Pada saat kita bekerja, entah itu pada siang hari maupun malam hari, selalu ada saja yang bisa mengganggu kita dan membuat konsentrasi kita buyar sehingga pekerjaan tidak selesai tepat waktu atau tidak sesuai dengan target. Pengganggu tersebut bisa berupa teman atau rekan bekerja, bisa berupa serangga seperti nyamuk, atau bisa juga berupa rasa malas.

Setidaknya ada 7 pengganggu yang sering membuat pekerjaan kita jadi terbangalai, dan harus segera diatasi. Berikut adalah penggangu-pengganggu tersebut.

  1. Rasa kantuk

Tidak peduli apakah kamu bekerja di siang hari atau bekerja di malam hari, rasa kantuk biasanya bisa datang kapan saja dan membuat kita malas untuk melakukan aktivitas, terutama yang ada hubungannya dengan pekerjaan.

Ngantuk bisa disebabkan banyak hal diantaranya adalah: kurang tidur pada malam hari, terlalu kenyang, atau bisa juga disebabkan karena udara yang semilir-semilir.

Agar ngantuk tidak mengganggu konsentrasimu saat bekerja, ada baiknya kamu tidak makan terlalu kenyang pada siang hari. Karena pada siang hari adalah saat dimana tubuh kita mulai merasa lelah dan membutuhkan istirahat. Tips terbaik untuk melawan ngantuk pada siang hari, makanlah makanan yang sehat dan jangan terlalu banyak. Pilihlah sayuran yang rendah lemak serta bergizi seperti sayuran berdaun hijau dan minumlah minuman yang segar seperti jeruk hangat atau jus buah.

Selain mengkonsumsi makanan yang sehat, agar kamu tidak mengantuk, hindari makan di dalam kantor atau di dalam ruangan bekerja. Sebaliknya, kamu dianjurkan untuk mencari tempat di luar ruangan atau diluar tempat bekerja agar kamu sempat untuk berjalan-jalan dan sempat untuk menikmati suasana (refreshing).

  1. Nyamuk

Jika kamu bekerja di gudang, pengganggu yang paling utama adalah nyamuk. Tidak hanya itu, pada saat kamu bekerja di rumah pada malam hari, nyamuk bisa jadi adalah pengganggu yang wajib kamu singkirkan.

Untuk menyingkirkan nyamuk, tidak ada cara lain selain dengan menggunakan obat nyamuk. Obat nyamuk yang bisa kamu pilih ada banyak macam dan merknya. Salah satu yang direkomendasikan adalahHIT Obat Nyamuk.

Selain dengan menggunakan obat nyamuk, sebenarnya kamu juga harus menjaga lingkunganmu agar tetap bersih sehingga tidak dijadikan sebagai sarang oleh nyamuk. Hindari menggantung baju yang sudah dipakai terlalu lama dan terlalu banyak. Kemudian, perhatikan juga lingkungan di sekitarmu. Apabila musim hujan tiba, cobalah untuk menyingkirkan benda-benda yang kemungkinan besar bisa menampung air.

  1. Rasa malas

Biasanya ketika kita kehilangan motivasi, rasa malas akan muncul. Sebaliknya apabila kita tidak menyukai atau tidak mencintai pekerjaan yang kita geluti, rasa malas untuk berangkat bekerja juga membuat apa yang kita lakukan terasa berat, dan bahkan tidak bisa mencapai target.

Untuk mengatasi rasa malas, kamu perlu untuk mencari sesuatu yang dapat memotivasimu. Entah itu berupa sesuatu yang kamu cita-citakan, target, atau mungkin kamu juga bisa mendapatkan motivasi dari pasangan dan orang tua. Dengan adanya keinginan untuk membahagiakan pasangan serta orang tua akan membuatmu bekerja lebih giat sehingga rasa malas bisa teratasi.

  1. Kebisingan

Seseorang yang yang bekerja membutuhkan konsentrasi penuh agar pekerjaannya bisa selesai tepat waktu atau targetnya bisa terpenuhi. Namun seringkali kebisingan membuat konsentrasi buyar dan bekerja pun menjadi lebih lambat. Kebisingan bisa berasal dari mana saja dan dari apa saja. Biasanya kebisingan bisa berasal dari teman sekantor yang doyan gosip, atau berasal dari televisi, bisa juga berasal dari musik yang diiringi dengan lagu. Selain itu kebisingan juga bisa berasal dari gadgetmu yang terus menerus memunculkan notifikasi.

  1. Rasa lelah

Rasa lelah biasanya diakibatkan karena kita kurang tidur atau tidur terlambat pada malam hari. Masalah ini kamu harus pandai pandai mengatur waktu dan sebisa mungkin cobalah untuk selalu tidur tepat waktu misalnya antara 21.00 atau pukul 22.00 malam

Agar tidurmu nyenyak, matikan televisi dan semua perangkat elektronik termasuk gadget. Jika kamu tidak ingin mematikan gadget, aktifkan saja mode silent. Jika kamu tetap kesulitan untuk tidur menghadap malam hari, cobalah beberapa tips berikut ini.

Mandilah satu jam sebelum tidur. Dan bagi perempuan, sebisa mungkin jangan tidur dengan rambut basah. Mandi pada malam hari tidak menyebabkan seseorang mengalami rematik dan dalam dunia medis hal tersebut tidak dikenal. Sebaliknya, mandi pada malam hari dapat membuat badan menjadi lebih segar dan tidur menjadi lebih mudah dan lebih pulas. Hindari makan berlebihan, karena makan yang terlalu banyak dapat menyebabkan kita kesulitan tidur atau tidur kita menjadi tidak nyenyak.

  1. Rekan kerja

Rekan kerja yang selalu mendatangi ruang kerja kita dan selalu membutuhkan sesuatu, entah itu sekedar bertanya, ingin meminjam barang, atau yang lainnya. Semua itu seringkali membuat pekerjaan kita tersendat-sendat. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa berbicara langsung empat mata dengan temanmu agar ia tidak terlalu sering mengganggu.

  1. Messenger

Gadget yang terinstal dengan berbagai jenis messenger mulai dari BBM, Whatsapp, atau messenger dari Facebook yang terus-menerus mengeluarkan notifikasi adalah pengganggu yang harus kamu pertimbangkan pada saat bekerja ada baiknya kamu mengaktifkan atau menonaktifkan notifikasi dari masing-masing messenger tersebut.

0