nyamuk biasanya lebih sedikit walaupun masih ada 1-2.

Nyamuk menggigit manusia dan tertarik pada manusia dengan beberapa alasan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan genetik seperti yang diungkapkan oleh Joe Conlon, PhD, seorang penasehat teknis American Mosquito Control Association, ia mengatakan bahwa nyamuk bisa mengidentifikasi unsur-unsur tertentu seperti unsur kimia yang ada pada tubuh manusia sehingga mereka lebih suka untuk mengerumuninya.

Satu contoh, orang yang memiliki konsentrasi steroid atau kolesterol cukup tinggi di permukaan kulitnya cenderung lebih menarik bagi nyamuk. Namun bukan berarti bahwa nyamuk hanya memangsa orang-orang yang memiliki kolesterol tinggi.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah 7 orang yang disukai oleh nyamuk.

  1. Orang yang kelebihan asam

Orang yang menghasilkan sejumlah asam tertentu di tubuh mereka, seperti asam urat juga ternyata lebih disukai oleh nyamuk. Dan sayangnya, seorang dengan kelebihan asam urat juga biasanya digigit oleh nyamuk tanpa mereka sadari.

Nyamuk bisa mencium aroma tertentu dari jarak 50 meter.

  1. Orang yang terengah-engah

Nafas kita mengeluarkan karbondioksida. Apabila kita merasa capek, biasanya kita akan bernafas terengah-engah sehingga karbondioksida yang dikeluarkan biasanya lebih banyak dibandingkan ketika kita bersantai. Ternyata bagi nyamuk, bau karbondioksida lebih menarik sehingga mereka senang mengerubutimu.

Jadi, apabila kamu berada di lapangan untuk berolahraga, kemungkinan besar nyamuk akan sangat tertarik kepadamu dibandingkan apabila kamu bersantai di rumah.

  1. Orang yang berkeringat

Kamu pasti tahu bahwa nyamuk sering berdenging di telinga kita atau terbang di sekitar kepala. Nyamuk terbang di sekitar telinga atau kepala sebenarnya karena mereka tertarik oleh asam laktat yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat.

Jadi, apabila kamu tidur dengan kepala berkeringat setelah melakukan sesuatu atau setelah beraktivitas, jangan heran apabila nyamuk kemudian akan senang berada di sekitar kepalamu.

  1. Orang dengan minyak wangi beraroma bunga

Jika ada dua orang pria dan wanita duduk bersamaan, kemungkinan besar nyamuk tersebut akan lebih memilih wanita untuk digigit.

Bukan tanpa alasan, mereka yang sering menggunakan pewangi, terutama yang berbau bunga lebih disukai oleh nyamuk karena nyamuk sebagian besar hidupnya dihabiskan untuk mencari nektar bunga.

Baik nyamuk jantan maupun nyamuk betina menyukai nektar bunga. Dan hanya nyamuk betina saja yang menggigit manusia karena mereka membutuhkan darah untuk telur mereka.

  1. Wanita yang sedang hamil

Tampaknya, wanita memang selalu menjadi sasaran empuk bagi nyamuk. Menurut penelitian, wanita hamil mengeluarkan karbondioksida lebih banyak dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil. Mereka mengeluarkan 21% karbon dioksida lebih banyak sehingga perhatian nyamuk akan lebih tertuju kepada ibu hamil.

  1. Orang dengan kulit dan pakaian gelap

Apabila kamu memiliki kulit gelap atau sering menggunakan pakaian pakaian berwarna gelap, nyamuk akan lebih tertarik kepadamu dibandingkan dengan orang yang berkulit putih atau sering menggunakan pakaian-pakaian cerah.

  1. Orang yang kelebihan kolesterol

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa orang yang cenderung memiliki kolesterol berlebihan di permukaan kulitnya cenderung lebih menarik bagi nyamuk dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki kelebihan kolesterol.

  1. Orang dengan golongan darah O

Orang dengan golongan darah O selalu menjadi incaran nyamuk dibandingkan dengan mereka yang memiliki golongan darah lain.

Jadi, bagi ibu hamil, sangat penting untuk menjaga kebersihan diri dan sebisa mungkin cobalah untuk menghindari gigitan nyamuk karena cukup berbahaya. Beberapa penelitian mengatakan bahwa ada beberapa virus dari nyamuk yang dapat mempengaruhi bayi di dalam kandungan. Virus tersebut bisa menyebabkan bayi lahir dengan kepala kecil dan kesulitan untuk berkembang serta kesulitan untuk belajar.

Untuk mengusir nyamuk, kamu bisa menggunakan banyak hal. Mulai dari yang alami hingga menggunakan produk-produk yang memang diformulasikan untuk mengusir nyamuk seperti HIT Obat Nyamuk atau produk-produk lainnya. Namun ingat, selalu gunakan produk-produk tersebut sesuai dengan anjuran yang tertera pada labelnya atau sesuai dengan standar kesehatan.

0