Mangga dianggap sebagai salah satu buah paling lezat diantara buah-buahan musiman yang sehat. Bahkan, buah ini sering dijuluki sebagai “King of The Fruits” karena menawarkan sejumlah manfaat untuk kesehatan disamping rasanya yang lezat dan enak serta cocok disajikan dalam berbagai kondisi dan tempat.

Membuat minuman segar dari buah mangga sebenarnya tidak terlalu sulit. Dan ada banyak resep minuman dari mangga yang bisa kamu coba di rumah tanpa perlu khawatir rasanya jadi tidak enak. Salah satu olahan mangga matang yang paling mudah dibuat dan paling banyak kita temukan adalah jus mangga.

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Rutin Minum Jus Mangga

Selain bisa menyegarkan tenggorokan saat cuaca sedang panas, ternyata jus mangga juga memberikan sejumlah manfaat bagi yang gemar meminumnya. Apa saja manfaat jus mangga?

1. Mencegah kanker

Tahukah kamu? Mangga adalah buah yang sarat antioksidan termasuk astragalin, methylgallat, isoquercitrin, fisetin, quercetin dan asam galat. Senyawa ini dianggap mampu mengurangi resiko terkena penyakit kanker, mulai dari kanker usus besar, kanker payudara, kanker prostat, hingga leukimia.

2. Menjaga tekanan darah

Jus mangga mengandung nutrisi penting berupa kalium yang bisa membantu otot, fungsi saraf dan jantung. Mineral yang terkandung di dalamnya bisa mengatur keseimbangan cairan dan tekanan darah.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Jangan heran kalau banyak orang yang menyarankan kita untuk minum jus jeruk apabila makan daging kambing atau daging sapi yang banyak mengandung kolesterol. Karena memang, di dalam buah mangga terkandung vitamin C dan pektin yang cukup tinggi. Salah satu manfaatnya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein).

4. Mencegah anemia

Kandungan zat besi yang cukup signifikan di dalam buah mangga dipercaya bisa memberikan manfaat kesehatan terutama untuk mencegah anemia. Tidak heran apabila ibu-ibu hamil juga cocok minum jus mangga untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian mereka.

5. Baik untuk kesehatan mata

Selain vitamin C, mangga juga terkenal mengandung vitamin A dalam jumlah yang tinggi. Seperti yang kita tahu, vitamin A merupakan vitamin terbaik untuk menjaga kesehatan mata dan menghindarkannya dari rabun.

6. Meningkatkan keindahan kulit

Bagi kamu yang pengen punya kulit sehat, bersih, dan terlihat lebih putih, sebaiknya kamu membiasakan diri untuk minum jus mangga terutama pada saat lagi musim. Bahkan, bagi kamu yang berjerawat sekalipun, jus mangga juga bisa diandalkan sebagai obat eksternal untuk mengatasi jerawat.

7. Melancarkan pencernaan

Jika kamu sering mengalami sembelit atau susah buang air besar, kamu bisa mempertimbangkan jus mangga untuk mengatasinya, di samping jus buah lain seperti jus nanas atau jus jeruk. Karena buah ini mengandung vitamin dan mineral serta serat dalam jumlah yang memadai, yang bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan kita.

0