Selain berguna untuk mendinginkan bahan makanan, kulkas juga sering dimanfaatkan untuk mengawetkan makanan. Tapi bukan berarti semua jenis makanan harus kamu masukkan ke dalam kulkas. Beberapa diantaranya justru tidak perlu dimasukkan ke dalam kulkas dan sebaiknya dibiarkan di udara terbuka atau ditempatkan di tempat yang gelap dan sejuk.

13 Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas

Beberapa makanan yang sebaiknya tidak kamu simpan di dalam kulkas antara lain:

Kacang-kacangan (Nuts)

Suhu dingin memang bisa membantu menjaga agar kandungan minyak yang terdapat di dalam kacang-kacangan tetap awet. Akan tetapi kondisi yang dingin juga dapat menyebabkan kacang-kacang kehilangan karakter rasa yang sebenarnya. Kacang-kacangan sebaiknya disimpan di dalam wadah kedap udara dan diletakkan di tempat yang tidak terlalu hangat.

Cocolatte spread

Olesan roti ini akan sulit untuk diterapkan apabila dingin. Begitu juga dengan rasanya yang tidak se-khas ketika tidak dalam keadaan hangat.

Mentimun

Banyak orang menyimpan mentimun di dalam kulkas untuk menjaganya agar tetap awet. Namun Penelitian yang dilakukan oleh UC Davis di California, justru menunjukkan bahwa mentimun akan menjadi berair dan berbintik-bintik jika diletakkan di kulkas.

Bawang putih

Bawang putih akan mudah membusuk apabila disimpan di dalam kulkas karena terlalu lembab. Bawang putih sebaiknya disimpan di suhu ruangan yang hangat.

Tomat

Suhu di dalam lemari es yang dingin akan menyebabkan membran tomat menjadi rusak. Apabila membran tomat rusak, tomat akan berubah menjadi lebih berair dan bertepung.

Madu

Madu tidak perlu disimpan di dalam kulkas karena dapat menyebabkan madu mengalami kristalisasi gula dan berubah layaknya plastisin.

Bawang

Bawang harus disimpan di tempat yang gelap dan sejuk agar tidak berubah menjadi basah dan lembab karena ditempatkan di tempat yang dingin.

Kentang

Apabila ditempatkan di tempat yang dingin, tepung di dalam kentang akan berubah menjadi gula. Inilah yang menyebabkan rasa kentang jadi kurang enak serta warnanya berubah. Kentang sebaiknya dicuci dan disimpan ditempat yang gelap dan sejuk. Misalnya di dalam karung goni sehingga tidak akan terkena sinar matahari langsung.

Roti

Sama seperti kentang, apabila disimpan di kulkas akan mempercepat proses retrogradation (basi).

Labu kuning (pumpkins)

Labu kuning sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan kering serta berventilasi baik agar tetap segar.

Alpukat

Untuk proses pematangan alpukat sebaiknya tidak disimpan di dalam lemari es selama 4 hingga 7 hari. Suhu dingin akan menyebabkan alpukat sulit matang.

Kemangi

Kemangi sebaiknya diawetkan dengan menggunakan air tawar. Sebaliknya, menyimpan kemangi di dalam lemari es akan menyebabkan kemangi berubah menjadi hitam dan layu.

Mangga

Seperti halnya alpukat, mangga mentah atau yang sudah mengkal sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas karena akan memperlambat proses pematangan. Jika ingin lebih cepat matang, tempatkan mangga pada suhu kamar yang hangat atau di dalam kantong plastik.

0