7 Penyebab Kebakaran Rumah yang Wajib Kamu Waspadai

Musibah memang terkadang tidak bisa kita duga dan tidak dapat di cegah. Namun bukan berarti kita boleh pasrah terhadap nasib tanpa meningkatkan kewaspadaan. Kebanyakan musibah disebabkan karena human error, walaupun sebagian lainnya disebabkan karena kejadian alam atau sesuatu yang tidak disengaja.

Kebakaran adalah salah satu jenis musibah yang hampir saban hari kita dengar di berita-berita. Terlebih, saudara-saudara kita yang tinggal di daerah-daerah sempit yang rumahnya berdempetan, serta mereka yang masih menggunakan rumah yang terbuat dari papan, biasanya sering kita temukan di luar Pulau Jawa seperti Kalimantan, Sulawesi atau bagian timur Indonesia.

Untuk meningkatkan kewaspadaan dan untuk meminimalisir serta mencegah terjadinya kebakaran rumah, ada baiknya kamu mewaspadai 7 hal berikut ini.

  1. Meletakkan obat nyamuk di bawah tempat tidur

Saya menulis artikel ini karena terinspirasi oleh artikel lainnya saya baca beberapa jam yang lalu. Dalam artikel tersebut dituliskan bahwa untuk menjaga kesehatan kita sebaiknya meletakkan obat nyamuk di bawah tempat tidur.

Namun sayangnya, ide tersebut walaupun memang tidak salah karena sudah pasti nyamuk sering bersarang di bawah tempat tidur yang lembab dan gelap, ada faktor lain yang sangat berbahaya dan wajib diwaspadai yaitu kebakaran.

Meletakkan obat nyamuk di bawah tempat tidur atau dekat dengan tempat tidur sangat berpotensi menyebabkan kebakaran karena selamat kita tidur, kita tidak menyadari apa yang kita lakukan sehingga dapat saja menyebabkan bantal, guling, atau selimut jatuh dan menimpa obat nyamuk yang sedang menyala.

Begitu juga apabila diletakkan dibawah tempat tidur, terkadang kolong tempat tidur tidak rajin dibersihkan sehingga ada banyak jelaga yang berpotensi juga dapat menyebabkan kebakaran dari obat nyamuk merembet.

Agar tetap sehat, bebas dari bahaya kebakaran serta agar tidak ribet, sebaiknya letakkan obat nyamuk bakar di tempat yang agak jauh dari tempat tidur dan jangan lupa memberikannya alas berupa piring besi untuk menjaga keamanan.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan alternatif lain dengan memanfaatkan obat nyamuk elektrik atau obat nyamuk cair. Saya sendiri di rumah lebih memilih menggunakan HIT obat nyamuk dengan jenis elektrik karena tidak banyak mengganggu, tidak merepotkan dan tidak menyebabkan sesak nafas.

  1. Meninggalkan HP yang sedang di charger

Pada umumnya smartphone yang kita gunakan hanya mampu bertahan selama sehari, itu pun jika digunakan dengan penggunaan standar.

Pada malam hari sebelum tidur, beberapa diantara kita memiliki kebiasaan untuk mencharger HP lalu meninggalkannya nonton TV, atau terkadang kita melupakannya dan langsung tidur.

Saya juga memiliki kebiasaan tersebut dan acapkali mengingatkan diri untuk tidak mengulanginya karena sangat berbahaya. Charger Hapemaupun smartphone atau gadget yang lainnya akan sangat panas dan bahkan bisa menimbulkan ledakan dan memancing kebakaran apabila dibiarkan terkoneksi ke listrik dalam waktu yang sangat lam.

Jadi, cobalah untuk selalu waspada dan hindari meninggalkan hapedengan kondisi di-charger sebelum tidur.

  1. Konsleting listrik

Ini adalah pemicu kebakaran yang seringkali jarang dapat diantisipasi. Hubungan arus pendek bisa terjadi karena terkelupasnya kabel, entah itu digigit tikus atau karena stop kontak yang dipenuhi semut.

Tempatnya yang tidak terlihat membuat hubungan arus pendek penyebab kebakaran sangat sulit terdeteksi dan hampir tidak bisa diantisipasi.

Namun, jika kamu merasakan ada sesuatu yang salah dengan listrik dirumahmu, misalnya tiba-tiba aja jeglek, cobalah untuk mengecek kondisi kabel terutama di atas langit-langit.

  1. Tidur dengan lilin menyala saat mati lampu

Bagi kamu yang tinggal di Jawa, mungkin mati lampu adalah sesuatu yang jarang banget terjadi. Tidak seperti saya yang berasal dari luar Jawa, mati lampu itu sudah biasa. Bahkan ada beberapa daerah yang mengalami mati lampu hampir setiap hari.

Namun yang paling menghawatirkan, apabila lampu mati pada malam hari dalam waktu yang lama dan kemudian memaksa kita untuk menggunakan lilin sebagai penerangan.

Yang perlu kamu waspadai, jangan letakkan lilin di permukaan yang mudah terbakar seperti kayu atau di atas meja tanpa alas. Sebaliknya, cobalah menggunakan piring besi atau wadah besi sebagai alas. Jangan gunakan piring yang terbuat dari kaca atau beling karena berpotensi pecah apabila terkena panas.

  1. Merokok sambil tiduran

Mereka yang memiliki kebiasaan merokok, merokok dalam kondisi apapun sering mereka lakukan entah itu sambil berdiri, duduk, bahkan tidak sedikit yang merokok sambil berbaring di tempat tidur.

Merokok sambil tidur sangat berbahaya karena bara api dari rokok bisa saja jatuh ke kasur dan menyebabkan kebakaran. Selain itu, bagi kamu yang biasa merokok cobalah untuk selalu membiasakan diri mematikan puntung rokok sebelum dibuang.

  1. Kompor gas

Sekarang kita sudah semakin jarang mendengar kompor gas yang meledak. Namun bukan berarti kita boleh lengah. Namun sebaliknya, kita tetap harus waspada.

Selalu periksa apakah ada kebocoran pada saat memasang kompor, selalu cek klam (sabuk) pengikat selang, dan jangan lupa untuk melepas selang kompor dari gas elpiji apabila akan ditinggalkan lebih dari satu hari.

  1. Membakar sampah pada malam hari

Terkadang angin bertiup kencang pada malam hari. Dan, membakar sampah pada malam hari bukanlah ide yang baik. Ini adalah salah satu penyebab kebakaran rumah yang patut untuk kamu waspadai.

Sebisa mungkin, jangan bakar sampah pada malam hari dan jangan meninggalkannya sebelum dimatikan. Sebisa mungkin, sebakarlah sampah di tempatnya atau lindungi dengan menggunakan drum.

artikel ini didukung oleh promescent spray

0