11 Hal Sepele yang Dapat Menjaga Kesehatan Keluarga, Menjaga kesehatan keluarga sangat penting dan setidaknya harus disadari oleh semua orang tua. Kebiasaan-kebiasaan buruk selama ini seperti, bangun kesiangan, tidur larut malam, terlalu banyak bermain gadget dan lain-lain sebaiknya mulai dikurangi.

Begitu juga dengan aktivitas sehari-hari. Kamu juga harus mulai sadar bahwa duduk terlalu lama di balik meja dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Tidak hanya dalam jangka pendek melainkan juga dalam jangka panjang.

Setidaknya ada 10 hal yang tampaknya sepele dan kecil namun bisa sangat berpengaruh terhadap kesehatan keluarga. Dan berikut adalah diantaranya.

  1. Tidur lebih awal

Tidur lebih awal dan tepat waktu misalnya pada pukul 21.00 atau paling terlambat pukul 22.00 akan menjaga tubuh tetap sehat, karena waktu untuk beristirahat cukup. Terlebih jika kamu dituntut untuk bangun pagi-pagi misalnya pada saat subuh, maka cara ini akan lebih baik.

Agar bisa tidur lebih awal, sebaiknya kamu juga makan malam lebih awal. Misalnya setelah matahari terbenam. Selain itu, cobalah untuk mematikan televisi lebih awal dan menonaktifkan gadget sehingga tidak akan terganggu.

  1. Sikat gigi sebelum tidur

Sudah banyak keluarga yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi. Namun masih jarang keluarga yang mau menjalankan hal-hal kecil seperti menyikat gigi sebelum tidur dan setelah makan untuk mengantisipasi berbagai masalah di kemudian hari.

Orang tua setidaknya harus memberikan contoh kepada anak-anaknya sehingga contoh tersebut menjadi kebiasaan yang baik di keluarga secara turun-temurun.

  1. Biasakan bangun pagi

Beristirahat dengan cukup merupakan kebutuhan dan keharusan. Tidur setidaknya 7 hingga 8 jam adalah rekomendasi dari dokter. Namun tidur berlebihan, misalnya lebih dari 9 jam, ternyata akan mempengaruhi kesehatan. Menurut para ahli, tidur lebih dari 9 atau 10 jam dapat menurunkan imun tubuh.

Jadi, jika kamu tidur lebih awal di malam hari, bangunlah lebih pagi karena ini akan memberikan banyak manfaat mulai dari, meningkatkan mood, memberikan semangat lebih baik, memberikanmu kesempatan untuk menyiapkan sarapan, berolahraga, dan lain-lain.

  1. Olahraga setiap hari

Dengan bangun pagi, kamu akan memiliki kesempatan untuk berolahraga. Membiasakan diri berolahraga setiap pag, entah itu jalan kaki, jalan cepat atau jogging, berlari, dan lain-lain akan membuatmu lebih bersemangat, lebih produktif, dan kesehatanmu akan tetap terjaga.

Ahli kesehatan menyarankan kepada setiap orang untuk berolahraga setidaknya 5 jam dalam seminggu dengan pembagian, sehari kamu bisa berolahraga kurang lebih 45 menit-1 jam.

  1. Rutin sarapan

Sarapan akan memberikanmu kekuatan untuk menghadapi hari yang berat di kantor atau di sekolah. Dengan sarapan, konsentrasimu akan bertambah. Begitu juga dengan produktivitas. Anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah yang terlebih dahulu dibekali dengan sarapan biasanya memiliki prestasi yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan.

  1. Cuci tangan sebelum makan

Tidak hanya ketika mengkonsumsi makanan utama di meja makan, namun mencuci tangan juga harus kamu lakukan sebelum menyentuh makanan apapun seperti cemilan, kue, dan lain-lain. Pastikan kamu juga menyediakan hand sanitizer jika sewaktu-waktu membutuhkannya. Misalnya pada saat tidak ada air di sekitarmu.

Dengan begitu, kesehatan lambung dan ususmu akan terjaga, begitu juga dengan kesehatan secara keseluruhan. Karena makanan yang sehat dan bebas bakteri dan penyakit akan membantumu bebas dari sakit.

  1. Lindungi keluargamu dari nyamuk

Melindungi keluarga dari nyamuk bisa dilakukan dengan banyak hal mulai dari membersihkan lingkungan, melancarkan selokan atau parit, membuang semua benda yang dapat menampung air, membersihkan tempat-tempat penampungan air di dalam rumah atau di luar rumah serta menutupnya, tidak menumpuk pakaian, menjaga kebersihan rumah, dan menggunakan kelambu atau obat nyamuk saat tidur juga akan membantu.

  1. Pilihlah obat nyamuk yang paling aman

Tidak dipungkiri apabila obat nyamuk semuanya terbuat dari bahan beracun. Oleh sebab itu, apabila kamu ingin mengantisipasi nyamuk, pilihlah obat nyamuk yang paling aman dan berkualitas serta terpercaya. Ada banyak jenis obat nyamuk di luar sana namun yang berkualitas pasti tidak banyak. Salah satu contohnya HIT Obat Nyamuk. Namun selain itu, kamu juga bisa mencari tahu merek-merek aman dan berkualitas lainnya.

  1. Biasakan makan di rumah

Membiasakan diri makan di rumah dengan menu makanan yang terjaga, baik itu kebersihan dan kesehatannya, akan membantumu hidup lebih bahagia. Karena, makan di restoran, walaupun berkelas terkadang kebersihannya tidak terjaga. Alasannya karena mereka harus mempersiapkan makanan dalam jumlah yang banyak dan dalam waktu yang singkat. Sehingga beberapa orang mencoba untuk menghemat tenaga dan waktu. Sehingga, beberapa hal akan dikorbankan seperti: air cuci piring, perabotan yang tidak di cuci hingga bersih, atau mencuci tidak dengan menggunakan air mengalir, dan lain-lain.

  1. Liburan yang menyenangkan

Agar keluarga tetap sehat, kamu harus menjadwalkan liburan. Karena liburan bisa membantu mengurangi stres dan membuat imun tubuh meningkat.

  1. Bermain

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa bermain dan bahagia adalah salah satu kunci untuk menjaga agar imun tubuh tetap prima. Bermain tidak hanya harus dilakukan oleh anak-anak melainkan orang dewasa juga perlu untuk bermain dan bahagia.

Baca juga :

  1. Cara Mencegah Gigitan Nyamuk di Luar Rumah
  2. Cara Bijak Menghindarkan Bayi dari Gigitan Nyamuk
  3. Macam-Macam Nyamuk dan Penyakit yang Dibawanya
  4. Mengenal Virus Zika, Gejala, Penyebab, dan Cara Menghindarinya
0