Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan pada akhir pekan, mulai daricamping, tamasya, rekreasi, menghabiskan waktu bersama keluarga, bersantai, atau melakukan kegiatan-kegiatan positif yang bisa menyehatkan badan, bisa membantu menjaga lingkungan, serta bisa membantu menjaga kesehatan masyarakat.

Terlepas dari apapun kegiatan yang akan kamu lakukan pada akhir pekan, berikut adalah 7 kegiatan menyenangkan yang bisa menjadi alternatif.

  1. Baca buku favorit di taman

Salah satu kegiatan yang paling menyenangkan untuk dilakukan pada akhir pekan adalah membaca buku yang kamu sukai. Apabila kamu tidak memiliki banyak uang untuk pergi rekreasi, maka membaca buku-buku yang paling kamu suka ini bisa membantumu keluar dari stres.

Karena seperti yang kita tahu bahwa, tekanan bertubi-tubi yang kita dapatkan mulai dari hari senin hingga jumat-sabtu seringkali membuat kita stres dan lelah. Padahal, dokter sangat menganjurkan kepada setiap orang untuk menghindari stres dan kelelahan karena dapat memancing berbagai penyakit.

Untuk melupakan sejenak kesibukan dan untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks, tidak ada salahnya membaca di taman sambil menikmati suasana. Kalau kebetulan di taman tersebut ada banyak nyamuk sehingga membuatmu kesulitan untuk berkonsentrasi, tidak ada salahnya untuk membawa obat nyamuk bakar yang simpel dan sederhana namun efektif untuk mengusir nyamuk.

  1. Kunjungi nenekmu

Jarang sekali kita berpikir bahwa menghabiskan akhir pekan di rumah nenek bisa menyenangkan walaupun hanya untuk membantunya membersihkan rumah, atau sekedar menjenguknya. Padahal, nenek adalah salah satu bagian dari keluarga yang sangat memerlukan perhatian. Jika kebetulan rumahmu berlokasi tidak terlalu jauh dari rumah nenek, tidak ada salahnya untuk rutin menjenguknya.

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di rumah nenek dan yang pasti, silaturahmi akan terus terjaga.

  1. Mencoba resep baru

Bagi kamu ibu-ibu rumah tangga, atau bagi kamu yang hobi masak, tidak ada salahnya menghabiskan akhir pekan dengan mencoba resep-resep baru yang kamu idam-idamkan selama ini.

Menyibukkan diri di dapur untuk mencoba resep baru, entah itu berupa masakan atau kue-kue, adalah kegiatan yang selalu menyenangkan. Terlebih jika masak-masak tersebut dilakukan bersama sahabat atau pasangan tercinta.

  1. Membersihkan gudang

Gudang selalu menjadi sarang nyamuk apabila tidak rutin dibersihkan setiap bulan. Pada akhir pekan ini, tidak ada salahnya untuk merencanakan membersihkan gudang.

Ada beberapa tips membersihkan gudang yang perlu kamu ingat, diantaranya adalah:

  • Terlebih dahulu semprot seluruh bagian gudang dengan menggunakan anti serangga agar serangga yang ada di sana mulai dari nyamuk, kecoa, dan binatang lainnya mati atau setidaknya keluar dari gudang tersebut.
  • Biarkan selama kurang lebih 1 jam sebelum kamu membersihkan gudang tersebut. Dan jangan lupa membuka semua jendela serta ventilasi agar sirkulasi udara masuk.
  • Gudang seringkali dimanfaatkan oleh nyamuk sebagai tempat bersembunyi terutama pada musim dingin karena ada banyak kadus hangat di dalam gudang.
  • Untuk menyemprot berbagai serangga yang ada, manfaatkan saja HIT Obat Nyamuk semprot yang aman dan cukup ampuh untuk mengatasi berbagai jenis serangga berbahaya.
  1. Membersihkan toilet

Toilet adalah bagian dari rumah yang harus mendapatkan perhatian setiap minggu. Jika kamu tidak memiliki waktu untuk membersihkan toilet dua atau tiga kali seminggu, maka membersihkannya sekali seminggu adalah kegiatan yang wajib kamu lakukan.

Karena toilet atau kamar mandi selalu digunakan setiap hari oleh anggota keluarga. Sehingga, apabila tempat ini kotor dan jorok, kemungkinan besar keluarga akan mudah sakit.

  1. Menyiangi rumput di halaman

Mungkin halaman depan atau halaman belakang rumahmu sudah mulai ditumbuhi rumput-rumput yang tampaknya kian tinggi. Daripada membiarkannya terlihat sangat kumuh, cobalah untuk menyiangi rumput-rumput yang ada, atau kamu bisa memanfaatkan sabit untuk memotongnya.

  1. Merapikan rumah

Merapikan rumah adalah kegiatan menarik dan menyenangkan di akhir pekan yang bisa kamu lakukan. Mungkin kamu memiliki rencana tersendiri untuk mendekor ulang rumahmu. Tentu saja kegiatan tersebut akan sangat bermanfaat terlebih jika rumahmu terasa sempit.

Cobalah untuk mencari beberapa alternatif agar rumahmu tampak lebih rapi dan menyenangkan untuk dijadikan sebagai tempat tinggal. Tidak hanya merapikannya, mungkin kamu juga memiliki beberapa ide untuk merubah warna cat dan memberikan hiasan tertentu di tembok.

0