Banyak orang tidak menyadari kalau kebiasaan yang dilakukannya sehari-hari bisa mempengaruhi tubuh maupun pikirannya. Contohnya, kebiasaan makan makanan yang sulit dicerna oleh usus di pagi hari, ternyata dapat menyebabkan stres dan cemas meningkat. Akibatnya, kita seringkali kesulitan berkonsentrasi dan pengennya uring-uringan saat bekerja .

Sebaliknya, ada makanan-makanan yang bisa meningkatkan mood (suasana hati), ada juga makanan yang bisa menurunkan depresi, menenangkan, dan memberikan sejumlah manfaat lainnya. Seperti susu hangat yang diminum sebelum tidur atau sarapan telur di pagi hari, contohnya.

5 Makanan dan Minuman yang Bisa Bikin kamu Cepat Tua dan Jelek

Kalau kamu pengen awet muda dan enggak gampang marah-marah, kamu wajib menghindari 5 makanan dan minuman berikut ini.

Makanan olahan yang bisa bikin kulitmu cepat keriput dan kering

Tahukan yang dimaksud dengan makanan olahan? Makanan olahan adalah makanan yang diolah dengan cara: dijadikan tepung, dilumatkan atau digiling, direbus, dan lain-lain. Contoh makanan-makanan olahan di antaranya adalah bakso, kentang goreng, keripik singkong, nugget, sosis, burger, roti, kue-kue, roti, dan masih banyak yang lainnya.

Minuman bersoda dan minuman beralkohol yang banyak mengandung gula tapi miskin mineral

Sebisa mungkin, kamu wajib menghindari minuman bersoda apalagi minuman beralkohol yang jelas-jelas lebih banyak mendatangkan masalah kesehatan dibandingkan dengan manfaat.

Minuman bersoda misalnya, minuman ini terkenal sebagai salah satu minuman yang bisa bikin kita cepat gemuk (obesitas). Karena kandungan gulanya yang sangat banyak. Sedangkan alkohol, selain memabukkan, minuman ini juga bisa bikin otak dan organ tubuh kita rusak.

Makanan yang banyak mengandung sodium atau garam akan bikin tubuh menyimpan terlalu banyak air

Air putih tidak mengandung lemak. Banyak minum air putih sangat baik untuk kesehatan. Tapi kalau setiap cairan yang kita konsumsi tinggal di tubuh dan tidak dieliminasi melalui urine atau keringat, lambat laun pasti akan mendatangkan masalah.

Salah satu penyebab mengapa air tidak keluar dari tubuh kita adalah karena garam yang biasanya terdapat di dalam makanan. Garam berfungsi untuk mengikat air. Jadi jangan heran kalau oralit yang digunakan untuk mencegah dehidrasi sebenarnya terbuat dari campuran air dan garam saja.

Selain mengikat air, makanan yang banyak mengandung sodium atau garam apabila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan: hipertensi, penyakit jantung, gagal ginjal, stroke, hingga kebutaan.

Oh ya, nggak hanya hadir dalam bentuk “garam meja” yang sering dijadikan bumbu masakan, melainkan, garam juga bisa berbentuk: monosodium glutamat atau MSG (vetsin), Natrium karbonat atau soda kue (baking powder), natrium benzoat atau pengawet makanan, dan natrium siklamat atau pemanis buatan.

Suka makan gorengan yang banyak mengandung lemak Trans

Seringkali kita tidak sadar telah mengkonsumsi terlalu banyak minyak tengik yang berasal dari minyak hasil menggoreng makanan-makanan sehari-hari. Bayangkan! seandainya kita pagi-pagi udah makan gorengan sambil minum kopi, siang hari makan telur goreng atau ayam goreng, kemudian malam hari juga makan nasi goreng. Tidak heran apabila jumlah minyak yang masuk ke dalam tubuh kadang-kadang melebihi rekomendasi.

Minyak yang digunakan untuk menggoreng berbagai jenis makanan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan apabila berlebihan. Mulai dari lemak jahatnya yang dapat menyebabkan kadar kolesterol naik, penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, penyakit pembuluh darah, alergi, hingga obesitas dan iritasi usus.

Kopi

Kopi memang nikmat dan bisa bikin kita lebih bersemangat, tapi kamu harus tahu kalau kopi adalah minuman diuretik

Kalau garam bisa mengikat air di dalam tubuh, sebaliknya kopi justru dapat menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan karena memiliki sifat diuretik. Nah, kalau kamu suka minum kopi tapi jarang minum air putih atau tidak sering tidak mencukupi kebutuhan cairan harian, jangan heran kalau kulitmu akan berubah kusam, cepat keriput, dan kering.

0