Kita sering tidak sadar telah melakukan hal-hal yang merugikan diri sendiri yang disebabkan karena ketidaktahuan atau karena kebiasaan buruk yang kita kembangkan sejak dulu. Contoh, mengkonsumsi makanan olahan seperti kue-kue dan donat untuk sarapan, sangat tidak dianjurkan dan tidak sehat karena makanan-makanan tersebut miskin nutrisi alias rendah gizi, air, dan serat. Di pagi hari tubuh dan otak kita sangat membutuhkan sumber energi untuk membantu agar tubuh dan otak bisa bekerja maksimal. Selain itu, dibutuhkan juga sumber nutrisi untuk memenuhi kebutuhan sel-sel tubuh.

7 Makanan Ini Sebaiknya Tidak kamu Konsumsi Saat Pagi

Makanan tersebut bukanlah satu-satunya makanan yang harus dihindari di pagi hari, melainkan ada beberapa makanan dan minuman lainnya yang sebaiknya tidak dikonsumsi pada saat pagi, seperti :

Jus buah

Alasan mengapa kamu sebaiknya tidak minum jus buah adalah karena kandungan gulanya sangat tinggi. Bahkan jika jus tersebut terbuat dari buah-buahan segar dan alami. Kandungan gula alami di dalam buah-buahan akan semakin tinggi apabila dijadikan jus. Jika jika ditambahkan dengan gula dan susu, sudah pasti jumlah kalorinya akan meningkat beberapa kali lipat.

Walaupun kamu butuh makanan yang bisa dijadikan sebagai sumber energi, namun gula bukanlah pilihan. Karena gula cepat habis saat digunakan sebagai energi. Atau sebaliknya mudah disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak jika tidak digunakan.

Jika kamu ingin meningkatkan kesehatan dan kinerja sehari-hari, mulailah mengurangi gula (jus). beralihlah ke makanan utuh.

Roti dengan selai

Roti yang diolesi selai banyak dipilih untuk sarapan karena praktis dan proses pembuatannya cepat. Tapi tahukah kamu, roti dengan selai adalah sumber karbohidrat murni yang miskin nutrisi. Jadi, kalau kamu memang harus makan roti di pagi hari, misalnya roti panggang, pastikan kamu menambahkan sumber protein dan nutrisi seperti telur atau daging non-olahan serta sayur-mayur.

Daging olahan

Ada banyak bentuk daging olahan yang tampaknya sehat namun sebenarnya tidak sehat, mulai dari bakso, sosis, burger isi daging, dan lain-lain. Berbagai jenis daging olahan tersebut biasanya banyak mengandung nitrat, yaitu sejenis bahan kimia yang dikait-kaitkan dengan kanker kolorektal oleh American Institute for Cancer Research.

Burger

Ketika enggak sempat sarapan di rumah, kamu mungkin lebih tertarik untuk mampir ke restoran siap saji untuk memesan burger. Walaupun terlihat sehat karena ada tambahan beberapa jenis sayur dan daging, namun sejatinya burger lebih banyak mengandung karbohidrat sederhana karena terdiri atas roti putih dan daging olahan yang tidak banyak mengandung vitamin atau mineral.

Es krim dan saus coklat

Walaupun tidak biasa, namun banyak orang yang memilih makan es krim di pagi hari. Padahal, Es krim banyak mengandung gula yang sangat tidak baik bagi kesehatan. Apalagi jika ditambahkan dengan lumuran saus coklat.

Nasi goreng

Hidangan lain yang sering dijadikan sebagai menu sarapan adalah nasi goreng. Nasi goreng sebaiknya tidak dijadikan sebagai menu sarapan karena seringkali hanya terdiri atas: nasi, sedikit telur atau daging ayam. Selain banyak mengandung lemak trans yang bersumber dari minyak goreng, nasi goreng jarang disajikan dengan tambahan sayur-sayuran bergizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

0