7 Hal yang Sebaiknya Kamu Sediakan di Rumah untuk Mengatasi Masalah

7 Hal yang Sebaiknya Kamu Sediakan di Rumah untuk Mengatasi Masalah. Di rumah ada beberapa hal yang sebaiknya tersedia karena sangat bermanfaat untuk berbagai keperluan. Karena seringkali kita membutuhkannya. Beberapa orang menganggapnya remeh saja namun apabila tidak tersedia bisa juga membuat kita sedikit panik.

Dari beberapa pengalaman sebelumnya, saat saya bertemu atau pada saat seseorang bertamu ke rumah, terkadang kita membutuhkan alat tulis berupa polpen, pensil atau sejenisnya. Namun seringkali alat tulis yang dibutuhkan tersebut tidak bisa ditemukan, entah itu karena tidak memiliki persediaan atau karena dibawa oleh anak-anak ke sekolah. Walaupun sepele, namun kehilangan pulpen atau alat tulis bisa membuat kita terlihat sedikit panik dan mengobrak-abrik serta mendatangi banyak tempat hanya untuk menemukannya.

Agar kejadian-kejadian seperti itu tidak terjadi, selain alat tulis seperti yang telah disebutkan, sebaiknya kamu menyediakan beberapa hal berikut ini di rumahmu.

  1. Baking soda

Ada 101 manfaat baking soda, mulai dari untuk membuat beberapa kue dan makanan, untuk membantu membersihkan noda dan kotoran, serta bermanfaat juga untuk mengatasi bekas gigitan serangga, dll.

Manfaat baking soda untuk kue, bagi ibu-ibu tentu sudah tidak asing. Sedangkan untuk membersihkan noda dan kotoran, baking soda juga sangat tidak kalah bermanfaatnya. Hampir semua jenis mudah bisa diatasi menggunakan baking soda mulai dari noda pada lantai, noda pada baju, dan bahkan noda pada perabotan rumah tangga, termasuk juga dapat digunakan membersihkan toilet.

  1. Cuka putih atau cuka sari apel

Selain sering digunakan untuk memberikan rasa sedap pada makanan, juga juga banyak digunakan untuk bersih-bersih. Layaknya baking soda, cuka bisa dimanfaatkan untuk mengangkat noda membandel dan bisa juga dimanfaatkan untuk mengatasi iritasi, pembengkakan, dan rasa gatal akibat gigitan serangga atau akibat gigitan nyamuk.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah manfaat cuka yang sebaiknya diingat.

  • Apabila dicampurkan kedalam makanan, cuka bermanfaat untuk mencegah osteoporosis.
  • Meningkatkan penyerapan kalsium
  • Mensterilkan gula darah
  • Menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke
  • Bermanfaat untuk mengangkat noda membandel di lantai, di karpet, jendela, membersihkan bekas coretan pada dinding, membersihkan noda pada kain, dan bahkan bisa juga digunakan untuk membersihkan microwave, lemari es, berfungsi juga sebagai desinfektan dan lain-lain.
  1. Obat nyamuk

Tidak bisa tidak, kita yang tinggal di iklim tropis akan selalu ditemani nyamuk setiap hari entah itu pagi, siang, atau malam hari.

Terlebih apabila kamu tinggal di daerah seperti Kalimantan, Sumatera, atau bagian timur dan barat Indonesia dimana hutannya masih sangat lebat sehingga nyamuk berpotensi berkembang biak dengan cepat dan ganas.

Obat nyamuk, apapun jenis dan mereknya, entah itu HIT Obat Nyamukatau yang lainnya bisa kamu manfaatkan untuk melindungi diri dari bahaya gigitan nyamuk seperti demam berdarah, penyakit kuning, penyakit kaki gajah, dan lain-lain.

Namun ingat, selalu gunakan obat nyamuk dengan cara yang tepat dan sesuai dengan aturan agar tidak merusak kesehatan dan merugikan.

  1. Korek api dan lilin

Mati lampu adalah masalah klasik yang selama ini masih terus kita rasakan terutama di daerah-daerah. Di luar Jawa seperti di Pulau Kalimantan, Sumatera, atau di wilayah timur Indonesia, mati lampu adalah kejadian yang biasa. Mati tiga kali sehari atau seminggu 3 kali udah enggak aneh.

Korek api dan lilin bisa sangat berguna dan bermanfaat untuk membantu penerangan. Namun tetaplah berhati-hati dan jangan pernah meletakkan di tempat-tempat yang mudah terbakar.

Begitu juga dengan korek api, walaupun tidak hanya digunakan untuk menyalakan lilin, terkadang korek api bisa sangat penting ketika ada tamu yang datang membawa rokok namun tidak memiliki korek, untuk membuka bungkus kabel, atau pada kondisi-kondisi yang lainnya.

  1. Lemon dan madu

Sama seperti cuka dan baking soda, lemon dan madu adalah dua hal yang juga sangat dibutuhkan terutama untuk menjaga kesehatan dan untuk membantu bersih-bersih.

Madu memiliki sifat antibakteri dan sifat anti-inflamasi serta bermanfaat untuk kesehatan apabila dikonsumsi setiap hari. Selain itu, madu juga bisa meningkatkan kecantikan seseorang.

Setali tiga uang dengan madu, lemon juga bermanfaat untuk kesehatan mulai dari untuk menurunkan berat badan, untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, bisa juga digunakan untuk bersih-bersih dan untuk mengangkat noda yang membandel serta bermanfaat juga untuk mengatasi gatal dan bentol akibat gigitan nyamuk atau serangga.

  1. Tanaman pekarangan

Daripada pengarangmu kosong dan hanya dipenuhi dengan bunga-bunga atau rumput, sebaiknya kamu mulai mengumpulkan beberapa jenis tanaman pekarangan yang bermanfaat seperti: tanaman lidah buaya, jahe, sirih, kemangi, dan lain-lain.

Tanaman tanaman pekarangan sudah pasti akan sering kamu butuhkan dan banyak manfaatnya.

  1. Kotak P3K

Ini adalah hal penting lainnya yang harus kamu sediakan di rumah karena kamu tidak tahu apa yang akan terjadi pada saat-saat tertentu. Terlebih jika kamu memiliki anak di rumah yang aktif bermain, menyediakan kotak P3K adalah kewajiban yang tidak boleh kamu lupakan.

artikel ini didukung oleh promescent spray

0