6 Obat Nyamuk Paling Ampuh yang Bisa Kamu Coba. Mengusir nyamuk bukan pekerjaan mudah mengingat nyamuk akan terus-menerus ada dari hari ke hari walaupun usia nyamuk sebenarnya juga tidak panjang-panjang amat. Mereka berkembang biak dengan sangat cepat terutama pada tempat-tempat yang lingkungannya banyak tergenang air atau lembab dan cuacanya sedikit hangat.

Nyamuk selain dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti demam berdarah, penyakit kaki gajah, dan penyakit kuning, nyamuk juga dapat menyebabkan kita kehilangan konsentrasi. Entah itu pada saat belajar, pada saat menonton TV atau bahkan pada saat lagi asyik ngobrol.

Bagi kamu yang tidak ingin diganggu nyamuk pada saat sedang berkonsentrasi dan asyik, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu manfaatkan untuk mengusir pengganggu tersebut.

  1. Memanfaatkan cara-cara tradisional

Mengusir nyamuk secara alami juga patut dicoba terutama dengan memanfaatkan minyak telon yang berfungsi untuk membantu menghindarkan kulit kita dari gigitan nyamuk atau serangga.

Cara ini sangat efektif terutama apabila kamu tidak menyukai aroma obat nyamuk, atau apabila kamu sedang berada di luar ruangan. Cara ini juga sangat efektif melindungi apabila kamu pergi ke kebun yang banyak nyamuknya.

Kamu bisa mengolesinya di seluruh tubuhmu terutama yang terbuka mulai dari tangan, kaki, leher dan bahkan kepala serta telinga.

  1. Manfaatkan berbagai jenis tanaman pengusir nyamuk

Ada banyak tanaman yang dapat menjadi anti nyamuk serta tergolong sangat efektif. Beberapa diantaranya adalah bunga lavender, tanaman tapak dara atau geranium, bunga tai kotok atau marigold, serta tanaman zodia dan bunga rosemary juga bisa dimanfaatkan.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa wangi serai, bunga kecombrang, tanaman mintrosa, daun sirih serta bunga teratai juga sebenarnya tidak disukai nyamuk.

  1. Kamu juga bisa memanfaatkan kulit jeruk

Nyamuk juga tidak menyukai kulit jeruk. Apabila kebetulan kamu memiliki jeruk, kamu bisa mengkonsumsi isinya. Vitamin C yang ada pada jeruk ternyata juga ampuh dijadikan sebagai obat nyamuk alami. Selain itu, kulit jeruk juga bisa dimanfaatkan. Kamu bisa sedikit memeras kulit jeruk tersebut lalu letakkan saja yang di sekitarmu dan Boom!, nyamuk tidak akan berani mencoba mendekatimu.

Vitamin C apabila dicampurkan dengan vitamin B2 dan dilarutkan di dalam air, bisa juga dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk. Kamu bisa membuat larutan tersebut kemudian oleskan di permukaan kulitmu yang terbuka atau tidak tertutup kain agar nyamuk tidak menggigitnya.

  1. Nyamuk tidak menyukai sesuatu yang berwarna kuning

Tidak banyak orang yang tahu bahwa nyamuk sebenarnya juga tidak menyukai sesuatu yang berwarna kuning atau berwarna orange.

Jadi, jika kamu ingin tidur tanpa gangguan nyamuk, kamu bisa saja menggunakan lampu tidur yang berwarna kuning. Dengan cara ini nyamuk tidak akan masuk ke dalam kamarmu.

  1. Menggunakan obat nyamuk

Kalau kamu tidak ingin repot mencari tanaman-tanaman pengusir nyamuk atau tidak ingin repot membuat sendiri bahan alami untuk mengusir nyamuk, kamu bisa membeli obat nyamuk instan yang sudah memang diformulasikan khusus untuk mengusir nyamuk dan serangga.

Jenisnya ada bermacam-macam begitu juga dengan mereknya. Satu contoh, di pasaran kita bisa menemukan merek-merek terkenal sepertiHIT Obat Nyamuk atau yang lainnya.

Kebanyakan obat nyamuk tersebut hadir dengan beberapa pilihan mulai dari obat nyamuk bakar, jenis elektrik dan ada juga yang menggunakan semprotan.

Semua sangat bergantung dari kebutuhan serta budget yang kamu miliki. Obat nyamuk bakar biasanya berharga lebih murah namun sedikit mengganggu karena asap yang dikeluarkannya. Sedangkan obat nyamuk elektrik biasanya berharga lebih mahal dibandingkan obat nyamuk bakar namun tidak terlalu mengganggu karena tidak mengeluarkan asap. Obat nyamuk semprot atau yang berjenis aerosol adalah yang paling mahal namun cukup efektif dan penggunaannya pun simple untuk membasmi nyamuk.

Selalu sempatkan dirimu untuk membaca dan mengikuti setiap petunjuk yang tertera di label agar keamanan dan kesehatanmu tetap terjaga.

  1. Gunakan pelindung agar nyamuk tidak bisa menggigit

Beberapa tips diatas apabila tidak kamu sukai, kamu juga bisa memanfaatkan pelindung berupa pakaian yang dapat menutupi seluruh tubuhmu, atau kamu juga bisa memanfaatkan kelambu pada saat tidur.

Cara ini sangat efektif untuk menghindari gigitan nyamuk. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan selimut karena dijamin nyamuk juga tidak akan menggigitmu. Namun pada saat tidur menggunakan selimut, seringkali tidak efektif karena beberapa orang aktif bergerak saat tidur sehingga selimut mereka hanya menutupi sebagian tubuhnya saja.

0