7 Ide Liburan dengan Anak. Untuk berlibur bersama anak-anak kita sebenarnya bisa saja bebas menentukannya, dan biasanya anak-anak tetap bisa menikmati situasi dan kondisi apapun. Selama mereka bisa bermain, mereka akan senang.

Namun tetap saja ada beberapa pertimbangan yang harus kamu pikirkan saat mengajak serta anak-anak saat berlibur. Tempat-tempat tersebut selain menyenangkan juga harus memiliki nilai pendidikan. Walau tidak selalu demikian, setidaknya pilihlah tujuan wisata yang paling digemari oleh anak-anak.

Berikut adalah beberapa tips memilih tempat wisata (liburan) yang sesuai untuk anak-anak.

  1. Pantai

Tidak hanya orang dewasa yang menyukai pantai, namun anak-anak juga sangat menikmatinya. Terlebih jika pantai-pantai tersebut memiliki ombak yang lumayan tenang sehingga mereka akan dengan nyaman bermain.

Mandi di pinggir pantai dan bermain pasir peserta bermain beberapa wahana juga akan membuat mereka lupa waktu.

Ada banyak pantai menarik dengan ombak tenang yang bisa kamu kunjungi, diantaranya adalah, Tanjung Aan di Lombok, Pantai Nipah di Lombok, Pantai Padang-Padang di Bali, Pantai Drini dan Pantai Ngandong di Yogyakarta, dll.

  1. Waterboom

Jika kamu memiliki liburan singkat misalnya dua atau tiga hari, tidak ada salahnya untuk mengajak anak-anak berwisata dan bermain di waterboom. Ada banyak waterboom yang terkenal di beberapa daerah. Berikut beberapa diantaranya:

Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark yang berada di Yogyakarta, Waterboom Bali, Ciputra Waterpark Surabaya, waterboom di Jatim Park 1 yang berlokasi di Malang, Waterboom Lippo Cikarang, atau kamu juga bisa menikmati waterboom di ibukota yang berada di Pantai Indah Kapuk.

Anak-anak sudah pasti akan sangat menikmati liburan singkat ke waterboom dan akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi mereka.

  1. Taman Safari

Taman safari adalah wisata adventure yang menantang, menyenangkan, sekaligus bisa menjadi wahana edukasi bagi anak-anak. Salah satu yang paling terkenal adalah Taman Safari yang ada di Bogor, Jawa Barat. Namun selain berada di Bogor, kamu juga bisa menemukan taman safari lain misalnya di Pulau Bali. Di Bali nama taman safarinya adalah Bali Safari and Marine Park.

Di beberapa tempat lain juga ada taman-taman yang memiliki nuansa tidak jauh berbeda dengan Taman Safari misalnya di obyek wisata Jatim Park yang ada di kota wisata batu Jawa Timur.

Menyaksikan langsung dari dekat binatang-binatang yang selama ini hanya mereka saksikan dari televisi akan membuat mereka lebih exciteddan kagum.

Jadi, tidak ada salahnya untuk sesekali memilih liburan ke tempat-tempat tersebut untuk memberikan nuansa berbeda baik bagi dirimu maupun bagi anak-anak.

  1. Jatim Park 1

Ini adalah wisata terpadu yang ada di kota wisata batu Jawa Timur. Jatim Park 1 menawarkan banyak tempat wisata yang bisa kamu jelajahi seharian penuh. Bagi anak-anak, ini adalah salah satu tempat yang sangat menyenangkan karena mereka bisa menikmati banyak hal sambil belajar, mulai dari, flying fox, flying tornado, galaxy bumper car, bioskop 3D, 3D ghost hunter, futuristic swimming pool, waterboom, playground, baby zoo, mini jet, learning galeri, outdoor science center, dan masih banyak yang lainnya.

  1. Jatim Park 2

Jatim Park 2 memiliki nuansa yang tidak jauh berbeda dengan Taman Safari hanya saja sedikit lebih atraktif. Di tempat ini kita bisa mengajak anak-anak untuk menikmati suasana sambil belajar. Jatim Park 2 berlokasi tidak jauh dari Jatim Park 1 dan masih berada di kota yang sama yaitu Kota Wisata Batu. Di tempat ini tersedia setidaknya 36 wahana mulai dari kolam renang raksasa, spinning coaster, dropzone, museum satwa, Batu secret zoo, dan lain-lain.

  1. Camping

Camping di tempat-tempat yang menyenangkan misalnya di pinggir danau, pantai, atau di bukit-bukit akan sangat seru. Selain bisa menjadi media untuk mendekatkan kamu dengan anak-anak, camping juga akan memberikan mereka pengalaman yang mengasyikkan terlebih apabila kamu bisa membuat suasana menjadi lebih hidup dengan aktivitas memancing, trekking, membuat api unggun, memasak dengan bahan bakar kayu dan lain-lain.

Agar bisa sukses camping, sebaiknya kamu menyediakan tenda yang ringkas dan mudah untuk di bawah, pakaian hangat, P3K, peralatan memancing, peralatan memasak dan jangan lupa membawa obat nyamuk bakar atau obat nyamuk oles. Untuk camping, jenis obat nyamuk yang paling tepat adalah obat nyamuk oles sehingga kamu dan anak-anak bisa lebih mobile. Kamu juga tetap bisa mengandalkan obat nyamuk bakar seperti HIT Obat Nyamuk atau dengan merek yang lainnya karena cukup efektif mengusir nyamuk.

Paling seru, apabila camping diikuti oleh semua anggota keluarga.

  1. Berkunjung ke rumah nenek

Mungkin tidak banyak tips liburan di luar sana yang menyarankan kamu untuk berkunjung ke rumah nenek. Jika kamu memiliki waktu luang untuk mengunjungi keluarga terutama orang tuamu atau nenek dari anak-anakmu, maka tidak ada salahnya untuk menghabiskan beberapa hari disana. Kunjungan ini tidak hanya bernuansa liburan, namun juga untuk mempererat tali silaturahim sekaligus untuk memperkenalkan mereka dengan keluarga-keluarga yang lain.

0