Jogja adalah salah satu destinasi wisata populer di Indonesia yang menawarkan aneka rupa tempat wisata menarik, mulai dari candi (Prambanan), wisata sejarah dan museum, keraton, wisata alam, hingga pantai. Kota pelajar ini tidak hanya dikenal sebagai kota romantis yang cocok dijadikan sebagai tujuan liburan, tapi, kota ini juga menawarkan aneka rupa kuliner yang enak dan nikmat.

7 Kuliner Jogja yang Wajib Kamu Cicipi Saat Berkunjung

Nah, kalau suatu saat kamu berencana untuk main-main ke Jogja, makanan-makanan khas Jogja ini wajib kamu cicipi.

Gudeg

Gudeg pasti berada di urutan paling atas daftar makanan khas Jogja yang gak boleh kamu lewatkan. Karena ini merupakan ikon kuliner wisata Jogja. Beberapa warung gudeg terkenal di Jogja yang bisa kamu pilih di antaranya adalah:

  • Gudeg Yu Djum di Jalan Wijilan dan di Jalan Adisucipto
  • Gudeg Pawon beralamat di Jalan Janturan
  • Gudeg Permata Bu Pujo berlokasi di Jalan Gajah Mada
  • Gudeg Bu Djuminten di Jalan Asem gede
  • Gudeg Sagan di Jalan prof. Dr Yohanes

Bakpia pathuk

Bakpia pathok adalah kuliner Jogja lainnya yang biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh selain gudeg. Oh iya, kalau kamu tertarik untuk bawa oleh-oleh gudeg, ada baiknya kamu pilih gudeg kering atau gudeg kalengan yang tahan lama.

Sedangkan bakpia, bisa kamu beli di banyak tempat di Jogja, terutama di sekitaran Malioboro sambil jalan-jalan.

Yangko

Makanan ringan selain bakpia yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh adalah Yangko yang punya cita rasa manis kenyal. Makanan khas Jogja ini sudah mulai langka, tapi tetap bisa kita temukan terutama di dekat Pasar Beringharjo (Malioboro).

Nasi kucing

Nasi kucing adalah nasi khas Angkringan yang biasanya dibungkus daun pisang, dilengkapi dengan lauk: tahu/tempe atau sambal teri. Nasi bungkus sebesar kepalan tangan orang dewasa ini bisa dinikmati di Angkringan dengan bermacam-macam lauk, mulai dari tahu bacem, bakwan, ceker, sate telur puyuh, dan lain-lain.

Kopi Joss

Kalau kamu sempat mampir ke Angkringan Tugu yang ada di bagian utara Jalan Malioboro, atau tepatnya di seberang rel kereta api Stasiun Tugu, jangan lupa memesan Kopi Joss yang terkenal unik.

Coklat Monggo

Kuliner khas Jogja lainnya yang hanya bisa kamu temukan di kota pelajar ini adalah Coklat Monggo (Chocolate Monggo), yang bisa kamu temukan salah satunya adalah di pusat pembuatan Coklat Monggo yaitu di, Jalan Mantrijeron, Yogyakarta.

Lauk bakar

Kalau kamu kebetulan pengen menikmati nasi kucing di Angkringan, kamu juga mesti coba kebiasaan mahasiswa sana yang suka pesan lauk bakar untuk menemani makan nasi kucing.

Kamu bisa pesan bakwan, sate kerang, sate usus, sate telur puyuh, ceker, dan lain-lain untuk dibakar di atas arang layaknya sate, kemudian di nikmati sebagai lauk makan nasi kucing. Yummy…

0